https://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/SJEM/issue/feedStudent Journal of Educational Management2025-08-15T00:00:00+00:00Arifinsjem@ung.ac.idOpen Journal Systems<p style="text-align: justify;">Student Journal of Educational Management (SJEM) is a scientific journal in the field of Education Management. SJEM is published by the Department of Education Management, Faculty of Education science at the State University of Gorontalo. The purpose of this journal is to provide a place for academics, researchers and practitioners to publish original research articles or review articles. The aims of this journal is to provide a venue for academicians, researchers and practitioners for publishing the original research articles or review articles. The scope of the articles published in this journal deal with a broad range of topics, including: curriculum management and learning, student management, management of educational infrastructure, Education HR management (educators and education personnel), Financial management / education funding, management of school and community relations, educational culture and climate, educational leadership, class management, character building, educational innovation. <strong>Online ISSN: <a href="https://drive.google.com/file/d/1_VvVi-dHGbOolMz0WLBAAfCgDTIRGHrj/view?usp=sharing" target="_blank" rel="noopener">2809-9184</a>, </strong><strong>DOI Prefix: 10.37411</strong></p> <p style="text-align: justify;"> </p>https://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/SJEM/article/view/3898Kearifan Lokal dan Merdeka Belajar: Studi Kasus Internalisasi Nilai Budaya Gorontalo di Sekolah Menengah Atas2025-08-13T13:11:20+00:00Rahmat Daeng Masarorahmatdg123@gmail.comArifin Arifinarifin@ung.ac.idIntan Abdul Razakintan.razak@ung.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan menggambarkan bagaimana nilai-nilai kearifan lokal diinternalisasikan dalam implementasi Merdeka Belajar di SMA Negeri 2 Tilamuta, meliputi penerapannya dalam pembelajaran, pengelolaan, dan evaluasi. Menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus, data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, dianalisis dengan kondensasi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan, serta divalidasi melalui triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai kearifan lokal seperti Tolopani, Pohutu Motimamango/Langgo, Huyula Ambu, Tari Saronde, Pogogulila Lo Lipu, Mo Dua Ngaamila, dan Walima—yang memuat nilai moral, adat, gotong royong, seni-budaya, sejarah, dan religi—diformulasikan bersama guru dan staf, lalu disosialisasikan. Internalisasi dilakukan melalui kegiatan intrakurikuler, ekstrakurikuler, dan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Evaluasi menunjukkan peningkatan kompetensi pedagogis dan sosial guru, serta tertanamnya nilai budaya pada siswa yang tercermin dalam karakter positif, kebanggaan terhadap identitas daerah, dan partisipasi aktif dalam kegiatan sosial-budaya.</p>2025-08-13T13:10:53+00:00Copyright (c) 2025 Rahmat Daeng Masaro, Arifin Arifin, Intan Abdul Razakhttps://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/SJEM/article/view/3897Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Dalam Mendukung Pembelajaran Berbasis Deep Learning 2025-08-13T19:00:03+00:00Putri Patricia Latodjoputripatricialatodjo76@gmail.comAbd Kadim Masaongabdkadim@ung.ac.idBesse Marhawatibessemarhawati@ung.ac.id<p class="p2">Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pemanfaatan aplikasi Quizizz dalam mendukung pembelajaran berbasis <em>deep learning </em>di Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Telaga, dengan fokus pada tiga pendekatan: <em>mindful learning</em>, <em>meaningful learning</em>, dan <em>joyful learning</em>. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif eksplanatori, melibatkan 33 guru yang secara langsung menerapkan Quizizz dalam pembelajaran. Data dikumpulkan melalui angket skala Likert, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan Quizizz untuk <em>mindful learning </em>dan <em>meaningful learning </em>berada pada kriteria baik, karena membantu siswa fokus, meningkatkan kesadaran, serta mengaitkan materi dengan pengetahuan sebelumnya. Sementara itu, pemanfaatan Quizizz untuk <em>joyful learning </em>mendapat penilaian sangat baik, karena menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, interaktif, dan memotivasi siswa. Secara keseluruhan, Quizizz terbukti efektif dalam mendukung keterlibatan aktif siswa dan pengalaman belajar yang positif, serta menjadi alat yang potensial untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan profesionalisme guru.</p>2025-08-13T18:37:41+00:00Copyright (c) 2025 Putri Patricia Latodjo, Abd Kadim Masaong, Besse Marhawatihttps://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/SJEM/article/view/4048Optimalisasi Pengelolaan Laboratorium Komputer dalam Upaya Peningkatan Literasi Digital Siswa 2025-08-13T19:32:26+00:00Sitti Sarmika Pakayasittisarmikaa07@gmail.comArwildayanto Arwildayantoarwildayanto@ung.ac.idSulkifly Sulkiflysulkifly@ung.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan optimalisasi pengelolaan Laboratorium Komputer dalam meningkatkan literasi digital siswa di SD Laboratorium Universitas Negeri Gorontalo, ditinjau dari: (1) ketersediaan sarana dan prasarana, (2) program kerja, dan (3) layanan laboratorium. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif eksplanatori, melibatkan 32 responden. Data dikumpulkan melalui kuesioner skala Likert, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kriteria penilaian terdiri atas sangat optimal hingga sangat tidak optimal, dengan kategori optimal pada rentang 81–90%. Hasil penelitian menunjukkan: (1) ketersediaan sarana dan prasarana berada pada kategori optimal, dengan fasilitas komputer, jaringan internet, pendingin ruangan, dan ruang laboratorium yang memadai; (2) program kerja laboratorium dirancang terstruktur, memudahkan siswa memahami penggunaan teknologi digital; dan (3) layanan laboratorium berada pada kategori optimal, mendorong siswa lebih aktif dan mandiri dalam memanfaatkan teknologi informasi untuk pembelajaran. Temuan ini menegaskan bahwa pengelolaan laboratorium yang optimal berkontribusi signifikan terhadap peningkatan literasi digital siswa.</p>2025-08-13T19:31:11+00:00Copyright (c) 2025 Sitti Sarmika Pakaya, Arwildayanto Arwildayanto, Sulkifly Sulkiflyhttps://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/SJEM/article/view/4037Membangun Daya Saing Sekolah Melalui Empat Dimensi Kepemimpinan Transformasional2025-08-13T20:15:45+00:00Sonya Angelina Matikosonyamatiko08@gmail.comAbd Kadim Masaongabdkadim@ung.ac.idBesse Marhawatibessemarhawati@ung.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kepemimpinan transformasional kepala Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Gorontalo dalam meningkatkan daya saing madrasah. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui pengumpulan, reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan, dengan pengecekan keabsahan melalui perpanjangan pengamatan serta triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) <em data-start="642" data-end="663">Idealized Influence</em> tercermin dari keteladanan nilai, etika, dan integritas melalui program Al-Kahfi Time yang membentuk budaya spiritual; (2) <em data-start="787" data-end="813">Inspirational Motivation</em>diwujudkan melalui pembangunan visi, pelatihan pemberdayaan guru, dan penguatan budaya berprestasi siswa; (3) <em data-start="924" data-end="950" data-is-only-node="">Intellectual Stimulation</em> terlihat pada dorongan inovasi, pemikiran kritis, dan kurikulum berbasis riset dalam lingkungan yang kreatif; (4) <em data-start="1065" data-end="1095">Individualized Consideration</em> ditunjukkan dengan perhatian personal melalui program Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan (AKGTK), yang mendukung pengembangan potensi individu. Kepemimpinan ini terbukti mendorong kemajuan madrasah secara holistik.</p>2025-08-13T20:15:45+00:00Copyright (c) 2025 Sonya Angelina Matiko, Abd Kadim Masaong, Besse Marhawati