Peningkatan Keterampilan Motorik Halus Anak melalui Kegiatan Melipat Kertas
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan motorik halus melalui kegiatan melipat dengan berbagai media di TK Melati Matali Baru. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa TK Melati Matali Baru berjumlah 23 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi (cheklist) dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif. Kriteria keberhasilan penelitian ini apabila persentase ≥75% dari jumlah anak TK Melati berada pada kriteria baik sesuai harapan. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan motorik halus meningkat setelah adanya tindakan melalui kegiatan melipat dengan berbagai media yang memberikan kesempatan kepada anak untuk belajar secara mandiri dan tanpa adanya tekanan.
References
Konsep dasat paud. 2016. PT, Remaja Rosdakarya Offset, Bandung.
Lolita Indraswati, peningkatan perkembangan motorik halus anak usia dini melalui kegiatan mozaik di TK Tamak kanak-kanak pembina agama, jurnal, UNP.ac.id.
Corbin. 2007. Penelitian kualitatif: Pendidikan anak usia dini/Nusa putra, ninin Dwilestari Ed. 1-2. 2012. Jakarta: Rajawalli Pers,
Erikson. 1967, Bermain dan permainan anak: tanggerang selatan, Universitas terbuka
Ahmad Nasihaddin, 2016. Meningkatkan mororik halus anak melalui kegiatan melipat dengan berbagai media pada abak kelompok B3 di TK ABA karang malang.
Copyright (c) 2020 Ratni Oktaviyani Ruri, Sri Wahyuningsi Laiya, Pupung Puspa Ardini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.