Hubungan Antara Percaya Diri dengan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini di Kelurahan Tampo Kabupaten Muna
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara percaya diri dengan kemampuan berbahasa anak. Subjek penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun di Kelurahan Tampo. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 20 anak dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode korelasi. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi sederhana. Hasil penelitian menunjukan tingkat kepercayaan diri anak pada kelurahan Tampo berada pada rentang nilai skor 28-30 ada 5 anak (25%), pada skor 31-33 ada 4 anak (20%), lalu pada skor 34-36 ada 4 anak (20%), dan pada skor 37-39 ada 7 anak (35%). Sedangkan Kemampuan berbahasa anak menunjukkan sebanyak 5 anak (25%) berada pada kategori Berkembang Sangat Baik (BSB), 14 anak (70%) berada pada kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH), dan 1 anak (5%) berada pada Mulai Berkembang (MB). Berdasarkan hasil analisis korelasi sederhana menunjukan nilai r-hitung (0,444) > r-tabel (0,422). Sehingga dapat disimpulkan ada hubungan signifikan antara percaya diri dengan kemampuan berbahasa anak usia dini di Kelurahan Tampo Kabupaten Muna.
References
Dewi, Yuli Ani Setyo. 2019. Peningkatan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Metode Membaca Pada Permainan Kartu Kata. Jurnal Program Studi PGRA, 5 (2).
Hakim, T. 2005. Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Puspa Swara.
Khoiriyah & Rachman, A., U. 2019. Bercakap-cakap sebagai Metode Peningkatan Kemampuan Berbicara Anak. Journal of Early Childhood Care and Education (JECCE) 2 (1), 38-54.
Kurniati, Erisa. 2017. Perkembangan Bahasa Pada Anak Dalam Psikologi Serta Implikasinya dalam Pembelajaran.” Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi 17 (3): 47–56.
Mollah, M., K. 2019. Kepercayaan Diri Dalam Peningkatan Keterampilan Komunikasi. El-Banat: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam 9 (1), 1-20.
Olivantina, R., A. & Suparno. 2018. Peningkatan Kepercayaan Diri Anak Melalui Metode Talking Tick. Jurnal Pendidikan Usia Dini. Volume 12.
Rahayu Yofita Aprianti. 2013. Menumbuhkan Kepercayaan Diri Anak melalui Kegiatan Bercerita.
Saputra, Adil. 2018. Pendidikan Anak Pada Usia Dini. Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 10 (2).
Siswanto & Suyanto.2018. Metodologi Penelitian Kuantitatif Korelasional. Bossscript. 1-104-119.
Syafitri, Yundayani & Kusumajati. 2019. Hubungan Antara Kepercayaan diri Siswa Terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara.
Tampubolon. 2008. Kemampuan Membaca, Teknik Membaca Efektif Dan Efisien. II. Angkasa.
Yuniati, S. & Rohmadheny, P., S. 2020. Bermain peran: Sebuah metode untuk meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5 (1), 60-69.
Copyright (c) 2022 Sri Yuliani M, Wa Ode Hasna, Afifah Nur Hidayah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
							
							





