Pengembangan Model Parenting Berbasis Manjujai
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan buku pedoman parenting berbasis manjujai yang valid, praktis, dan efektif pada anak usia 0-2 tahun. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Penelitian ini menggunakan model 4-D yang terdiri dari 4 tahap yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), development (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini berupa angket untuk uji validitas dan praktikalitas, untuk uji efektifitas menggunakan lembar observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan skala Likert dan rumus Persen. hasil penelitian menunjukkan bahwa buku pedoman parenting berbasis manjujai sudah valid, praktis, dan efektif, ini dibuktikan dengan hasil aspek perkembangan anak meningkat setelah menggunakan buku pedoman parenting berbasis manjujai. Temuan menunjukkan bahwa dengan adanya buku pedoman ini memudahkan guru dalam menstimulasi aspek-aspek perkembangan anak usia 0-2 tahun. Penggunaan buku pedoman berbasis manjujai dapat menjadi alternatif yang menarik dan praktis bagi guru dan orang tua dalam menstimulasi aspek perkembangan anak dan meningkatkan hubungan kelekatan antara guru atau orang tua dengan anak .
References
Andi Prastowo. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif.
Yogyakarta: Diva Press
Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta
Helmizar. (2018). Buku Pedoman Manjujai. Padang: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Universitas Andalas.
Helmizar, H., Jalal, F., Lipoeto, N. I., & Achadi, E. L. (2017). Local food supplementation and psychosocial stimulation improve linear growth and cognitive development among Indonesian infants aged 6 to 9 months. Asia Pacific Journal of Clinical Nutrition, 26(1), 97–103. https://doi.org/10.6133/apjcn.102015.10
Mahyuddin Nenny, Yarmis Syukur, A. H. (2016). Efektivitas Penggunaan Video Camera
Dalam Pembelajaran Dan Implikasinya Terhadap Pelayanan Anak Usia Dini ( Usia
-6 Tahun ) Di Kota Padang jumlah guru dan perbandingan yang dengan
dibutuhkan alat perekam yang dapat. Pendidikan Anak Usia Dini, 10(1), 45–60. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/JPUD.101.03
Mayar, F. (2013). Perkembangan sosial anak usia dini sebagai bibit untuk masa depan bangsa. Jurnal Al-Ta’lim, 1(6), 459–465.
Rakimahwati, Y. (2012). Upaya Meningkatkan Perkembangan Moral Anak Usia Dini Melalui Mendongeng Di Tk Dharmawanita Improving The Moral Development Of Early Age Children, 7(1).
Riduwan. (2012). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru Karyawan dan Penelitian
Pemula. Bandung: Alfabeta.
Surbakti. (2012). Parenting Anak-Anak. Jakarta: Gramedia.
Suryana, D. (2013a). Pendidikan Anak Usia Dini Teori dan Praktik Pembelajaran.
Padang: UNP Press Padang
Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara. Upton, P. (2012). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.
Vinayastri Amelia. (2015). Pengaruh Pola Asuh (Parenting) Orang-Tua Terhadap
Perkembangan Otak Anak Usia Dini, 3.
Copyright (c) 2022 swandra rahayu herwina
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.