Pengembangan Model Parenting Berbasis Manjujai

  • Swandra Rahayu STKIP AISYIYAH RIAU
  • Herwina Herwina STKIP Aisyiyah Riau
Keywords: Parenting, Anak Usia Dini, Manjujai

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan buku pedoman parenting berbasis manjujai yang valid, praktis, dan efektif pada anak usia 0-2 tahun. Jenis    penelitian    ini    adalah    penelitian    pengembangan.    Penelitian    ini menggunakan model 4-D yang terdiri dari 4 tahap yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), development (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini berupa angket untuk uji validitas dan praktikalitas, untuk uji efektifitas menggunakan lembar  observasi.  Teknik  analisis  data  dalam  penelitian  ini  menggunakan skala Likert dan rumus Persen. hasil penelitian menunjukkan bahwa buku pedoman parenting berbasis manjujai sudah valid, praktis, dan efektif, ini dibuktikan dengan hasil aspek perkembangan anak meningkat setelah menggunakan buku pedoman parenting berbasis manjujai. Temuan menunjukkan bahwa dengan adanya buku pedoman ini memudahkan guru dalam menstimulasi aspek-aspek perkembangan anak usia 0-2 tahun. Penggunaan buku pedoman berbasis manjujai dapat menjadi alternatif yang menarik dan praktis bagi guru dan orang tua dalam menstimulasi aspek perkembangan anak dan meningkatkan hubungan kelekatan antara guru atau orang tua dengan  anak .

References

Andi Prastowo. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif.

Yogyakarta: Diva Press

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta

Helmizar. (2018). Buku Pedoman Manjujai. Padang: Fakultas Kesehatan Masyarakat

Universitas Andalas.

Helmizar, H., Jalal, F., Lipoeto, N. I., & Achadi, E. L. (2017). Local food supplementation and psychosocial stimulation improve linear growth and cognitive development among Indonesian infants aged 6 to 9 months. Asia Pacific Journal of Clinical Nutrition, 26(1), 97–103. https://doi.org/10.6133/apjcn.102015.10

Mahyuddin Nenny, Yarmis Syukur, A. H. (2016). Efektivitas Penggunaan Video Camera

Dalam Pembelajaran Dan Implikasinya Terhadap Pelayanan Anak Usia Dini ( Usia

-6 Tahun ) Di Kota Padang jumlah guru dan perbandingan yang dengan

dibutuhkan alat perekam yang dapat. Pendidikan Anak Usia Dini, 10(1), 45–60. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/JPUD.101.03

Mayar, F. (2013). Perkembangan sosial anak usia dini sebagai bibit untuk masa depan bangsa. Jurnal Al-Ta’lim, 1(6), 459–465.

Rakimahwati, Y. (2012). Upaya Meningkatkan Perkembangan Moral Anak Usia Dini Melalui Mendongeng Di Tk Dharmawanita Improving The Moral Development Of Early Age Children, 7(1).

Riduwan. (2012). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru Karyawan dan Penelitian

Pemula. Bandung: Alfabeta.

Surbakti. (2012). Parenting Anak-Anak. Jakarta: Gramedia.

Suryana, D. (2013a). Pendidikan Anak Usia Dini Teori dan Praktik Pembelajaran.

Padang: UNP Press Padang

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara. Upton, P. (2012). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.

Vinayastri Amelia. (2015). Pengaruh Pola Asuh (Parenting) Orang-Tua Terhadap

Perkembangan Otak Anak Usia Dini, 3.

Published
2022-07-12