Pola Komunikasi Guru dalam Pembentukan Karakter Islam Anak-Anak di Masa Pandemi

  • Herwina herwina STKIP AISYIYAH RIAU
  • Rahmah STKIP Aisyiyah Riau
Keywords: Pola Komunikasi, Pembentukan Karakter, Anak Usia Dini

Abstract

Tujuan penelitian ini ingin mengetahui Pola komunikasi yang diterapkan oleh guru TK ABA 7 kota pekanbaru. Pola komunikasi banyak arah, guru berusaha mengarahkan anak-anak secara rasional, beroreantasi dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi, menghargai komunikasi saling memberi dan menerima.  Menjelaskan rasional yang mendasari tiap-tiap permintaan  atau displin. Guru menggunakan pola komunikasi yang efektif mengharapkan anak dapat mematuhi orang tua, saling menghargai. Guru juga memperkuat standar-standar perilaku. Komunikasi selama pandemi tidak hanya melibatkan guru, namun melibatkan orang tua dan anak. Diskusi dan simulasi strategi dapat mengembangkan komunikasi. Dengan pola komunikasi tersebut guru dapat mengarahkan anak untuk memiliki karakter yang baik dan membentuk  karakter yang Islami anak sejak dini. Adapun Kendala yang dihadapi guru  adalah kurang dukungan dari orang tua, kurang mengertinya orang tua tentang konsep belajar dirumah. Selain itu sarana dan prasarana  juga merupakan kendala dalam proses komunikasi guru dalam pentukan karakter Islami anak dimasa pandemi

References

Bhamani S., Makhdoom A. Z., Bharuchi V., Ali N., Kaleem S., & Ahmed D. 2020. Home Learning in Times of COVID: Experiences of Parents. Journal of Education and Educational Development, 7(1), 9.
Cahapay M. B. 2020. Rethinking Education in the New Normal Post-COVID-19 Era: A Curriculum Studies Perspective. Aquademia, 4(2) 1-5
Djamarah, Bahri Syaiful. 2004. Pola Komunikasi Orang Tua & Anak Dalam keluarga. Jakarta: PT. Reneka Cipta. 51
Dong C.,Cao S., & Li H. 2020. Young children’s online learning during COVID-19 pandemic: Chinese parents’ beliefs and attitudes. Children and Youth Services Review. (1 September 2020)
Eriyanto. 2013. Analisis Isi Pengantar Metodologi untuk Penelitian Ilmu Komunikasi dan Ilmu-ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana Perdana Media Group.
Fu M., Xue Y., Zhou W., & Yuan T. F. 2017. Parental absence predicts suicide ideation through emotional disorders. PLoS ONE, 12(12).
Hakyemez-Paul S., Pihlaja P., & Silvennoinen H. 2018. Parental involvement in Finnish day care–what do early childhood educators say? European Early Childhood Education Research Journal, 26(2).
Handayani T., Khasanah H. N., & Yoshinta R. 2020. Pendampingan Belajar Di Rumah Bagi Siswa Sekolah Dasar Terdampak Covid-19. ABDIPRAJA (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(1).
Irene A. S. 2011. Desentralisasi dan Partisipasi Masyarakat dalam Pendidikan. Pustaka Belajar.
Iriantara, Yosal, usep syarifudin. 2013. Komunikasi Pendidikan. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Nam B. H., & Park D. B. 2014. Parent involvement: Perceptions of recent immigrant parents in a suburban school district, Minnesota. Educational Studies, 40(3).
Sari D. K., & Maningtyas R. T. 2020. Parents’ Involvement in Distance Learning During the Covid-19 Pandemic.
Seefeldt W. C., & Barbara A. 2008. Pendidikan Anak Usia Dini. PT Indeks.
L.Tubbs, Stewart & Moss, Sylvia. 2008. Human Communication : Prinsip-prinsip Dasar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Yulianingsih W., Suhanadi S., Nugroho R., & Mustakim M. 2020. Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2).
Cox RH. Sport Psychology Concepts and Applications. New York: McGraw-Hill., 564; 2012
Aggerholm, Kenneth, and Lars Tore Ronglan. 2012. “Having The Last Laugh: The Value of Humour in Invasion Games.” Sport, Ethics and Philosophy 6(3): 336–52. http://www.tandfonline.com/doi/abs/10.1080/17511321.2012.689321.
Akbari, Hakimeh, Abehroz Bdoli, Mohsen Shafizadeh, and Hasan Khalaji. 2009. “The Effect of Traditional Games in Fundamental Motor Skill Development in 7 ­ 9 Year ­ Old Boys.” Iran J Pediatr 19(2): 123–29.
Bardid, Farid, Floris Huyben, et al. 2016. “Assessing Fundamental Motor Skills in Belgian Children Aged 3 – 8 Years Highlights Differences to US Reference Sample.” : 281–90.
Bardid, Farid, An De Meester, et al. 2016. “Human Movement Science Configurations of Actual and Perceived Motor Competence among Children : Associations with Motivation for Sports and Global Self-Worth.” Human Movement Science 50: 1–9. http://dx.doi.org/10.1016/j.humov.2016.09.001.
Barela, José Angelo. 2013. “Fundamental Motor Skill Proficiency Is Necessary for Children’s Motor Activity Inclusion.” Motriz. Revista de Educacao Fisica 19(3): 548–51.
Barnett, Lisa M. 2015a. “Active Gaming as a Mechanism to Promote Physical Activity and Fundamental Movement Skill in Children Available from Deakin Research Online :” (February 2017)
Published
2022-08-04