Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Anak 5-6 Tahun

  • Ulwan Syafrudin Universitas Lampung
  • Aghnia Nur Anisa Universitas Lampung
Keywords: Berpikir Kritis, Inkuiri, Anak Usia Dini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan berpikir kritis anak sebelum dan sesudah diterapkannya model pembelajaran inkuiri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan desain One Groups Pretest Posttest Design. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas B2 TK Muslimat NU Kebumen yang berjumlah 15 anak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji wilcoxon. Hasil analisis data menunjukkan bahwa asymp.sig sebesar 0,001 Karena 0,001<0,05 maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima. Artinya ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan berpikir kritis anak usia 5-6 tahun. Hal ini berarti penggunaan model pembelajaran inkuiri dapat membantu menstimulus kemampuan berpikir kritis anak usia 5-6 tahun.

 

References

Adinda, A. (2016). Berpikir kritis dalam pembelajaran matematika. Jurnal Logaritma, 4(1).
Anggraeni, C. 2015. Peningkatam Kemampuan Berpikir Kritis melalui Metode Eksperimen Berbasis Lingkungan.
Ary, Khusnaya, & Kusumaningtyas, Nila. (2022). Analisis Penerapan Metode Inkuiri dalam Pembelajaran untuk Anak Usia Dini. Journal Wawasan Pendidikan, 2(1).
Budiningsih, Asri. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta. Jakarta
Desmita. (2007). Psikologi Perkembangan. PT Remaja Rosdakarya.
Ennis. (1996). Critical Thingking. Prentice Hall.
Hadi, Sunandar. (2021). Melatih Kemampuan Berpikir Kritis Anak Usia Dini melalui Penerapan Model Inkuiri Terbimbing. Jurnal Pascasarjana UIN Mataram, 10(2).
Hartati, S. (2005). Perkembangan Belajar pada Anak Usia Dini. Departemen Pendidikan Nasional.
Leicester, & Taylor. (2010). Critical Thinking Across The Curriculum: Developing critical thinking skills, literacy, and philosophy in the primary classroom. Open university Press.
Lutfi, S. (2016). Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian. Pramana Publishing.
Putri, Anisa. 2021. Pengaruh Teman Sebaya terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Buhts Al Anfal. 1 (1)
Magasida, D. (2017). Penerapan Metode Discovery Inkuiri Pada Pembelajaran Sains Anak Usia Dini. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 3(1).
Noor, J. (2015). Metedologi Penelitian. Prenaada Group.
Retnowati, D. (2016). Proses Berpikir Kritis Siswa Kelas Xi Farmasi Smk Citra Medika Sragen Dalam Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 4(1).
Roche, M. (2015). Developing Childern’s Critical Thingking Trought Picturebooks. Routledge.
Sanjaya, W. (2016). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Prenadamedia.
Sternberg. (1986). Critical Thinking: its Nature, Measurement, and Improvement. ERIC Journal.
Subeki, A. (2021). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Anak Kelas B4 Ra Sunan Ampel Arjosari Pasuruan Di Masa Pandemi.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sukmadinata, & Syaodih, N. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Remaja Rosdakarya .
Suryadiningsih, I Made Ayu, at.al. 2016. Imementasi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Permainan dalam Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Indonesia. 5 (2).
Yunita, H. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis melalui Pendekatan Saintifik. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2).
Published
2023-01-17