Pengaruh Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun

  • Tri Mulya Nurrisa Universitas Negeri Surabaya
  • Nur Ika Sari Rakhmawati Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Gadjet, Kemampuan Bahasa, Anak Usia Dini

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari permasalahan rendahnya kemampuan bahasa khususnya kemampuan keaksaraan awal pada anak di TK Setia Karya dan TK Ikhlas di Kecamatan Asemrowo Surabaya. Hal tersebut terlihat saat hasil observasi awal terhadap anak, anak masih belum mampu menunjukkan simbol huruf vokal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan gadget terhadap kemampuan bahasa anak usia 4-5 tahun. Menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis Quasi experiment dan desain Nonequivalent Control Group. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah 40 anak usia 4-5 tahun di TK Setia Karya dan TK Ikhlas di Kecamatan Asemrowo Surabaya. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode sampel jenuh, sehingga seluruh populasi digunakan sebagai sampel dengan masing-masing 20 anak pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini adalah dengan observasi dan pretest-posttest. Menggunakan teknik analisis data uji hipotesis t dengan menggunakan SPSS 23.0. Hasil penelitian yang didapatkan adalah terdapat pengaruh dari penggunaan gadget terhadap kemampuan bahasa anak khususnya kemampuan keaksaraan awal dengan pengenalan huruf vokal (a, i, u, e, o), terlihat dari adanya perbedaan nilai rata-rata pretest-posttest yang mengalami kenaikan setelah diberikan treatment penggunaan gadget sebagai media pembelajaran.

References

Baiti, N. (2020). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Anak Di Masa Covid-19. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar Dan Anak Usia Dini, VI, 113–127.
Barnes, E. M., Grifenhagen, J. F., & Dickinson, D. K. (2016). Academic Language in Early Childhood Classrooms. The Reading Teacher, 70(1), 39–48. https://doi.org/https://doi.org/10.1002/trtr.1463
Basyiroh, I. (2017). Program Pengembangan Kemampuan Literasi Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi, 3(2), 1–16.
Bawono, Y. (2017). Kemampuan berbahasa pada anak prasekolah : Sebuah kajian pustaka. Prosding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, 1, 116–125. http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/ippi/article/view/2181
Dhieni, N., & Fridani, L. (2017). Hakikat Perkembangan Bahasa Anak. Modul PAUD, 1–28.
Douglas, C. (1998). Young Children and Technology. Paper Presented at the Forum on Early Childhood Science, Mathematics, and Technology Education, 21.
Fitria, N. (2021). Kemampuan Keaksaraan melalui Media Digital “Bermain Keaksaraan” pada Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(1), 36–49. https://doi.org/10.19109/ra.v5i1.6781
Fitriahadi, E., & Tyastiti, V. H. (2020). The Impacts of The Use of Gadgets on The Development of Children 3-6 Years of Age. The Southeast Asian Journal of Midwifery, 6(1), 34–38.
Haris, I., & Isyanti, S. (2021). Pengembangan Game Edukatif Dalam Meningkatkan Kemampuan Keaksaraan Anak Usia Dini. Jurnal Asghar, 1(1), 82–93. http://e-journal.iainpekalongan.ac.id/index.php/asghar/index
Hijriyani, Y. S., & Astuti, R. (2020). Penggunaan Gadget pada Anak Usia Dini dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(1), 015. https://doi.org/10.21043/thufula.v8i1.6636
Jalil, N., & Hawang, S. (2018). Penerapan Media Audio Visual (Lapotop) dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pembelajaran Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 30–37.
Karoma, S. (2019). Peningkatan Kemampuan Mengenal Lima Huruf Vokal Melalui Media Bola Huruf Pada Anak Usia 3-4 Tahun. 1(1), 60–66.
Kaynar, N., Sadik, O., & Boichuk, E. (2020). Technology in Early Childhood Education: Electronic Books for Improving Students’ Literacy Skills. TechTrends, 64(6), 911–921. https://doi.org/10.1007/s11528-020-00520-5
Lubis, M. A., Azizan, N., & Ikawati, E. (2020). Persepsi orang tua dalam memanfaatkan durasi penggunaan gadget untuk anak usia dini saat situasi pandemi covid-19. Jurnal Kajian Gender Dan Anak, 04(1), 63–82.
Nicolaou, C., Matsiola, M., & Kalliris, G. (2019). Technology-Enhanced Learning and Teaching Methodologies through Audiovisual Media. Education Sciences, 9(1992), 3.
Nisrina, Puspitasari, Y., & Mwadda. (2019). Laptop Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Teknologi Informasi di Sekolah Dasar. Prosding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 458–467.
Pebriana, P. H. (2017). Analisis Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.26
Pertiwi, A. D. (2016). Study Deskriptif Proses Membaca Permulaan. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 759–764. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa/article/view/12372/8941
Rahayu, R., Mustaji, M., & Bachri, B. S. (2022). Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android dalam Meningkatkan Keaksaraan. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3399–3409. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2409
Sarahaswati, L. H. (2019). Mengenal Keaksaraan di Taman Kanak-Kanak. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. http://file.tkplb.net/_MODUL/2019/UP-PKP/00. Unit Pembelajaran TK/12. Mengenal Keaksaraan.pdf
Shea, M. (2011). Parallel Learning of Reading and Writing in Early Childhood. In Parallel Learning of Reading and Writing in Early Childhood. Routledge. https://doi.org/10.4324/9780203841181
Shiel, G., Cregan, Á., Mcgough, A., & Archer, P. (2012). Oral Language in Early Childhood and Primary Education ( 3-8 years ). Dublin: National Council for Curriculum and Assesment, 14. https://www.erc.ie/documents/oral_language_in_early_childhood_and_primary_education_3-8_years_.pdf
Sucipto, & Huda, N. (2016). Pola Bermain Anak Usia Dini di Era Gadget Siswa PAUD Mutiara Bunda Sukodono Sidoarjo. Jurnal Edukasi Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(6), 225–273. http://repository.unitomo.ac.id/933/1/Lengkap Pola.pdf
Yulsyofriend, Anggraini, V., & Yeni, I. (2019). Dampak Gadget Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Yaa Bunayya. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 67–80.
Published
2023-02-02