Pengembangan Video Animasi ‘Pensil’ Penanaman Nilai Pancasila untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif pada Anak

  • Emi Latus Safitri STKIP Modern Ngawi
  • Arwendis Wijayanti STKIP Modern Ngawi
  • Wening Sekar Kusuma STKIP Modern Ngawi
Keywords: kemampuan kognitif, model pembelajaran, research and development

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah video animasi ‘pensil’ yang dapat digunakan untuk menanamkan nilai Pancasila pada anak Kelompok B. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) yang meliputi tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Tahap analisis dilakukan dengan mengumpulkan data kebutuhan dan karakteristik target pengguna video animasi ‘pensil’, yaitu anak Kelompok B. Kemudian dilakukan tahap desain dengan merancang konsep video animasi ‘pensil’ yang mencakup cerita, karakter, dan pesan-pesan yang ingin disampaikan. Tahap pengembangan dilakukan dengan memproduksi video animasi ‘pensil’ yang telah dirancang sebelumnya. Setelah video animasi ‘pensil’ selesai diproduksi, tahap implementasi dilakukan dengan memperkenalkan video animasi ‘pensil’ kepada anak-anak melalui sekolah atau kelompok bermain. Terakhir, tahap evaluasi dilakukan untuk mengetahui efektivitas video animasi ‘pensil’ dalam menanamkan nilai Pancasila pada anak. Evaluasi dilakukan dengan mengukur peningkatan pemahaman dan pengamalan nilai Pancasila pada anak setelah menonton video animasi ‘pensil’. Hasil penelitian menunjukkan bahwa video animasi ‘pensil’ yang dikembangkan melalui metode R&D ini sangat valid dari segi aspek keefektifan, aspek keefisienan, dan aspek kemenarikan dalam menanamkan nilai Pancasila pada anak Kelompok B. Anak yang menonton video animasi ‘pensil’ ini menunjukkan peningkatan pemahaman dan pengamalan nilai Pancasila, sehingga dapat dijadikan alternatif media pembelajaran yang kreatif dan menyenangkan dalam menanamkan nilai Pancasila.

References

1. Khairi, H. (2018). Husnuzziadatul Khairi Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini Dari 0-6 Tahun. 2(2).
2. Nyoman, N., Handayani, L., Ketut, N., Muliastrini, E., Tinggi, S., Hindu, A., Mpu, N., Singaraja, K., Kurikulum, P., Anak, U., Dini, P., & Covid, -19. (2021). Prosiding Seminar Nasional Dharma Acarya Ke-2 Adaptasi Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini Di Masa Pandemi Covid-19 (Ni Nyoman Lisna Handayani 1 , Ni Ketut Erna Muliastrini 2) Artikel Info Abstrak Kata Kunci. https://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/dharmaacarya
3. Rahlini, H., Kanak-Kanak, T., Sartika, D., Hulu, P., Tengah, S., & Selatan, K. (2018). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Dalam Mengurutkan Benda Dari Ukuran Terkeci]l Ke Terbesar Dengan Media Gambar Di Kelompok A Tk Dewi Sartika Kecamatan Pandawan. Sagacious Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Sosial, 4(2). www.jurnalsagacious.net.com
4. Santrock, John W. 2007. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.
5. Wantah, Maria J. (2005). Pengembangan Disiplin Dan Pembentukan Moral Pada Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi.Jakarta: Erlangga.
6. Nany,S., And Y. Ch. “ Menanamkan Nilai Pancasila Pada Anak Sejak Usia Dini.” Humanika: Kajian Iimiah Mata Kuliah Umum 9.1 (2009): 18127.
7. Koumi, J. (2006). Merancang Video Dan Multimedia Untuk Pembelajaran Yang Terbuka Dan Fleksibel. New York: Routledge.
8. Ahmad Susanto. 2017.Teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Grup.
9. Syaodih, Ernawulan Dan Mubair Agustin. 2008. Bimbingan Konseling Untuk Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.
10. Rahlini, Hj. 2018. Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Dalam Mengurutkan Benda Dari Ukuran Terkecil Ke Terbesar Dengan Media Gambar Di Kelompok A Tk Dewi Sartika Kecamatan Pandawan. Sagacious Jurnal Pendidikan Dan Sosial Volume 4 Nomor 2.
11. Koesmadi, D. P. (2018). Pengaruh Constructive Play terhadap Kemampuan Pengenalan Geometri dan Klasifikasi pada Anak. Jurnal Pelita PAUD, 2(2), 133–148.
12. Kusumastuti, N., Putri, V. L., & Wijayanti, A. (2021). Pengembangan Media Frueelin Untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 5(01), 155–163
Published
2023-07-30