Pengaruh Permainan Gatrik terhadap Kemampuan Berpikir Logis Anak

  • Sri Siti Nuraini Marino Universitas Negeri Gorontalo
  • Icam Sutisna
  • Sri Wahyuningsi Laiya
Keywords: Permainan, Gatrik, Berpikir Logis

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh permainan gatrik terhadap kemampuan berpikir logis anak. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen (one group pre test – post test design). Berdasarkan hasil penelitian dengan jumlah sampel 26 orang. Anak menunjukan adanya peningkatan rata-rata hasil pre-test memperoleh nilai rata-rata 11,46 artinya anak berada dalam kategori mulai berkembang. Sedangkan pada data post-test memperoleh nilai rata-rata 19,53 artinya anak berada dalam kategori berkembang sesuai harapan. Hasil tersebut membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan sebelum dan sesudah pemberian perlakuan. Berdasarkan hasil uji t pada (α)=0,05 diperoleh ttabel = 1,708. Kemudian diperoleh nilai thitung = 29,7411. Jadi thitung ≥ ttabel, 29,7411 ≥ 1,708 dengan kata lain t hitung > t tabel maka H0 ditolak atau Ha diterima, dengan demikian maka hipotesis diterima artinya terdapat Pengaruh Permainan Gatrik Terhadap Kemampuan Berpikir Logis Anak Kelompok B di TK Negeri Lopito Kecamatan Totikum Kabupaten Banggai Kepulauan.

 

References

Masnipal, M. P. 2013. Siap Menjadi Guru & Pengelola PAUD Profesional. Elex Media Komputindo.
MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA. 2014. Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia, 13.
Mutiah, D. 2010. Psikologi Bermain Anak Usia Dini (Pertama). Predana Media Group.
Sujiono, Y. N. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini
Sutisna, I. 2020. Statistika penelitian. Universitas Negeri Gorontalo, 1(1), 1-15
Tedjasaputra, M. S. 2001. Bermain, mainan dan permainan. Grasindo.
Witasari, O., & Wiyani, N. A. 2020. Permainan Tradisional untuk Membentuk Karakter Anak Usia Dini: Studi pada TK Diponegoro 140 Rawalo Banyumas. JECED: Journal of Early Childhood Education and Development, 2(1), 52-63
Published
2023-07-30