Hubungan Pengetahuan Penggunaan Gadget Orang tua dengan Perilaku Anak Pengguna Gadget Usia 5-6 Tahun
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan gadget orang tua dengan perilaku anak pengguna gadget usia 5-6 tahun. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif korelasional. Instrumen penelitian menggunakan angket degan aplikasi google form. Teknik pengambilan sampel dengan metode random sampling pada orang tua yang memiliki anak berusia 5 sampai 6 tahun. Jumlah responden yang terkumpul sebanyak 168 orang. Berdasarkan hasil uji normalitas diketahui nilai signifikansi diperoleh sebesar 0,051 artinya sampel berdistribusi normal. Hasil nilai linieritas diperoleh sebesar 0,300 artinya sample tersebut linier. Hasil uji korelasi didapatkan sebesar 0.346 dengan nilai signifikansi sebesar 0.000. Ini bermakna bahwa hubungan signifikan (0.000 < 0.05). Maka Ho ada hubungan signifikan pengetahuan gadget orang tua dengan perilaku pengguna gadget anak usia 5-6 tahun. Nilai r diperoleh 0,346 dimana nilai ini menunjukkan hubungan yang rendah. Sedangkan hasil determinasi memperoleh jumlah 12%. Jadi dapat disimpulkan bahwa hubungan pengetahuan penggunaan gadget orang tua dengan perilaku pengguna gadget anak usia 5-6 tahun sebesar 12%, sedangkan 78% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk kedalam penelitian ini.
References
Desvita, I., & Ismaniar, I. (2020). Hubungan Antara Perhatian Orangtua dengan Perkembangan Moral Anak Usia 5-6 Tahun di Korong Salisikan Nagari Sungai Buluah Timur Batang Anai. Spektrum: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 8(3), 377–387.
Farizal, E. B. (2018). Hubungan Pengetahuan Orang Tua Tentang Penggunaan Gadget Pada Anak Usia 2-5 Tahun Terhadap Dampak Penggunaan Gadget Di Wilayah Kerja Puskesmas Berseri Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan Tahun 2018. Menara Ilmu, 12(12).
Fatmawati, N. I., & Sholikin, A. (2019). Literasi Digital, mendidik anak di era digital bagi orang tua milenial. Madani Jurnal Politik Dan Sosial Kemasyarakatan, 11(2), 119–138.
Hidayat, R., Ag, S., & Pd, M. (t.t.). Buku Ilmu Pendidikan Rahmat Hidayat & Abdillah.
Marpaung, J. (2018). Pengaruh penggunaan gadget dalam kehidupan. KOPASTA: Journal of the Counseling Guidance Study Program, 5(2).
Nahar, N. I. (2016). Penerapan teori belajar behavioristik dalam proses pembelajaran. NUSANTARA: jurnal ilmu pengetahuan sosial, 1(1).
Novayanty, A. A. (2021). Peningkatan Perilaku Moral pada Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Penggunaan Metode Bercerita. Instruksional, 2(2), 128–136.
Prof. Dr. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Sugiyono, Ed.). Alfabeta.
Rahmawati, Z. D. (2020). Penggunaan media gadget dalam aktivitas belajar dan pengaruhnya terhadap perilaku anak. TA’LIM: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 3(1), 97–113.
Sari, D. A., & Nurjanah, A. L. (2020). Hubungan Game Online dengan Perkembangan Emosional Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 994. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.344
Sisbintari, K. D., & Setiawati, F. A. (2021). Digital Parenting sebagai Upaya Mencegah Kecanduan Gadget pada Anak Usia Dini saat Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1562–1575.
Sukenti, D., & Silvia, S. (2016). Penggunaan Media Sketsa dalam Mengungkapkan Perkembangan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun. Al-Hikmah: Jurnal Keilmuan Keislaman, 13(1), 1–109.
Sylvie Puspita. (2020). Pengaruh Kecanduan Gadget Terhadap Perilaku Anak Usia Prasekolah. 41.
Umaimah, R. (2017). Konsep Skinner Tentang Pembentukan Perilaku Pada Pendidikan Anak Usia Dini (Studi terhadap TK Al Tarmasi Pacitan). Transformasi: Jurnal Studi Agama Islam, 10(1), 154–176.
Wulansari, N. A., & Kurniawaty, L. (2022). Pengaruh Game Online Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Pada Anak Usia Dini (5-6 Tahun). Panca Sakti Bekasi: Jurnal Pendidikan Dan Bisnis, 3(2), 11–18.
Copyright (c) 2024 luthfia zulhaini luthfia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.






