Hubungan Peran Orang Tua dengan Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak Usia 5-6 Tahun

  • Wiwin Widia STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Chitra Charisma Islami STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Eva Gustiana STKIP Muhammadiyah Kuningan
Keywords: Peran Orang Tua, Kemampuan Bahasa Ekspresif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua, kemampuan bahasa ekspresif anak, dan hubungan peran orang tua dengan kemampuan bahasa ekspresif anak di TK PGRI Nur-Rohmah Desa Kalimati Kecamatan Japara Kabupaten Kuningan. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh orang tua anak TK PGRI Nur-Rohmah Desa Kalimati Kecamatan Japara Kabupaten Kuningan yang berjumlah 13 orang. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik sampling jenuh sehingga semua populasi diteliti. Teknik pengumpulan data melalui penelitian lapangan berupa observasi, angket, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi rank spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran orang tua tinggi namun belum maksimal, kemampuan bahasa ekspresif anak tinggi namun belum maksimal, dan peran orang tua berhubungan positif dan signifikan dengan kemampuan bahasa ekspresif anak usia 5-6 tahun di TK PGRI Nur-Rohmah Desa Kalimati Kecamatan Japara Kabupaten Kuningan (r = 0,753 dengan p = 0,003).

References

Arifin, A. W., & Pauweni, A. J. (2019). Peran Guru terhadap Aspek Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jambura Early Childhood Education Journal, 1(2), 37–45. https://doi.org/10.37411/jecej.v1i2.57

Islami, C. C. (2017). Layanan Bimbingan Kelompok untuk Mengembangkan Moral dan Disiplin Anak dengan Metode Permainan. Jurnal Pelita Paud, 1(2).

Purwanto, E. (n.d.). Metode Penelitian Kuantitatif. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang.

Rachmawaty, M. (2022). Kolaborasi Guru dan Orang Tua PAUD di Masa Pandemi. JAMBURA Early Childhood Education Journal, 4(1), 89.

Restiani, S., Saparahayuningsih, S., & Ardina, M. (2017). Hubungan Antara Pola Asuh Demokratis Dengan Kemandirian Anak Di Kelompok A PAUD IT Bina Iman Kabupaten Bengkulu Utara. Potensia, 2(1), 23–32.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. CV Alfabeta.

Fitriana, Septi. 2019. “Kurangnya Bahasa Ekspresif pada Anak Usia 5 Tahun di Jl. Raden Fatah No. 004 Rt 01 Kelurahan Pagar Dewa, Kecamatan Selebar Kota Bengkulu”. Journal of Early Childhood Islamic Education Vol. 2 No. 2 Januari 2019.

Heriana dkk. 2021. “Meningkatkan Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak Melalui Metode Pendekatan Saintifik pada Kelompok B TK Runiah School Makassar”. Profesi Kependidikan Vol. 2 No. 1 April 2021.

Mufidah, Atik. 2021. “Perkembangan Kemampuan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Bercerita Sederhana Ditinjau dari Aspek Sintaksis dan Semantik”. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Volume 4 Nomor 2 Oktober 2021.

Sari, Meliana. 2018. “Peran Orang Tua dalam Menstimulasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini”. Jurnal Pendidikan dan Perkembangan Anak Volume I (2), 2018.

Wulandari, Oktaviana. 2019. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak Melalui Media Buku Bergambar (Big Book)”. Jurnal Perempuan dan Anak (JPA), Vol. 5 No. 1, Februari 2022.

Published
2024-01-31