Menanamkan Sikap Percaya Diri Pada Anak Melalui Permainan Wayang

  • Tiara Winanda Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Masganti Sit Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
Keywords: Anak Usia Dini Sikap Percaya Diri Wayang, Anak Usia Dini, Percaya Diri, Media Wayang

Abstract

Orang-orang yang membuat perbedaan positif dalam kehidupan masyarakat dan anak-anak yang percaya diri lebih cenderung mengambil risiko dan mencapai tujuan mereka. Anak yang percaya diri adalah anak optimis yang tidak pernah meragukan kemampuannya sendiri dan tidak pernah melalaikan tanggung jawab terhadap apapun. Pentingnya mengatasi masalah rendahnya rasa percaya diri pada anak karena menghambat perkembangan dan prestasi akademisnya. Oleh karena itu, penting untuk memasukkan strategi dan media yang menarik ke dalam pendidikan anak. Di TKN Harapan Kita Desa Suka Damai, kami bertujuan untuk mengetahui bagaimana anak-anak dapat meningkatkan rasa percaya diri melalui permainan wayang, yaitu pertunjukan boneka tradisional. Penelitian tindakan kelas merupakan metode yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rasa percaya diri anak meningkat sebesar 66% pada siklus I dan 90% pada siklus II saat bermain wayang. Berdasarkan hasil evaluasi tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan mengajarkan pertunjukan wayang anak dapat meningkatkan rasa percaya diri mereka.

References

Anjeli, S. (2022). Pengaruh Pemberian Reward Wayang Islami Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Anak Di Tk Negeri 5 Banda Aceh. UNIVERSITAS ISLAM NEGRI AR-RANIRY.
Carolin, C. A., & Ekawati, Y. N. (2019). Pengaruh Metode Storytelling Menggunakan Media Wayang Terhadap Perilaku Prososial Pada Anak Usia Dini Di Tk Aisyiyah III Kota Jambi. JURNAL PSIKOLOGI JAMBI, 4(2).
Deni, A. U., & Ifdil. (2016). Konsep Kepercayaan Diri Remaja Putri. Amandha, 2(2), 43–52. https://jurnal.iicet.org/index.php/j-edu/article/view/72
Fauziah, F. S., Ilmaknun, L., Mahya, V. A., Barus, E. F. B., Waruwu, D. S., Susanty, A., & Jamaludin. (2023). Menanamkan sikap toleransi pada anak usia dini dengan media Wayang di TK Melati Putih. Nautical : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(1).
Humaida, R., Munastiwi, E., Irbah, A. N., & Fauziah, N. (2022). Strategi Mengembangkan Rasa Percaya Diri Pada Anak Usia Dini. Kindergarten: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia, 1(2).
Kristiono, N., & Mutmainah. (2018). Pemanfaatan Media Wayang Kertas Untuk Meningkatkan Mutu Perkembangan Karakter Bahasa Anak Dalam Berkomunikasi Verbal. Jurnal Penjaminan Mutu, 4(2).
Lasut, F. T. (2023). Upaya Meningkatkan Rasa Percaya Diri Melalui Kegiatan Bermain Peran Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Ypk St Theresia Kota Sorong. Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong.
Lautser, P. (2012). Tes Kemampuan. Terjemahan D. H. Gulo. Jakarta: Bumi Aksara
Lie, A. (2003). Menjadi Orang Tua Bijak 101 Cara Menumbuhkan Percaya Diri Anak. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Mufidah, A. (2022). Meningkatkan Kepercayaan Diri Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Menari Tahun 2022. UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA.
Nasution, A. D. I., Juliani, D., Meilandry, D., Nabila, Aprillia, R., & Sitorus, M. (2023). Peningkatan Kecerdasan Linguistik dengan Bermain Tebak Nama pada Anak Usia 5-6 Tahun. Journal on Education, 5(2).
Olivantina, R. A., Olivantina, O., & Suparno. (2018). Universitas Negeri Yogyakarta Universitas Negeri Jakarta JURNAL PENDIDIKAN USIA DINI Volume 12 Edisi 2 , November 2018 Kondisi dan stimulasi yang sesuai dengan kebutuhan anak sangat dibutuhkan untuk mengembangkan berbagai kemampuan anak sehingga perkemban. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(November), 331–340. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpud
Pertiwi, P. W. (2018). Mengembangkan Rasa Percaya Diri Anak Melalui Metode Bercerita Menggunakan Wayang Kardus Pada Kelompok B Di Ra Annur Purworejo Kecamatan Donomulyo Kabupaten Malang Tahun 2017/2018. Universitos Nusontaro PGRI Kediri.
Riyadi, A. (2019). Identifikasi Faktor Penyebab Siswa Kurang Percaya Diri Di Sd Negeri 2 Wates. Basic Education, 8(2), 176–188. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pgsd/article/view/14730
Sholichah, M., & Andajani, S. J. (2017). Efektivitas Penggunaan Media Wayang Koran Dalam Pembelajaran Keterampilan Bercerita Anak Kelompok B. Jurnal PAUD Teratai, 6(2).
Taulany, H., & Prahesti, S. I. (2019). Media Pembelajaran Wayang Huruf untuk Meningkatkan Kosa Kata Bahasa Inggris Anak Usia 4-6 Tahun. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 1(2).
Wulandari, D., & Handayani, S. S. D. (2021). The Contribution of Fashion Show Activity to Improve Self-Confidence of Children Age 5-6 Years in TK Al Azzam Jatisari Mijen. BELIA: Early Childhood Education Papers, 10(1), 23–29.
Yoder, Jean & Proctor. W. (1988). The Self-Confident Child.
Published
2024-08-02