Analisis Menu Bekal Anak terhadap Kualitas Gizi Anak

  • Nika Cahyati STKIP Muhammadiyah Kuningan
Keywords: menu bekal anak, makanan bergizi, gizi anak

Abstract

Makanan yang dikonsumsi anak dapat mempengaruhi perkembangan anak usia dini. Faktor yang mempengaruhi perkembangan anak usia dini yaitu asupan nutrisi dan gizi yang terkandung dalam makanan yang dikonsumsi anak. Permasalahan gizi sering terjadi pada anak usia dini saat ini diantaranya anak jarang memakan menu dengan gizi seimbang, memilih makanan kemasan, mengkonsumi “junk food”, dan mengkonsumi makanan yang tidak sehat. Pengetahuan orang tua tentang gizi berperan penting dalam menentukan menu makan anak dengan gizi seimbang. Pemberian gizi seimbang dapat diberikan melalui menu bekal anak. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui hubungan menu bekal terhadap gizi anak. Metode kegiatan yang dilakukan adalah penelitian kualitatif. Hasil yang diperoleh ditemukan hubungan menu bekal terhadap gizi anak.

References

Amourisva, S. A. (2015). Kontradiksi Kebiasaan Jajan Pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Majority, 4(2), 143–146
Anggraini, I. R. (2014). Perilaku Makan Orang Tua dengan Kejadian Picky Eater pada Anak Usia Toddler. Jurnal Keperawatan, 5(2), 154–162.
Anzarkusuma, I. S., Mulyani, E. Y., & Jus’at, I. (2014). Status Gizi Berdasarkan Pola Makan Anak Sekolah Dasar di Kecamatan Rajeg Tangerang. Indonesian Journal of Human Nutrition, 1(2), 135–148.
Arifin, Z. (2015). Gambaran Pola Makan Anak Usia 3-5 Tahun dengan Gizi Kurang di Pondok Bersalin Tri Sakti Balong Tani Kecamatan Jabon-Sidoarjo. Jurnal Midwiferia, 1(1), 17–29.
Arikunto, Suharsimi. 1996. Prosedur Penelitian: Suatu pendekatan Praktek. Jakarta : Bina Aksara.
Cinintya. R. F., Rachmawati. D. A., dan Hermansyah. Y. (2017). Hubungan Konsumsi Karbohidrat dengan Tingkat Tekanan Darah pada Komunitas Lansia di Sumbersari Jember. Journal of Agromedicine and Medical Sciences, 3(1), 11-18.
Devi, N. (2012). Gizi Anak Sekolah. Jakarta: Buku Kompas
Elisa, A. (2012). Determinan Status Gizi Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 7(2), 122–126.
Hamida, K. (2012). Efektivitas Penyuluhan Gizi dengan Media Komik untuk Meningkatkan Pengetahuan Tentang Keamanan Makanan Jajanan Sekolah Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 8(1), 69–76.
Hayatus, R., Herman, R. B., & Sastri, S. (2014). Artikel Penelitian Hubungan Status Gizi dengan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Negeri 01 Guguk Malintang Kota Padangpanjang. Junal Kesehatan Andalas, 3(3), 460–465.
Herawaty, D. (2020). Pengawasan Asupan Gizi Anak Usia Dini di Lembaga PAUD oleh Pendidik Melalui Program “MUSIM SEMI”. Jurnal Ilmiah PESONA PAUD, 7(2), 114-123.
Irnani, H. dan Sinaga, T. (2017). Pengaruh pendidikan gizi terhadap pengetahuan, praktik gizi seimbang dan status gizi pada anak sekolah dasar. Jurnal Gizi Indonesia (The Indonesian Journal of Nutrition), 6(1), 58-64.
Kurnia, R. (2015). Pendidikan Gizi Untuk Anak Usia Dini. EDUCHILD, 2(5), 109-114.
Kustriyani, M., Widyaningsih, T. S., & Prasertyo, A. (2017). Hubungan Peer Group Support dengan Perilaku Memilih Jajanan Sehat pada Anak Usia Sekolah di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Mukmin Prawoto Kota Pati. Jurnal Unimus, 1(1), 334–342.
Meliala H., Siagian A & Nasution E., (2014). Perilaku Ibu Dalam Penyiapan Bekal Makanan Dan Sumbangannya Terhadap Kecukupan Gizi Anak Tk Aisyiyah Busthanul Athfal Tanjung Sari Medan Tahun 2014. Gizi, Kesehatan Reproduksi dan Epidemiologi, 1(1), 1-6.
Nasution. M. Nur. (2004). Manajemen Jasa
Terpadu. Bogor: Ghalia Indonesia.
Ningsih, Y. A., Restuastuti, T., & Suyanto. (2016). Gambaran Status Gizi pada Siswa Sekolah Dasar Kecamatan Rangsang Kabupaten Kepulauan Meranti. JOM FK, 3(2), 1–12.
Noviani, K., Afifah, E., & Astiti, D. (2016). Kebiasaan Jajan dan Pola Makan serta Hubungannya dengan Status Gizi Anak Usia Sekolah di SD Sonosewu Bantul Yogyakarta. Jurnal Gizi Dan Dietetik Indonesia, 4(2), 97–104.
Prasanti, D. (2018). Penggunaan Media Komunikasi Bagi Remaja Perempuan dalam Pencariann Informasi Kesehatan. Jurnal Lontar, 6 (1), 13-21.
Direktorat Jenderal Bina Gizi dan Kesehatan Ibu dan Anak. Pedoman Gizi Seimbang. Jakarta: Kementrian Kesehatan RI; 2014.
Purbowati, dkk. Edukasi Gizi untuk Meningkatkan Kualitas Bekal Makan Anak Usia Prasekolah di TK Teladan Dharma Wanita Ungaran. Jurnal Indonesian Journal of Community Empowerment.
Rahmawati. A, dkk. (2020). Analisi Pola Makan Anak Usia Sekolah. JKKP: Jurnal Kesejahteraan Keluarga dan Pendidikan, 7(1), 38-50.
Ronitawati. P, dkk. (2020) “Gerebek Sekolah” (Gerakan Membawa Bekal Makan dan Minum ke Sekolah) Sebagai Upaya Pemenuhan Gizi Murid SDN Pesanggrahan 02 Jakarta Selatan. Jurnal Masyarakat Mandiri, 4(3), 407-414.
Sambo Mery, dkk . (2020). Hubungan Pola Makan Dengan Status Gizi Pada Anak Usia Prasekolah. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 11(1), 423-429.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata dan Nana Syaodih. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Suryaalamsah Inne Indraaryani, dkk. (2019). Gerebek Sekolah (Gerakan Membawa Bekal Makan dan Minum Ke Sekolah) Sebagai Upaya Pemenuhan Gizi Murid SDN Pesanggrahan 02 Jakarta Selatan. Jurnal Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ.
Umasugi. F, dkk (2010). Kajian Pengaruh Pemahaman Orangtua Terhadal Pemenuhan Gizi Anaj Melalui Lunch Box (Bekal Makanan). Jurnal Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Published
2024-07-31