Pengaruh Konsep Diri terhadap Kemampuan Sosial pada Anak Usia Dini
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh konsep diri terhadap kemampuan sosial anak usia dini di Desa Bandar Khalifah, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang. Konsep diri, yang mencakup pemahaman anak terhadap dirinya sendiri dan karakteristik individu, dianggap krusial dalam membentuk kemampuan sosial yang efektif. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan regresi linier sederhana untuk menganalisis data dari 83 anak TK yang dipilih secara acak dari populasi 480 anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep diri berpengaruh signifikan terhadap kemampuan sosial anak. Data analisis menunjukkan bahwa setiap peningkatan dalam konsep diri anak berhubungan positif dengan peningkatan kemampuan sosial mereka. Temuan ini menegaskan pentingnya mengembangkan konsep diri positif pada anak usia dini untuk meningkatkan kemampuan sosial mereka, termasuk interaksi, komunikasi, dan kerjasama dengan teman sebaya. Manfaat dari penelitian ini adalah memberikan wawasan bagi pendidik dan orang tua tentang bagaimana mendukung perkembangan konsep diri anak guna memperbaiki kemampuan sosial mereka. Implikasi praktis mencakup penerapan metode pembelajaran edutainment yang dapat meningkatkan kesadaran diri anak, serta mengintegrasikan strategi pengembangan konsep diri dalam program pendidikan anak usia dini.
References
Aisyah, S. (2007). Perkembangan dan Konsep Dasar Perkembangan Anak Usia Dini. Universitas Terbuka.
Diane, & Papalia. (2014). Life-Span Development: Perkembangan Masa Hidup (Tiga Belas). Salemba.
Hadi, S. A. (2021). Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia Dini Melalui Permainan Menjaring Ikan. PALAPA : Jurnal Studi Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 9(2).
Khadijah, & Zahriani, N. (2021). Perkembangan Sosial Anak Usia Dini (1st ed.). Merdeka Kreasi Group.
Khaironi, M. (2018). Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age Hamzanwadi University, 3(1), 1–12.
Mishra. (2016). Sel-Concept- A Person’s Concept of Self-Influence. International Journal of Recent Research Aspects, 8–13.
Mufarizuddin. (2018). Useful of Clap Hand Games for Optimalize Cogtivite Aspects in Early. Jurnal Obsesi: Pendidikan Anak Usia Dini, 162–169.
Mukhlis, A., & Mbelo, F. H. (2019). Analisis Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Pada Permainan Tradisional. Jurnal Perkembangan Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 11–28.
Nesna Agustriana. (2013). Pengaruh metode edutainment dan konsep diri terhadap keterampilan Sosial Anak. JURNAL PENDIDIKAN USIA DIN, 7(2).
Nua, A., & Ngura, E. T. (2022). Pentingnya Konsep Diri Untuk Peningkatan Aspek Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Citra Pendidikan Anak , 1(3), 274–282.
Puspitasari, R. N., & Baqi, S. A. (2022). Mengembangkan Kemampuan sosial melalui pendekatan project based learning kelompok B. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini , 30–39.
Rahayu, S., & Aprianti, E. (2021). Meningkatkan kemampuan sosial anak usia dini melalui metode proyek. Jurnal Ceria (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif.
Rakhmat, J. (2007). Psikologi Komunikasi. Remaja Rosdakarya.
Riadi. (2014). Metode Statistika Parametrik dan Nonparametrik. Pustaka Mandiri.
Santrock, J. (2007). Perkembangan Anak. Erlangga.
Saputro, Y. A., & Sugiarti, R. (2021). Pengaruh Dukungan sosial teman sebaya dan Konsep Diri terhadap Penyesuaian Diri pada Siswa SMA Kelas X. PHILANTHROPY: Journal of Psychology, 5(1), 59. https://doi.org/10.26623/philanthropy.v5i1.3270
Sintia, N., Kuswanto, C. W., & Meriyati. (2019). Meningkatkan Kemampuan Sosial Anak Usia Dini Dengan Model Outbound. Jurnal Care Children Advisory Research and Education, 6(2), 1–10.
Sitorus, A. S., & Sit, M. (2015). Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Konsep Diri Terhadap Kemampuan Sosia. Raudhah , 3(1), 14–33.
Siyoto, & Sodik. (2015). Dasar Metodologi Penelitian Dr. Sandu Siyoto .
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D . Alfabeta.
Sutoyo, L. P. R., & Hendriani, W. (2018). Peran Dukungan Keluarga dan Konsep Diri Terhadap Peningkatan Keterampilan Sosial Anak Tunarungu di Sekolah Inklusif. PHILANTHROPY: Journal of Psychology, 2(1), 37. https://doi.org/10.26623/philanthropy.v2i1.1139
Ulfah, M. (2019). PENINGKATAN KEMAMPUAN SOSIAL ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN GELAS BOCOR . Al-Fitrah Journal of Early Chilhood Islamic Education, 2(2), 287–299.
Zahra, Sundari, & Suratno. (2016). Identifikasi konsep diri anak usia dini pada kegiatan menggambar di TK Aisyiyah 1 Seragen. Infantia, 4(2).
Copyright (c) 2024 Ashabul Maimanah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.






