Deskripsi Kemampuan Berpikir Konservasi Anak Kelas 1 Sekolah Dasar Lab Ung Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo

  • Ayu Kartika Mohamad Universitas Negeri Gorontalo
Keywords: Kemampuan Berpikir, Konservasi Anak

Abstract

 Ayu Kartika Mohamad.2024. Deskripsi Kemampuan Berpikir Konservasi Anak Kelas Awal Di SD LAB UNG. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing (I) Icam Sutisna, S. Pd.,M.Pd dan Pembimbing (II) Nunung Suryana Jamin, SE., M. Si.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berpikir konservasi anak kelas awal di SD LAB UNG Kecamatan Kota Timur Kota Gorontalo. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif pembahasan tentang kemampuan berpikir konservasi pada anak. Subjek penelitian ini ada 2 orang guru dan 20 siswa yang berada dalam satu kelas yang sama. Pengumpulan data pada penelitian ini melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang ditemukan oleh peneliti yaitu dimana masih terdapat anak yang belum memahami tentang konservasi. Pada konservasi jumlah yang dimana masih terdapat anak yang belum dapat menyebutkan urutan bilangan 1-10, dan anak belum mampu membedakan 6-9 misalnya pada saat anak menghitung banyak jumlah koin, 1,2,3,4, anak langsung menyebutkan 7 tanpa menyebutkan angka yang sesuai urutan bilangan, kemudian pada konservasi panjang salah satunya anak belum mampu membedakan konsep panjang pendek pada jumlah koin, misalnya peneliti meletakan koin dengan jumlah yang sama namun dengan jarak yang berbeda, dan guru memberikan pertanyan kepada anak kemudian anak memberikan jawaban bahwa koin yang panjang jumlahnya lebih banyak, dan pada konservasi padat terdapat anak belum mampu membedakan berat ringannya koin pada wadah yang berbeda, misalnya peneliti mengisi koin pada wadah yang berbeda yang dimana wadah kesatu kecil dan wadah kedua ukurannya lebih besar akan tetapi diisi dengan jumlah koin yang sama namun anak tetap mengatakan bahwa jumlah koin yang terdapat pada wadah yang kecil lebih ringan ketimbang pada wadah besar.

Kata Kunci: Kemampuan Berpikir, Konservasi Anak

References

Adatul’aisy, R., Puspita, A., Abelia, N., Apriliani, R., & Noviani, D. (2023). Perkembangan Kognitif dan Motorik Anak Usia Dini melalui Pendekatan Pembelajaran. KHIRANI: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(4), 82–93.
Ahmad, S. (2017). g alamiah,. Metode Penelitian Kualitatif, 3(17), 43. http://repository.unpas.ac.id/30547/5/BAB III.pdf
Azminah, S. N., Citrasukmawati, A., & Kristanto, W. (2023). Penerapan Pembelajaran STEAM dalam Eksperimen Air dan Energi Panas untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Pendahuluan Perkembangan merupakan suatu istilah yang tidak asing , dimana perkembangan. 40–56.
Cendani, Y., Setiasih, O., & Kurniati, E. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Melalui Bermain Koin Dan Kartu Angka. Edukid, 16(1), 54–65. https://doi.org/10.17509/edukid.v16i1.20727
Dewi, N. M. N. I., Garminah, N. N., & Jampel, I. N. (2013). Kontribusi Kebiasaan Belajar dan Konsep Diri Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar Inti Kecamatan Jembrana. 1.
Djuko, R. U., & Rawanti, S. (2024). Engineering , Art and Mathematic ) Terhadap Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun.
Hasibuan, R., & Suryana, D. (2021). Pengaruh Metode Eksperimen Sains Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1169–1179. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1735
Herentina.T, Y. M. (2012). Peran Orang Tua DalamKegiatan Bermain Dalam perkembangan Kognitif Anak Usia Prasekolah (5-6 Tahun). Jurnal STIKES, Vol 5(No 2), 121–132.
I
i 47
,
BKennedy, L. M., & Johnson, A. (2007). Guiding Children ’ s Learning of Mathematics, Eleventh Edition.
Khadijah, & Armanila. (2017). Bermain dan Permainan Anak Usia Dini. In Pendidikan Islam Anak Usia Dini (Vol. 7, Issue 1).
Khairi, H. (2018). Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini dari 0-6 Tahun. Jurnal Warna, 2(2), 15–28. ejournal.iaiig.ac.id ? index.php ? warna ? article ? download
http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/7556065%0Ahttp://www.pubmedcentral.nih.go v/articlerender.fcgi?artid=PMC394507%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.humpath. 2017.05.005%0Ahttps://doi.org/10.1007/s00401-018-1825-
z%0Ahttp://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/27157931
Naisa, A. N., Haenilah, E. Y., & Syafrudin, U. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Kemampuan Berpikir Kritis Anak 5-6 Tahun Terhadap Pendahuluan Pendidikan anak usia dini merupakan upaya menstimulasi dan mengembangkan. JAMBURA Early Childhood Education Journal, 5(1), 93–104.
Ramda, A. H., Prahmana, R. C. I., Mulu, H., & Gunur, B. (2018). Kemampuan Konservasi Panjang Pada Siswa Usia 6-7. Jurnal Gantang, 3(2), 109–116. https://doi.org/10.31629/jg.v3i2.480
Rohaeni, E. S., & Gunadi, A. (2018). Peningkatan Pengenalan Konsep Bilangan Melalui Media Fauna Pantai Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, II(1), 19–26.
https://jurnal.umj.ac.id/index.php/YaaBunayya/article/viewFile/2808/2215
Rosmayanti, R., Mulyana, E. H., & Elan, E. (2020). Pengembangan Instrumen Untuk Mengukur Berpikir Konservasi Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Paud Agapedia, 3(2), 191–202. https://doi.org/10.17509/jpa.v3i2.26681
Rusandi, & Muhammad Rusli. (2021). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 48–60. https://doi.org/10.55623/au.v2i1.18
Sugihartono. (2016). Pembelajaran Sebagai Hasil Interaksi Individu. 1–23.
Sutisna, I., & Laiya, S. W. (2020). Metode Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. In
UNG Press Gorontalo.
Wulansari, R. (2014). Meningkatkan Hasil Belajar Operasi Hitung Bilangan Pecahan melalui Implementasi Teori Belajar Bruner pada Siswa Kelas IV SD Negeri 04 Wiro Kabupaten Klaten. 278.
Published
2025-02-06