Analisis Kemampuan Membaca Permulaan melalui Media Kartu Gambar

  • Ade Agusriani Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Keywords: Flash Card;, Early Reading Skill;, Early Childhood

Abstract

Membaca permulaan merupakan kemampuan awal yang penting bagi perkembangan anak usia dini secara keseluruhan untuk memahami ilmu lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis berbagai literatur yang berkaitan dengan peran media kartu gambar dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak. Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan jenis studi pustaka. Studi pustaka dilakukan dengan mengumpulkan data menggunakan dokumentasi dari buku dan karya ilmiah jurnal yang relevan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi dengan membaca dan mencatat serta mengelola bahan penelitian kemudian menyimpulkan hasilnya. Hasil penelitian menunjukkan pentingnya penggunaan media yang menarik seperti kartu gambar dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak, serta peran orang tua sebagai motivator, teladan dan fasilitator bagi anak untuk membangun kecintaan anak belajar.  Selain itu, diharapkan agar dalam proses pembelajaran guru sebagai pembimbing anak beraktivitas di sekolah  melakukan inovasi dalam pembelajaran agar anak tidak jenuh selama proses pembelajaran.  Penelitian ini berguna bagi orang tua, guru dan masyarakat dalam mendampingi anak bermain sambil belajar.

References

Anggraeni, P. J. D., Sedeng, I. N., & Putra, A. A. P. (2019). Media Kartu Bergambar Sebagai Media Pengajaran dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Pada Kelompok Belajar B Anak Usia 5-6 Tahun di TK Bali Kiddy. LITERA: Jurnal Litera Bahasa Dan Sastra, 5(2), 26–33.

Anggraeni, S. W., & Alpian, Y. (2020). Membaca Permulaan dengan Teams Games Tournament (TG). Penerbit Qiara Media.

Ani, & Fitria, E. (2019). Peranan Orangtua dalam Mengembangkan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun. Ceria: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 10(1), 11–23.

Ariyati, T. (2014). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Penggunaan Media Gambar Berbasis Permainan. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 8(1), 47–54.

Azhar Arsyad. (2011). Media Pembelajaran. Rajawali Pers.

Choirina, V. (2020). Hubungan kebiasaan orang tua mendongeng dengan buku dan kemampuan membaca permulaan pada anak usia kelompok B. Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 63–69. https://doi.org/10.21831/jpa.v9i1.31354

Dewi, M., Abubakar, S. R., & Hidayat, A. (2020). Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Gambar. Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO, 3(3), 274–281. https://doi.org/10.36709/jrga.v3i3.15397

Fikriyah, Rohaeti, T., & Solihati, A. (2020). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Literasi Membaca Peserta Didik Sekolah Dasar. Dwija Cendekia Jurnal Riset Pedagogik, 4(1), 94–107.

Hajar, S. (2019). Penggunaan Media Gambar dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan pada TK PGRI Jatisela. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 2(2), 91–97. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v2i2.74

Hatiningsih, N., & Adriyati, P. (2019). Implementing Flashcard to Improve the Early Reading Skill. https://doi.org/10.2991/acpch-18.2019.71

Indria, V. P., Sumarsih, & Agustriana, N. (2017). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Metode Membaca Glenn Doman Pada Anak Kelompok A PAUD Sambela Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Potensia, 2(2), 95–100.

Kasari, O. (2020). Tumbuh kembang : Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD Jurnal PG-PAUD FKIP Universitas Sriwijaya. Tumbuh Kembang: Kajian Teori Dan Pembelajaran PAUD Jurnal PG PAUD FKIP Universitas Sriwijaya, 7(November), 97–105. https://doi.org/10.36706/jtk.

Kurnia, R. (2019). Bahasa Anak Usia Dini. Deepublish.

Laely, K. (2013). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Penerapan Media Kartu Gambar. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 7(2), 301–320. https://doi.org/10.21009/JPUD.072.08

Masyithoh, S. (2016). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Balok Huruf Pada Kelompok B TK Negeri Pembina Bantul. Jurnal Pendidikan Anak, 5(2), 798–807.

Meha, N., & Hengelina. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Kartu Kata Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun di Bimba Aiueo Unit Alinda Bekasi Utara. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 21–26.

Nurlaeni, & Juniarti, Y. (2017). Peran Orang Tua dalam Mengembangkan Kemampuan Bahasa Pada Anak Usia 4-6 Tahun. Pelita PAUD, 2.

Partikasari, R., Suryani, N. A., & Imran, R. F. (2018). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Metode Bermainflash Card Subaca Di Paud Al- Anisa Bentiring Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Potensia, 1(2), 36–55.

Salmiati, & Samsuri. (2018). Penerapan Media Flash Card dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Kelompok A PAUD Di Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Buah Hati, 5(2), 118–126.

Utami, R. (2018). Panduan Terampil Membaca. CV Teguh Karya.

Wulandari, T., Rahmawati, A., & Syamsuddin, M. M. (2019). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Picture Word Inductive Model Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Kumara Cendekia, 7(4), 416–427.

Wulansari, T. E. C., Hafidhah, R., & Pudyaningtyas, A. R. (2016). Peningkatan Kemampuan Pengenalan Membaca Permulaan Melalui Permainan Tebak Kata Pada Anak Kelompok B Tk/Ra Cemara Dua Surakarta Tahun Ajaran 2015/ 2016. Universitas Sebelas Maret.

Zed, M. (2004). Metode Penelitian Kepustakaan. Yayasan Obor Indonesia.

Published
2021-02-03