Penerapan Pembelajaran Berbasis Saintifik dalam Kurikulum 2013 untuk Kegiatan Belajar dari Rumah di KB Bintang Kejora

  • Suhartini Nurul Azminah Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Bina Insan Mandiri
  • Alfina Citrasukmawati Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Bina Insan Mandiri
Keywords: Pembelajaran Saintifik, kurikulum 2013, Pembelajaran di rumah

Abstract

Penerapan pembelajaran berbasisi saintifik dalam kurikulum 2013 untuk kegiatan belajar dari rumah dilatarbelakangi oleh kesulitan guru dalam penerapan pembelajaran saintifik dalam kegiatan belajar dari rumah yang dilakukan secara online. Penilitian ini bertujuan memberikan gambaran bagaimana penerapan pembelajaran berbasis saintifik ketika kegiatan belajar di rumah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dimana penelitian ini memberikan gambaran yang sesungguhnya bagaimana proses kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan pendekatan saintifik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran saintifik dilakukan dengan cara menunjukkan gambar/ benda/ video/ atau media lain yang kemudian dihubungkan dengan benda-benda yang ada disekitar anak untuk proses penalaran. Kendala yang dihadapi selama proses pembelajaran adalah hilangnya konsentrasi anak, sedangkan dukungan dalam proses pembelajaran ini adalah kerjasama dari orang tua baik dalam mendampingi anak, pengontrolan jadwal belajar, maupun penyediaan bahan-bahan yang diperlukan dalam proses pembelajaran.

 

Kata kuci: pembelajaran saintifik, kurikulum 2013, Pembelajaran di rumah

References

Ditjen PAUD Dikmas. 2015. Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini Apa, Mengapa, dan Bagaimana. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Ditjen PAUD Dikmas. 2015. Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Ditjen PAUD Dikmas. 2017. Bahan ajar Peran Orang Tua dalam Pembelajaran yang Menyenangkan melalui Saintifik. D.I Yogyakarta: Balai Pengembangan PAUD dan Dikmas

Fadlillah, M. 2012. Desain Pembelajaran PAUD. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Hartati, Sofia. 2005. Perkembangan Belajar Anak Usia Dini, Jakarta: Direktorat Pembinaan AUD

Marwah, dkk. 2017. Pendekatan Saintifik dalam Pengembangan Bahasa Anak di Taman Kanak-Kanak Asoka Kota Makassar. Jurnal Komunikasi KAREBA Vol 6 No. 2 Juli-Desember 2017 https://journal.unhas.ac.id/index.php/kareba/article/view/5322/2874

Mendikbud, 2014. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Lampiran IV hlm. 1

Pebriana, Putri Hana. 2017. Analisis Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan anak Usia Dini, Vol.1 Issue.1 Tahun 2017 https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/issue/download/5/4#:~:text=Sedangkan%20karakteristik%20anak%20usia%20dini,masa%20belajar%20yang%20paling%20potensial.

Sujatmoko, Emmanuel. 2010. Hak Warga Negara Dalam Memperoleh Pendidikan , Jurnal Konstitusi, Volume 7, Nomor 1, Februari 2010

Susilana, Rudi & Heli Ihsan. 2014. Pendekatan Saintifik Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Berdasarkan Kajian Teori Psikologi Belajar. Edutech, Tahun 13, Vol.1, No.2, Juni 2014. https://ejournal.upi.edu

Wiyani, Novan Ardy & Barnawi. 2016. Format PAUD. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Published
2021-08-02