Asesmen Kreativitas Dan Keberbakatan Anak

  • Navila Ngabito Universitas Negeri Gorontalo
  • Yenti Juniarti Universitas Negeri Gorontalo
Keywords: Assessment; creativity; giftedne

Abstract

Penelitian ini berlatarbelakang anak yang mengalami hambatan dalam berinteraksi sosial yang bertujuan untuk mengetahui perkembangan sosial emosional anak yang mengalami hambatan dalam berinteraksi sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif.  Subjek pada penelitian ini adalah salah satu anak disekolah Aisyiyah Bustanul Athfal 7 yang bernama CK usia 5 tahun yang merupakan anak yang memiliki hambatan dalam berinteraksi sosial. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, pengamatan observasi dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa selama masa pertumbuhan dan perkembangan anak akan selalu membutuhkan pengenalan terhadap banyak hal yang baru salah satunya adalah pengenalan dunia luar dan berinteraksi dengan orang lain selain anggota keluarga anak perlu berinteraksi dengan orang baru tetapi dengan pegawasan orang tuanya. Hal inilah yang menyebabkan anak yang bernama CK sulit untuk berinteraksi dengan orang yang baru dia kenal sehingga perlu adanya stimulasi seperti membiarkan anak ber eksplorasi terhadap segala hal yang ingin di ketahuinya.

References

Ismi ranjani (2015). Kreativitas dan Keberbakatan. Diakses 12 tanggal Desember 2019 dari http://ismiranjani.blogspot.com/2015/05/kreativitas-dan-keberbakatan.html?m=1
Dosenpsikologi. 14 Cara Meningkatkan Kreativitas pada Anak yang Wajib Diketahui. Diakses tanggal 13 Desember 2019 dari https://www.google.com/amp/s/dosenpsikologi.com/cara-meningkatkan-kreativitas-pada-anak/amp
Ganil Nurmala, Wantu Tuti, Ardini Pupung Puspa. Identifikasi Kesadaran Diri pada Anak di TK Negeri Pembina Pohuwato. https://ejournal-fipung.ac.id/ojs/index.php/jecej/article/view/50

Pengetahuan Seputar (2017). 17 Pengertian Assessment Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap). Diakses tanggal 17 Desember 2019 dari https://www.seputarpengetahuan.co.id/2017/09/pengetian-assessment-menurut-para-ahli.html
Rahma Saeful Pupu (2009). Penelitian Kualitatif. EQUILIBRIUM, Volume 5, No. 9 Tahun 2009.
Rohani, S.Ag, M.Pd (2017). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Media Bahan Bekas. Jurnal Tarbiyah Vol 5, No. 02 2017 A’yuna Qurrata (2015). Konstribusi Peran Orangtua dan Guru Mata Pelajaran Terhadap Pengembangan Kreativitas Siswa. Jurnal Ilmiah Edukasi Vol 1, No. 1 2015
Semiawan R. Conny. Cetakan Ketiga (2010). Kreativitas Keberbakatan: Mengapa, Apa, dan Bagaimana. Jakarta
Published
2019-07-15