https://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/jecej/issue/feedJambura Early Childhood Education Journal 2025-11-12T12:39:43+00:00Yenti Juniartiyenti@ung.ac.idOpen Journal Systems<p><strong>Jambura Early Childhood Education Journal</strong> is a journal that focuses on early childhood studies, discussing parent-child relationships, multiple intelligences, and pedagogies. This journal is published by the Education Teacher and Early Childhood Education Department, which aims to facilitate professionals, academics, researchers, scholars, and university students who conduct empirical and original work. The Jambura Journal publishes articles on Early Childhood Education twice a year, every January and July.</p> <p>ISSN ONLINE: <strong><a href="http://u.lipi.go.id/1580046597" target="_blank" rel="noopener">2716-2974</a></strong> | ISSN PRINT: <a href="http://u.lipi.go.id/1537939798" target="_blank" rel="noopener"><strong>2654-752X</strong></a></p>https://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/jecej/article/view/4047Pendidikan Jasmani Anak Usia Dini Berbasis Kearifan Lokal: Strategi Pengembangan Gerak Dasar Motorik2025-08-05T17:25:12+00:00Udi Sahudiudisahudi11@unma.ac.idMaya Nurhayatimayanurhayati@unma.ac.id<p><em>Pendidikan jasmani anak usia dini memiliki peran penting dalam membentuk keterampilan motorik dasar, yang menjadi fondasi utama perkembangan fisik dan kognitif anak. Tujuan dari artikel ini adalah untuk mengkaji perkembangan gerak dasar anak usia dini melalui pendidikan jasmani yang berbasis kearifan lokal, khususnya melalui permainan tradisional. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan penyebaran angket dan observasi perkembangan motorik anak usia 4-6 tahun di beberapa lembaga PAUD di Kabupaten Majalengka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan berbasis kearifan lokal, seperti egrang, galah asin, dan congklak, mampu merangsang koordinasi motorik kasar dan halus anak secara alami dan menyenangkan. Rata-rata skor perkembangan motorik anak berada dalam kategori baik. Penelitian ini merekomendasikan penerapan pembelajaran jasmani berbasis budaya lokal sebagai strategi efektif untuk mengembangkan gerak dasar anak usia dini</em></p>2025-07-16T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Udi Sahudi, Maya Nurhayatihttps://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/jecej/article/view/4143Peningkatan Kemampuan Komunikasi Melalui Kegiatan Workshop Pada Anak Usia Dini 2025-08-05T17:24:16+00:00Sarah Nabilasarahnabila432@gmail.comMasganti Sitsarahnabila432@gmail.com<p><em>Penelitian ini bertujuan untuk </em><em>meningkatkan kemampuan komunikasi anak melalui kegiatan workshop. </em><em>Penelitian ini diharapkan dapat menjadi pendekatan yang efektif dalam meningkatkan komunikasi anak usia dini dengan mengedepankan kreativitas, interaksi sosial, dan pendekatan yang lebih menyenangkan. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus</em><em> yang meliputi perencanaan, Tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak di TKQ Miftahul Jannah yang berjumlah 16 orang anak. Data yang dikumpulkan melalui observasi</em><em> dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adanya peningkatan yang signifikan dalam kemampuan komunikasi setelah diterapkan kegiatan workshop pada anak usia dini. Hail ini membuktikan bahwa komunikasi dengan bantuan kegiatan workshop boneka jari sangat efektif untuk anak usia dini dan lebih lancar dalam berkomunikasi. Penelitian ini merekomendasikan agar guru sebaiknya sering membuat kegiatan-kegiatan yang menarik agar kemampuan komunikasi anak teruk meningkat. </em><em>Penelitian ini dapat menjadi referensi bagi pendidikan anak usia dini untuk merancang program pembelajaran yang lebih terstruktur, kreatif, dan menyenangkan bagi anak-anak, khususnya dalam hal pengembangan komunikasi. Penelitian ini merekomendasikan agar guru lebih kreatif melakukan kegiatan workshop dan memanfaatkan berbagai media khususnya dalam bercerita atau diskusi kelompok agar mendorong kegiatan anak untuk lebih berani dalam komunikasi, berinteraksi, dan menyampaikan ide.</em></p>2025-07-30T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Sarah Nabila, Masganti Sithttps://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/jecej/article/view/4127Pengembangan E-Book Mesin Baling-Baling Sederhana Dina Dalam Mengenalkan Konsep Rekayasa2025-08-05T17:34:50+00:00Sherina Wifda210210078@student.ar-raniry.ac.idLina Amelialina@ar-raniry.ac.id<p><em>Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-book interaktif berjudul “Mesin Baling-Baling Sederhana Dina” sebagai media pembelajaran dalam mengenalkan konsep rekayasa kepada anak usia dini. Latar belakang pengembangan ini didasari oleh kebutuhan akan media pembelajaran yang inovatif, menarik, dan sesuai dengan karakteristik belajar anak usia dini yang bersifat konkret dan visual. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Teknik pengemumpulan data melalui kuesioner dan dokumentasi. Pada tahap validasi, e-book memperoleh penilaian “sangat layak” dengan skor 100% dari ahli materi dan 95% dari ahli media. Uji coba implementasi dilakukan di kelas B RA Fathun Qorib dengan melibatkan 18 anak dan 9 responden dari guru dengan menggunakan instrumen yang terdiri dari 17 butir pernyataan, menghasilkan skor rata-rata sebesar 78,92% yang termasuk dalam kategori “layak”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-book ini efektif dan layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar, pemahaman visual dan auditori, serta mendorong kemandirian anak usia dini dalam mengenal konsep rekayasa</em>.</p>2025-07-30T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Sherina Wifda, Lina Ameliahttps://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/jecej/article/view/3904Impementasi Nilai Karakter Nasionalisme pada Anak Usia Dini2025-08-06T06:48:28+00:00Yulansi Kadiryulansikadir6@gemail.comIrvin Novita Arifin irvinnovitaarifin@ung.ac.idSri Wahyuningsi Laiya sripaud@ung.ac.id<p><em>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi nilai karakter nasionalisme pada anak usia dini di TK Negeri Pembina Kecamatan Talaga Jaya, Kabupaten Gorontalo. Latar belakang penelitian ini berangkat dari krisis moral yang dihadapi generasi muda akibat pengaruh negatif perkembangan teknologi dan media sosial. Penanaman karakter nasionalisme dipandang sebagai langkah strategis dalam membangun jati diri bangsa sejak dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif fenomenologis. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Fokus penelitian diarahkan pada empat indikator utama nilai nasionalisme: lambang negara, lagu kebangsaan, presiden dan wakil presiden, serta Pancasila.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanaman nilai karakter nasionalisme telah dilaksanakan melalui berbagai kegiatan rutin seperti upacara bendera, menyanyikan lagu kebangsaan, pengenalan simbol negara, dan pembelajaran tematik tentang budaya lokal dan nasional. Anak-anak menunjukkan antusiasme tinggi dalam mengikuti kegiatan, serta mulai menunjukkan perubahan perilaku positif seperti mengenali dan menghargai simbol negara, menyebut Indonesia sebagai "negaraku", dan memahami nilai-nilai dasar kebangsaan. Namun, tantangan masih ditemukan dalam hal pemahaman anak terhadap konsep nasionalisme yang abstrak, kurangnya keteladanan dari lingkungan keluarga, serta pengaruh budaya luar. Oleh karena itu, sinergi antara sekolah, guru, dan orang tua menjadi sangat penting dalam mengoptimalkan pendidikan karakter nasionalisme pada anak usia dini</em></p>2025-07-15T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Yulansi Kadir, Irvin Novita Arifin , Sri Wahyuningsi Laiya https://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/jecej/article/view/4133Penerapan Ape Dadu Raksasa Untuk Meningkatkan Literasi Anak Usia Dini di Ra Takrimah Tungkob2025-08-08T09:51:21+00:00Maulida Maulida210210063@student.ar-raniry.ac.idFaizatul Faridy 210210063@student.ar-raniry.ac.id<p style="text-align: justify;"><em>Literasi pada anak usia dini ialah kemampuan anak terhadap memah</em><em>a</em><em>mi dan menggunakan bahasa tertulis. Bahasa juga merupakan alat komunikasi untuk mengungkapkan ide dan isi hat</em><em>i</em><em>. Berdasa</em><em>r</em><em>kan hasil observasi awal </em><em>yang dilakukan </em><em>di RA Takrimah </em><em>T</em><em>ungkob </em><em>ditemukan </em><em>masih terbatasnya per</em><em>bendaharaan</em><em> kosa kata dan masih minim media pembelajaran</em><em> yang digunakan</em><em>, </em><em>Adapun media yang digunakan kurang tepat sehingga anak kurang tertarik terhadap pembelajaran</em><em>. Penelitian </em><em>bertujuan untuk </em><em> melihat adakah peningkatan</em><em> dalam</em><em> penerapan APE Dadu Raksasa untuk meningkatkan literasi anak usia dini di RA Takrimah Tungkob. Metode penelitian yang </em><em>digunakan yaitu</em><em> penelitian kuantitatif dengan</em><em> pendekatan Pre-Eksperimen</em><em> menggunakan </em><em>teknik</em><em> penelitian</em><em> Sampling. Hasil penelitian menunjukkkan bahwa penerapan Ape Dadu Raksasa berkontribusi secara signifikan terhadap kemampuan literasi anak usia 5-6 tahun di RA Takrimah Tungkob. Temuan ini didasari oleh hasil pretest yang dilakukan sebelum perlakuan, yang mana nilai rata-rata yang didapati murid 8.5 dan dikatagorikan dalam kriteria ‘muncul sebagian kecil’. Setelah diberikan tiga kali (treatment), nilai rata-rata posttets bertambah jadi 13, yang masuk kedalam kriteria ‘muncul pada keseluruhan kegiatan’. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai t<sub>hitung </sub>12.362 lebih besar dari pada nilai t<sub>tabel </sub>1.706, sehingga terdapat dasar untuk menolak H<sub>o</sub> dan Menerima H<sub>a</sub>. sehingga bisa dikatakan bahwasanya penggunaan Ape Dadu Raksasa dapat meningkatkan Literasi RA Takrimah Tungkob.</em></p>2025-07-30T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Maulida Maulida, Faizatul Faridy https://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/jecej/article/view/4064Pengaruh Aplikasi 123 Numbers terhadap Pemahaman Konsep Bilangan 1–20 pada Anak 5-6 Tahun2025-08-08T09:59:13+00:00Fatya Anggriyani Hamdatafatyahamdata@gmail.com Icam Sutisnaicamsutisna@ung.ac.idYenti Juniarti yenti@ung.ac.id<p><em>Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penggunaan aplikasi 123 Numbers terhadap pemahaman konsep angka 1–20 pada anak usia 5–6 tahun di kelompok B TK Dahlia Milangodaa, Kecamatan Tomini, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode pra-eksperimental, menggunakan desain satu kelompok pre-test dan post-test. Sampel penelitian berjumlah 15 anak. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata dari pre-test sebesar 16,41 menjadi 23,00 pada post-test. Uji hipotesis menggunakan regresi linier menunjukkan bahwa hipotesis alternatif (Hi) diterima dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 (< 0,05). Temuan ini membuktikan bahwa penggunaan aplikasi 123 Numbers berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan pemahaman konsep angka 1–20 pada anak usia 5–6 tahun di TK Dahlia Milangodaa.</em></p>2025-07-30T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Fatya Anggriyani Hamdata, Icam Sutisna, Yenti Juniarti https://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/jecej/article/view/3889Pengaruh Aplikasi Serial Belajar Si Kecil Terhadap Kemampuan Higher Order Thingking Skills Pada Anak di Kelas B2025-08-08T10:06:04+00:00Misdalia Salilomizdahlia02@gmail.comSri Wahyuningsih Laiyasri.paud@ung.ac.idRapi S Djukorapi.djuko@ung.ac.id<p><em>Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh Aplikasi Secil terhadap pengembangan Higher Order Thinking Skills (HOTS) anak usia 5-6 tahun di TK Sekawan Telaga Biru, Kabupaten Gorontalo. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif eksperimen dengan desain Pretest-Posttest Control Group, melibatkan 28 anak yang dibagi secara acak menjadi kelompok eksperimen (penggunaan aplikasi Secil) dan kelompok kontrol (pembelajaran konvensional). Data dikumpulkan melalui instrumen tes HOTS dan dianalisis menggunakan uji statistik. Hasil uji One-Sample Test menunjukkan nilai signifikan pada kedua kelompok. Kelompok kontrol memperoleh t(13)=36.292, p=0.000 dengan mean difference 12.286, sedangkan kelompok eksperimen mencapai t(13)=31.217, p=0.000 dan mean difference 18.429. Selisih mean yang lebih tinggi pada kelompok eksperimen (18.429 vs 12.286) membuktikan bahwa aplikasi Secil memberikan dampak lebih besar dalam meningkatkan HOTS dibanding metode konvensional Penelitian ini mengkonfirmasi efektivitas Aplikasi Secil sebagai media pembelajaran interaktif untuk mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi anak usia dini. Penelitian merekomendasikan penggunaan aplikasi ini sebagai alternatif pembelajaran inovatif dengan tetap mempertimbangkan kebutuhan pendampingan oleh pendidik. Implikasi penelitian menunjukkan pentingnya integrasi teknologi dalam pendidikan anak usia dini untuk mengoptimalkan perkembangan kognitif.</em></p>2025-07-30T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Misdalia Salilo, Sri Wahyuningsih Laiya, Rapi S Djukohttps://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/jecej/article/view/3854Pengaruh Aplikasi Tiktok Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini Di Tk Baturapa2025-08-08T10:15:28+00:00Agnes Tasya NaniAgnesnani177@gmail.comWenny Hulukatiwennyhulukati@ung.ac.idRapi S Djukorapi.djuko@ung.ac.id<p style="text-align: justify;"><em>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Aplikasi Tiktok Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini Di Tk Baturapa Desa Langi Kecamatan Bolangitang Barat Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Peneliti menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen yang digunakan adalah pre-eksperimental design dengan bentuk one Group pret-test & post-test design. Hasil penelitian dengan jumlah sampel 16 anak menunjukkan ada nya perbedaan besaran rata – rata dari hasil pre-test dan post-test sebesar 9,1 dan 13,7. Adapun hasil uji hipotesis menunjukkan hipotesis (Hi) diterima dengan uji regresi linier nilai signifikan 0,000 dan <0,05. Hal ini membuktikan bahwa ada pengaruh signifikan penggunaan aplikasi tiktok terhadap perkembangan motorik kasar anak usia dini di tk baturapa desa langi kecamatan bolangitang barat kabupaten bolaang mongondow utara </em></p> <p style="text-align: justify;"> </p>2025-07-30T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Agnes Tasya Nani, Wenny Hulukati, Rapi S Djukohttps://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/jecej/article/view/3512Pengetahuan Program Pencegahan Kekerasan Seksual Anak Usia Dini2025-08-20T06:57:01+00:00Andi Nur Rahmiandinurrahmi25@gmail.comWa Ode Aprilia Per Maisuariwaodeapriliapermaisuari025@gmail.comSitti Nurhidayah Ilyasnurhidayah.ilyas@unm.ac.idUsman Usmanusman6609@unm.ac.idHerlina Herlinahjherlina09@gmail.comRahayu Rahayurahayumahsyar@unsamakassar.ac.id<p style="text-align: justify;">Lingkungan mempunyai dampak sangat besar pada tahapan tumbuh kembang anak. Meskipun beberapa lingkungan memberikan keamanan dan kehangatan, dampak lain lingkungan adalah memberikan pengaruh negatif. Kekerasan terjadi pada anak-anak karena terkena dampak dari lingkungannya. Setiap tahun jumlah kekerasan pada anak kian bertambah. Kekerasan yang dialami oleh anak bevariasi mulai dari kekerasan verbal hingga fisik anak. Sebenarnya perlindungan terhadap anak telah jadi perhatian penting bahkan tercantum dalam undang-undang. Selain itu, banyak pula lembaga-lembaga pemerintah dan non pemerintah yang berfokus kepada kesejahteraan anak. Namun, kekerasan pada anak bukanlah hal mudah untuk diatasi. Upaya pencegahan dan pemberantasan kekerasan terhadap anak sangat penting dan dihargai. Penting untuk memutus siklus pelecehan terhadap anak-anak, dan kebijakan pemerintah yang proaktif sangat berperan penting dalam mencapai tujuan ini. Studi ini menggunakan metode <em>literature review</em> untuk mengumpulkan, mengevaluasi, dan menyintesis literatur terkait pengetahuan program pencegahan kekerasan seksual pada anak usia dini. Faktor-faktor yang memengaruhi keberhasilan program: partisipasi komunitas, dukungan pihak berkepentingan, dan evaluasi yang berkelanjutan. Namun, juga menjadi tantangan seperti keterbatasan finansial, resistensi masyarakat, dan kurangnya koordinasi antar lembaga perlu diatasi agar program pencegahan dapat memberikan dampak positif yang signifikan. Penelitian selanjutnya dapat memperluas ruang lingkup dengan mengeksplorasi pengaruh budaya lokal, menggali perspektif anak-anak, dan memeriksa dampak inisiatif pendidikan publik. Perlu juga dilakukan studi yang lebih mendalam tentang evaluasi dan pengukuran dampak jangka panjang program.</p>2025-07-30T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Andi Nur Rahmi, Wa Ode Aprilia Per Maisuari, Sitti Nurhidayah Ilyas, Usman Usman, Herlina Herlina, Rahayu Rahayuhttps://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/jecej/article/view/4126Pengaruh Kegiatan Permainan Tradisional Ular Tangga Terhadap Keterampilan Motorik Kasar Anak Kelompok B2025-08-08T10:31:07+00:00Dwi Elyanurdwielyanur@gmail.comDidik Purwantodidikpurwanto1283@gmail.comAmrullah Amrullahamrullah26bs@gmail.comAndi Agusniatihandiagusniatih@gmail.com<p style="text-align: justify;"><em>Kesulitan siswa dalam melakukan kegiatan keterampilan motorik kasar anak menjadi masalah sehingga tujuan penelitian ini untuk memberikan peningkatan kegiatan keterampilan motorik kasar anak dengan menggunakan permainan tradisional ular tangga sebagai media. Sampel yang digunakan adalah anak Kelompok B sebanyak 12 orang dengan menggunakan Teknik purposive sampling. Instrumen dalam mengumpulkan data menggunakan lembar observasi anak yang terdiri dari lembar observasi sebelum diberikan perlakuan dan sesudah diberikan perlakuan. Hasil lembar observasi nilai terendah sebelum perlakuan adalah 3 dan sesudah perlakuan adalah 6 sedangkan hasil lembar observasi tertinggi sebelum perlakuan adalah 10 dan sesudah perlakuan adalah 12. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa menggunakan permainan tradisional ular tangga efektif untuk meningkatkan keterampilan motorik kasar anak kelompok B di TK Negeri Pembina Samporoa</em></p>2025-07-30T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Dwi Elyanur, Didik Purwanto, Amrullah Amrullah, Andi Agusniatihhttps://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/jecej/article/view/4128Efektivitas Media Video Pembelajaran Shalat dalam Meningkatkan Kemampuan Gerakan Shalat Anak Usia Dini2025-08-22T07:18:44+00:00Dhia Rahmadika210210018@student.ar-raniry.ac.idNuraida Nuraidanuraida.ftk@ar-raniry.ac.id<p style="text-align: justify;"><em>Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas media video pembelajaran shalat dalam meningkatkan kemampuan gerakan shalat anak usia dini sebelum dan sesudah penerapan media video pembelajaran shalat. Desain yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest dengan pendekatakan kuantitatif. Metode yang digunakan adalah eksperimen, dengan teknik pengambilan sampel secara ramdom sampling, yaitu sebanyak 24 anak usia 5-6 tahun di RA Takrimah. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi gerakan shalat, yang diberikan pada tahap Pretest dan Posttest. Hasil Pretest menunjukkan nilai sebesar 42,1 dengan rata-rata 1,75. Setelah diberikan perlakuan melalui tiga tahapan pembelajaran menggunakan media video dan penjelasan materi, hasil Posttest meningkat dengan nilai total 69,7 dan rata-rata 2,9. Uji normalitas menggunakan Shapiro-Wilk menunjukkan nilai signifikansi Pretest sebesar 0,819 > 0.05 dan Posttest sebesar 0,114 > 0.05, yang keduanya lebih besar dari 0,05 sehingga data dinyatakan berdistribusi normal. Selanjutnya, Uji t menunjukkan nilai t<sub>hitung</sub> dan t<sub>tabel</sub> 11,049 > 2,067. Maka sig (2-tailed) 0,000 < 0.05, yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, dapat kita simpulkan bahwa media video pembelajaran shalat efektif dalam meningkatkan kemampuan gerakan shalat pada anak usia dini.</em></p>2025-07-30T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Dhia Rahmadika, Nuraida Nuraidahttps://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/jecej/article/view/3969Pengaruh Kegiatan Mendongeng terhadap Kemampuan Menyimak pada Anak2025-08-22T07:22:58+00:00Siti Khumairah Adahuraraadahu08@gmail.comRapi Us. Djukorapi.djuko@ung.ac.idNunung Suryana Jaminnunung_sj@ung.ac.id<p style="text-align: justify;">Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah melalui kegiatan mendongeng dapat meningkatkan kemampuan menyimak pada anak di Tk Sekawan Desa Pentadio Barat. Untuk mengetahui pengaruh kegiatan mendongeng terhadap kemampuan menyimak pada anak di Tk Sekawan Desa Pentadio Barat Kecamatan Telaga Biru kabupaten Gorontalo. Untuk meningkatkan kemampuan menyimak pada anak di Tk Sekawan Desa Pentadio Barat menggunakan media buku dongeng. Jenis penelitian ini adalah Deskriptif Kuantitaitf yang dilaksanakan secara rutin dua kali seminggu. Setiap pertemuan guru memilih cerita yang relevan. Subjek dalam penlitian ini adalah siswa kelas B Tk Sekawan Desa Pentadio Barat dengan jumlah 34 siswa yang terdiri dari 15 anak laki-laki dan 19 anak perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan menyimak anak sebelum di terapkannya kegiatan mendongeng adalah sebesar 19.08. Sebagian besar anak yakni 75% berada pada kategori cukup, dan mengalami peningkatan pada kemampuan menyimak melalui kegiatan mendongeng memperoleh rata-rata nilai 83.33 dengan mayoritas anak-anak berada dalam kategori Baik Sekali.</p> <p style="text-align: justify;"> </p>2025-07-30T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Siti Khumairah Adahu, Rapi Us. Djuko, Nunung Suryana Jaminhttps://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/jecej/article/view/3815Pengembangan Media Video Can You Do Like This? (COOLT) Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 3-4 Tahun2025-08-22T07:33:42+00:00Nur Aisianur.21050@mhs.unesa.ac.idKartika Rinakit AdheNur.21050@mhs.unesa.ac.idMallevi Agustin NingrumNur.21050@mhs.unesa.ac.idDhian Gowinda Luh SafitriNur.21050@mhs.unesa.ac.id<p><em>Secara umum keterampilan motorik anak terbagi menjadi dua, yaitu motorik halus dan motorik kasar. Hal yang mendasari pelaksanaan penelitian ini yaitu pentingnya kemampuan motorik kasar untuk anak dikarenakan anak yang memiliki keterampilan motorik kasar yang baik cenderung memiliki tingkat intelektual yang tinggi. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan produk video Can You Do Like This atau COOLT yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar anak usia 3-4 tahun. Penelitian menggunakan jenis R&D (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Rancangan penelitian yang digunakan yaitu tipe one group pretest-posttest dengan sampel sejumlah 13 anak yang berusia 3-4 tahun di Tessaban 2 School Bansadao, Thailand. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, pengisian angket, dan wawancara. Proses analisis data menggunakan statistic non parametric dengan uji Wilcoxon’s Signed Rank test. Skor yang diperoleh sebesar 0,001 yang mana kurang dari 0,05. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh media ‘COOLT’ terhadap kemampuan motorik kasar anak usia 3-4 tahun di lembaga Anuban Tessaban 2 School Bansadao, Thailand.</em></p>2025-07-30T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Nur Aisia, Kartika Rinakit Adhe, Mallevi Agustin Ningrum, Dhian Gowinda Luh Safitrihttps://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/jecej/article/view/4035Pengaruh Media Maze terhadap Kemampuan Mengenal Bentuk pada Anak Kelompok B2025-08-22T08:10:11+00:00Indah Pratiwi Maudaraindahpratiwimaudara2@gmail.comSri Wahyuningsih Laiyasri.paud@ung.ac.idIcam Sutisnaicamsutisna@ung.ac.id<p style="text-align: justify;"><em>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media maze terhadap kemampuan mengenal bentuk pada siswa kelompok B di TK Negeri Pembina Kwandang, Kecamatan Kwandang, Kabupaten Gorontalo Utara. Mengenal bentuk merupakan salah satu aspek penting dalam perkembangan kognitif anak usia dini yang membantu pemahaman konsep dasar matematika. Metodologi penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain pre-test dan post-test. Sampel penelitian adalah seluruh 20 anak di komunitas penelitian (total sampling). Alat yang digunakan adalah asesmen kemampuan mengenal bentuk yang telah lolos uji validitas dan reliabilitas. Skor rata-rata meningkat antara hasil pra-tes dan pasca-tes, menurut temuan penelitian. Ada perbedaan 30,20 antara skor pra-tes rata-rata 30,40 dan skor pasca-tes 60,60. Skor signifikansi 0,200 (> 0,05) dari uji normalitas menunjukkan bahwa data terdistribusi normal dan layak untuk diuji secara statistik. Selain itu, perbedaan signifikan antara sebelum dan sesudah perawatan ditunjukkan oleh nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 (<0,05) berdasarkan temuan Uji Satu Sampel. Hal ini menunjukkan bagaimana penggunaan media maze membantu anak menjadi lebih mahir dalam mengidentifikasi bentuk. Menurut hasil penelitian, anak dalam kelompok B dapat meningkatkan keterampilan pengenalan bentuk dengan menggunakan media maze sebagai alat pembelajaran. Selain menarik perhatian anak, media maze mendorong partisipasi aktif dan keterampilan berpikir visual, yang memfasilitasi pengenalan bentuk-bentuk sederhana yang menyenangkan dan bermakna.</em></p>2025-07-30T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Indah Pratiwi Maudara, Sri Wahyuningsih Laiya, Icam Sutisnahttps://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/jecej/article/view/4161Pengaruh Teknik Permainan Tradisional Engklek Terhadap Perkembangan Pada Anak Usia Dini Di RA Fatahlah2025-08-22T08:50:27+00:00Nur Dwi Cahyaninurdwicahyani1@gamil.comChitra Charisma Islamiyenti@ung.ac.idEva Gustianayenti@ung.ac.idNIka Cahyaniyenti@ung.ac.id<p><em>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik permainan tradisional engklek untuk meningkatkan perkembangan kognitif pada anak usia dini, latar belakang penelitian ini adalah kemampuan kognitif anak sangat penting untuk perkembangan intelektual dan akademik, melalui permainan tradisional engklek ini dengan mengenalkan lambang bilang dan warna dapat mengembangkan perkembangan kognitif pada anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui obsevasi dan dokumentasi. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak didik di RA Fatahilah Pangkalan yang berjumlah 41 anak didik. Sedangkan sampel penelitian ini menggunakan simple random sampling karena pengambilan nya secara acak. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan uji normalitas data dimana untuk mengetahui apakah distribusi sebuah data mengikuti atau mendekati distribusi normal, kemudian uji homogenitas untuk mengetahui apakah beberapa varian populasi adalah sama atau tidak, dan uji hipotesis (Uji </em><em>wilcoxen</em><em>) untuk melihat perbedaan pretest eksperimen dan posttest eksperimen untuk melihat seberapa besar pengaruh permainan tradisional engklek terhadap perkembangan kognitif pada anak usia dini, dengan bantuan program SPSS dengan basis windows.33.</em></p>2025-07-31T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Nur Dwi Cahyanihttps://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/jecej/article/view/4136Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Focusky dalam Mengembangkan Minat Pra-membaca Anak Usia Dini2025-08-22T09:00:11+00:00Maya Fatimah Durrotul Mukarromahmayamukarromah02@gmail.comChitra Charisma Islamiyenti@ung.ac.idAjeng Rahayu Tresna Dewiyenti@ung.ac.id<p><em>Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh media pembelajaran berbasis Focusky terhadap pengembangan minat pra-membaca anak usia dini di RA Al Munawwaroh. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya minat pra-membaca anak yang disebabkan oleh penggunaan media pembelajaran konvensional yang kurang menarik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimen dan desain one group pretest-posttest. Subjek penelitian berjumlah 15 anak usia 5 tahun di kelas A2 yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, sedangkan analisis data dilakukan dengan uji normalitas, uji paired sample t-test, dan uji N-gain. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan terhadap minat pra-membaca anak setelah menggunakan media Focusky, dengan nilai rata-rata pretest meningkat dari 40,8 menjadi 87,53 pada posttest. Hasil uji t menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, dan nilai rata-rata N-gain sebesar 0,7898 termasuk dalam kategori tinggi. Temuan ini menunjukkan bahwa media Focusky efektif dalam meningkatkan minat pra-membaca anak usia dini. </em></p> <p><strong><em> </em></strong></p>2025-08-06T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Maya Fatimah Durrotul Mukarromahhttps://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/jecej/article/view/4038Pengaruh Aplikasi Solitekids Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia 5-6 Tahun2025-08-22T09:14:35+00:00Dinda Antonidindalalntoni526@gmalil.comNurhayati Tinenurhayati.tine@ung.ac.idSri Wahyuningsi Laiyasri_paud@ung.ac.id<p style="text-align: justify;"><em>Tujua</em><em>l</em><em>n da</em><em>l</em><em>ri penelitia</em><em>l</em><em>n ini a</em><em>l</em><em>da</em><em>l</em><em>la</em><em>l</em><em>h untuk mengeta</em><em>l</em><em>hui penga</em><em>l</em><em>ruh a</em><em>l</em><em>plika</em><em>l</em><em>si solitekids terha</em><em>l</em><em>da</em><em>l</em><em>p kema</em><em>l</em><em>mpua</em><em>l</em><em>n mengena</em><em>l</em><em>l huruf pa</em><em>l</em><em>da</em><em>l</em><em> a</em><em>l</em><em>na</em><em>l</em><em>k usia</em><em>l</em><em> 5-6 ta</em><em>l</em><em>hun di TK seka</em><em>l</em><em>wa</em><em>l</em><em>n desa</em><em>l</em><em> penta</em><em>l</em><em>dio ba</em><em>l</em><em>ra</em><em>l</em><em>t keca</em><em>l</em><em>ma</em><em>l</em><em>ta</em><em>l</em><em>n tela</em><em>l</em><em>ga</em><em>l</em><em> biru ka</em><em>l</em><em>bupa</em><em>l</em><em>ten goronta</em><em>l</em><em>lo. Peneliti mengguna</em><em>l</em><em>ka</em><em>l</em><em>n penelitia</em><em>l</em><em>n kua</em><em>l</em><em>ntita</em><em>l</em><em>tif denga</em><em>l</em><em>n metode eksperimen ya</em><em>l</em><em>ng diguna</em><em>l</em><em>ka</em><em>l</em><em>n a</em><em>l</em><em>da</em><em>l</em><em>la</em><em>l</em><em>h pre-eksperimenta</em><em>l</em><em>l design denga</em><em>l</em><em>n bentuk one Group pret-test & post-test design. Ha</em><em>l</em><em>sil penelitia</em><em>l</em><em>n denga</em><em>l</em><em>n jumla</em><em>l</em><em>h sa</em><em>l</em><em>mpel 15 a</em><em>l</em><em>na</em><em>l</em><em>k menunjukka</em><em>l</em><em>n a</em><em>l</em><em>da</em><em>l</em><em>nya</em><em>l</em><em> perbeda</em><em>l</em><em>a</em><em>l</em><em>n besa</em><em>l</em><em>ra</em><em>l</em><em>n ra</em><em>l</em><em>ta</em><em>l</em><em> – ra</em><em>l</em><em>ta</em><em>l</em><em> da</em><em>l</em><em>ri ha</em><em>l</em><em>sil pre-test da</em><em>l</em><em>n post-test sebesa</em><em>l</em><em>r 28.93 meningka</em><em>l</em><em>t menja</em><em>l</em><em>di 46.60. A</em><em>L</em><em>da</em><em>l</em><em>pun ha</em><em>l</em><em>sil uji hipotesis menunjukka</em><em>l</em><em>n hipotesis (Hi) diterima</em><em>l</em><em> denga</em><em>l</em><em>n uji regresi linier nila</em><em>l</em><em>i signifika</em><em>l</em><em>n 0,000 da</em><em>l</em><em>n <0,05. Ha</em><em>l</em><em>l ini membuktika</em><em>l</em><em>n ba</em><em>l</em><em>hwa</em><em>l</em><em> a</em><em>l</em><em>da</em><em>l</em><em> penga</em><em>l</em><em>ruh signifika</em><em>l</em><em>n pengguna</em><em>l</em><em>a</em><em>l</em><em>n a</em><em>l</em><em>plika</em><em>l</em><em>si solitekids terha</em><em>l</em><em>da</em><em>l</em><em>p kema</em><em>l</em><em>mpua</em><em>l</em><em>n mengena</em><em>l</em><em>l huruf pa</em><em>l</em><em>da</em><em>l</em><em> a</em><em>l</em><em>na</em><em>l</em><em>k usia</em><em>l</em><em> 5-6 ta</em><em>l</em><em>hun di tk seka</em><em>l</em><em>wa</em><em>l</em><em>n desa</em><em>l</em><em> penta</em><em>l</em><em>dio ba</em><em>l</em><em>ra</em><em>l</em><em>t keca</em><em>l</em><em>ma</em><em>l</em><em>ta</em><em>l</em><em>n tela</em><em>l</em><em>ga</em><em>l</em><em> biru ka</em><em>l</em><em>bupa</em><em>l</em><em>ten goronta</em><em>l</em><em>lo. </em></p>2025-08-07T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Dinda Antoni, Nurhayati Tine, Sri Wahyuningsi Laiyahttps://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/jecej/article/view/3495Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Lingkungan Kerja Terhadap Motivasi Serta dampaknya terhadap Kinerja Guru TK di Kab. Gowa2025-10-02T12:09:03+00:00Juliana SelviJulianaselvi57@gmail.comMukarramah Mukarramahmuma105451101116@unismuhmakassar.ac.idMuh. Fachrul Ramadhanfachrulramadhan1005@gmail.comNur Rahmarahmahcm533@gmail.com<p><em>Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh gaya kepemimpinan dan lingkungan kerja terhadap motivasi kerja, serta implikasinya pada kinerja guru TK di Kabupaten Gowa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis jalur (path analysis) dan melibatkan 117 guru TK yang dipilih melalui survei daring. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan dan lingkungan kerja secara signifikan memengaruhi motivasi kerja. Selain itu, gaya kepemimpinan, lingkungan kerja, dan motivasi kerja memiliki dampak langsung terhadap kinerja guru. Analisis jalur mengungkap bahwa pengaruh tidak langsung dari gaya kepemimpinan dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru melalui motivasi kerja lebih besar dibandingkan pengaruh langsungnya. Temuan ini menyoroti pentingnya penerapan gaya kepemimpinan yang efektif dan penciptaan lingkungan kerja yang mendukung untuk meningkatkan motivasi serta kinerja guru. Hasil penelitian ini juga konsisten dengan studi sebelumnya yang menunjukkan hubungan signifikan antar variabel tersebut.</em></p>2025-07-30T17:00:39+00:00Copyright (c) 2025 Juliana Selvi, Mukarramah Mukarramah, Muh. Fachrul Ramadhan, Nur Rahmahttps://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/jecej/article/view/4103Penerapan Metode Karyawisata dalam Meningkatkan Kepedulian Lingkungan pada Anak Usia 3-5 Tahun2025-08-22T09:22:46+00:00Suhartini Nurul Azminahnurul.azmin55@gmail.comHandjarwenihanjarweny@gmail.com<p style="text-align: justify;"><em>Rasa penasaran dan keingintahuan anak ketika mengamati lingkungan disekitarnya merupakan stimulus yang positif dalam merangsang kepedulian anak kepada lingkungan sejak dini. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode karyawisata dan hasil peningkatan rasa kepedulian lingkungan pada anak usia 3-5 tahun di PPT Anggrek dengan menerapkan metode karyawisata dengan metode penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek pada penelitian ini adalah anak yang berusia 3-5 tahun sebanyak 10 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan dokumentasi. Adapun Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) melakukan kunjungan pada Edu City Lontar Sewu Hendrosari dan Taman Anggrek untuk kegiatan memilah sampah kering, menanam bayam, menyiram bunga anggrek,membersihkan lingkungan taman, dan membuang sampah sesuai jenisnya. 2) terjadi peningkatan perkembangan anak pada indikator 1 dari kondisi pra siklus 30% menjadi 90% di siklus II, pada indikator 2 dari kondisi pra siklus 30% menjadi 80% di siklus II, dan pada indikator 3 dari pra siklus 20% menjadi 80% di siklus 2, secara klasikal diperoleh persentase awal sampai akhir adalah 27% pada pra siklus, 53% pada siklus I, dan 83% pada siklus II.</em></p>2025-08-06T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Suhartini Nurul Azminah, Handjarwenihttps://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/jecej/article/view/4269Pengaruh Media Puzzle Angka Terhadap Kecerdasan Logika Matematika Pada Kurikulum Merdeka Anak Usia 4-5 Tahun 2025-11-12T12:39:43+00:00Ammiii Azmiumlazmi42@gmail.com<p style="text-align: justify;"><em>Penelitian ini bertujuan untuk menilai kemampuan, dan menganalisis kemampuan kecerdasan logika matematika pada anak usia 4-5 tahun. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain kuasi eksperimen. Sampel penelitian berjumlah 20 anak, terbagi menjadi 10 anak pada kelompok eksperimen dan 10 anak pada kelompok kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknis analisis data yang di gunakan adalah statistik deskriptif dan analisis nonparametrik. Berdasarkan hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa kecerdasan logika metematika anak yang di beri perlakuan dengan menggunakan puzzle angka pada kelompok eksperimen lebih baik di bandingkan dengan kelompok kontrol. Dapat di lihat dengan melihat hasil dari Wilcoxon Signed Rank Test. Uji Wilcoxon menghasilkan nilai Sign (2-tailed), di mana nilai di bawah 0,05 (misalnya 0,005) mengindikasikan penolakan H0 dan penerimaan H1, yang mengindikasikan adanya perbedaan yang signifikan pada skor kecerdasan logika matematika anak. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan media puzzle angka memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan kecerdasan kognitif anak usia 4-5 tahun di taman kanak-kanak Harindah</em></p>2025-07-31T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Ammiii Azmi