Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sifat-Sifat Benda Melalui Metode Eksperimen di Sekolah Dasar

  • Irvin Novita Arifin UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO
  • Taufik Masengge
Keywords: Hasil Belajar, Sifat-sifat Benda, Metode Eksperimen

Abstract

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sifat-sifat Benda Melalui Metode Eksperimen di Sekolah Dasar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah metode eksperimen dapat meningkatkan  hasil belajar siswa pada materi sifat-sifat benda melalui metode eksperimen di kelas IV Sekolah Dasar. Tujuannya untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada sifat-sifat benda melalui metode eksperimen di kelas IV Sekolah Dasar. Jenis penelitian yakni Penelitian Tindakan Kelas. Hipotesis penelitian jika guru menggunakan metode eksperimen, maka hasil belajar siswa kelas IV  di Sekolah Dasar akan meningkat. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa dengan menggunakan metode eksperimen maka hasil belajar siswa pada materi sifat-sifat benda di kelas IV sekolah dasar meningkat. Adapun hasil yang diperoleh yaitu pada siklus I Siswa yang hasil belajarnya telah mencapai ketuntasan kriteria minimum pada mata pelajaran IPA yang telah ditetapkan sekolah yakni 80 dari jumlah keseluruhan 22 siswa sebanyak 3 siswa dengan presentase 13,64% yang mencapai ketuntasan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut baik proses maupun hasil belajar siswa yaitu dari pemantauan peran aktif siswa masih belum terlihat selama pembelajaran dikarenakan siswa merasa bingung dan kurang semangat dalam pembelajaran, karena belum terbiasa dengan metode yang diterapkan oleh guru, ada beberapa siswa terlihat pasif dalam pelaksanaan pembelajaran. Siswa kurang berani menjawab pertanyaan guru, hanya siswa tertentu terlihat aktif. Berdasarkan data tersebut maka penelitian tindakan kelas ini perlu dilanjutkan pada siklus II. Pada siklus II, Siswa yang hasil belajarnya telah mencapai ketuntasan sebanyak 20 siswa dari keseluruhan jumlah siswa 22 orang dengan presentase 90,9%. Berdasarkan data hasil belajar siswa tersebut maka jelas bahwa metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sifat-sifat benda di kelas V

Published
2020-06-30