Tata Kelola In service Training Guru di SDN Se-Kecamatan Bonepantai Kabupaten Bone Bolango

  • Nista Piyohu Universitas Negeri Gorontalo
  • Fory Armin Naway Universitas Negeri Gorontalo
  • Arwildayanto Universitas Negeri Gorontalo
Keywords: Tata kelola, in service training

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tata kelola in service training guru di SDN Se-Kecamatan Bonepantai Kabupaten Bone Bolango, pada dimensi: (1) analisis kebutuhan in service training; (2) peserta in service training; (3) materi in service training; (4) metode in service training; (5) evaluasi in service training. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis pendekatan eksplanatori. Subjek penelitian terdiri dari 44 orang guru yang tersebar di SDN Se-Kecamatan Bonepantai Kabupaten Bone Bolango. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, survey, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis menggunakan formula persentase. Hasil penelitian menunjukkan: (1) analisis kebutuhan in service training berada pada kategori baik; (2) peserta in service training berada pada kategori cukup baik; (3) materi in service training berada pada kategori cukup baik; (4) metode in service training berada pada kategori cukup baik; (5) evaluasi in service training berada pada kategori cukup baik. Untuk itu disarankan: (1) sekolah, lebih mengoptimalkan tata kelola in service training terkait dengan kebutuhan peserta seperti persoalan sarana prasarana penunjang dan memperhatikan relevansi materi sesuai dengan tuntutan perkembangan dunia pendidikan masa kini; (2) kepala sekolah, agar mengembangkan program-program yang ada dalam in service training sehingga kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi profesional lebih meningkat; (3) guru, hendaknya berpartisipasi aktif dalam setiap penyelenggaraan kegiatan in service training guna meningkatkan wawasan yang lebih luas.

References

Aditama, F. F. (2015). Pemetaan Kompetensi Guru Sebagai Metode Analisis Kebutuhan Diklat (Studi Kasus Di PPPPTK BOE/VEDC Malang). Skripsi. Universitas Negeri Malang.
Ayuba, M., Arwildayanto, A., & Marhawati, B. (2021). Penerapan Penjaminan Mutu Pendidikan. Student Journal of Educational Management, 1(2), 162-173.
Djajadi, M. (2020). Efektivitas Pendidikan dan Pelatihan Guru: Suatu Upaya Meningkatkan Kualitas Pengajaran Fisika. Jurnal Sipatokkong, 1(1), 30-45.
Hidayati, S. (2012). Keikutsertaan dalam Kegiatan MGMP, Supervisi Kunjungan Kelas, In-Service Training, dan Kompetensi Profesional Guru SMP Negeri Sub Rayon 04 Jakenan Pati. Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(1), 73 – 82.
Khasinah, S. (2013). Classroom Action Research. PIONIR: Jurnal Pendidikan, 1(1), 107-114.
Komalasari, K. dkk. (2021). Model In-On Service Training Pengembangan Bahan Ajar PPKn Berbasis Living Values Education Bagi Guru-Guru PPKn. Abdi: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(1), 16-27.
Marhawati, B., & Ansar, A. (2019). Professional Monitoring In Achieving Teacher’s Quality Learning In Industrial Revolution 4.0. In 5th International Conference on Education and Technology (ICET 2019) (pp. 149-151). Atlantis Press.
Musfah, J. (2011). Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan dan Sumber Belajar Teori dan Praktik. Jakarta: Kencana
Nugroho, P. J. (2018). Analisis Kebutuhan Model Pelatihan untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Sekolah Dasar Daerah Terpencil. Jurnal Ilmu Pendidikan, 23(2). 152- 163
Purwanto, N. (2012). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sarkati, S. (2013). Service dan Inservice Training dalam Peningkatan Guru PAI. Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 3(2).
Slameto, S. dkk. (2017). Peningkatan Kinerja Guru Melalui Pelatihan Beserta Faktor Penentunya. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 27(2), 38-47.
Suking, A. (2014). Managing Teachers Resources for Improving Quality of Education: an Experience from Gorontalo, Indonesia. Journal of Education and Practice, 5(33), 80-84.
Sumiharyati, S., & Arikunto, S. (2019). Evaluasi Program In-Service Training Guru SMK di BLPT Yogyakarta. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 7(2), 160-173.
Suprapti, S. (2020). Analisis Tingkat Relevansi dan Efektivitas Diklat In Service Learning 1 PKB Ks/M Kabupaten Pontianak. Jakarta: LPMP Review Kemendikbud.
Syahid, A. (2018). Komponen Evaluasi Pembelajaran Bidang Studi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Jurnal Teknologi Pendidikan Madrasah, 1(1), 33-52.
Taufiq, M. dkk. (2021). Pengelolaan Program In Service Training dalam Pengembangan Metode Jarimatika Pada Guru Bait Qurany Saleh Rahmany Kota Banda Aceh. Jurnal Intelektualita, 7(2), 11-22.
Published
2024-03-20