Tata Kelola In service Training Guru di SDN Se-Kecamatan Bonepantai Kabupaten Bone Bolango
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tata kelola in service training guru di SDN Se-Kecamatan Bonepantai Kabupaten Bone Bolango, pada dimensi: (1) analisis kebutuhan in service training; (2) peserta in service training; (3) materi in service training; (4) metode in service training; (5) evaluasi in service training. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis pendekatan eksplanatori. Subjek penelitian terdiri dari 44 orang guru yang tersebar di SDN Se-Kecamatan Bonepantai Kabupaten Bone Bolango. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, survey, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis menggunakan formula persentase. Hasil penelitian menunjukkan: (1) analisis kebutuhan in service training berada pada kategori baik; (2) peserta in service training berada pada kategori cukup baik; (3) materi in service training berada pada kategori cukup baik; (4) metode in service training berada pada kategori cukup baik; (5) evaluasi in service training berada pada kategori cukup baik. Untuk itu disarankan: (1) sekolah, lebih mengoptimalkan tata kelola in service training terkait dengan kebutuhan peserta seperti persoalan sarana prasarana penunjang dan memperhatikan relevansi materi sesuai dengan tuntutan perkembangan dunia pendidikan masa kini; (2) kepala sekolah, agar mengembangkan program-program yang ada dalam in service training sehingga kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi profesional lebih meningkat; (3) guru, hendaknya berpartisipasi aktif dalam setiap penyelenggaraan kegiatan in service training guna meningkatkan wawasan yang lebih luas.
References
Ayuba, M., Arwildayanto, A., & Marhawati, B. (2021). Penerapan Penjaminan Mutu Pendidikan. Student Journal of Educational Management, 1(2), 162-173.
Djajadi, M. (2020). Efektivitas Pendidikan dan Pelatihan Guru: Suatu Upaya Meningkatkan Kualitas Pengajaran Fisika. Jurnal Sipatokkong, 1(1), 30-45.
Hidayati, S. (2012). Keikutsertaan dalam Kegiatan MGMP, Supervisi Kunjungan Kelas, In-Service Training, dan Kompetensi Profesional Guru SMP Negeri Sub Rayon 04 Jakenan Pati. Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(1), 73 – 82.
Khasinah, S. (2013). Classroom Action Research. PIONIR: Jurnal Pendidikan, 1(1), 107-114.
Komalasari, K. dkk. (2021). Model In-On Service Training Pengembangan Bahan Ajar PPKn Berbasis Living Values Education Bagi Guru-Guru PPKn. Abdi: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(1), 16-27.
Marhawati, B., & Ansar, A. (2019). Professional Monitoring In Achieving Teacher’s Quality Learning In Industrial Revolution 4.0. In 5th International Conference on Education and Technology (ICET 2019) (pp. 149-151). Atlantis Press.
Musfah, J. (2011). Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan dan Sumber Belajar Teori dan Praktik. Jakarta: Kencana
Nugroho, P. J. (2018). Analisis Kebutuhan Model Pelatihan untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Sekolah Dasar Daerah Terpencil. Jurnal Ilmu Pendidikan, 23(2). 152- 163
Purwanto, N. (2012). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sarkati, S. (2013). Service dan Inservice Training dalam Peningkatan Guru PAI. Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 3(2).
Slameto, S. dkk. (2017). Peningkatan Kinerja Guru Melalui Pelatihan Beserta Faktor Penentunya. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 27(2), 38-47.
Suking, A. (2014). Managing Teachers Resources for Improving Quality of Education: an Experience from Gorontalo, Indonesia. Journal of Education and Practice, 5(33), 80-84.
Sumiharyati, S., & Arikunto, S. (2019). Evaluasi Program In-Service Training Guru SMK di BLPT Yogyakarta. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 7(2), 160-173.
Suprapti, S. (2020). Analisis Tingkat Relevansi dan Efektivitas Diklat In Service Learning 1 PKB Ks/M Kabupaten Pontianak. Jakarta: LPMP Review Kemendikbud.
Syahid, A. (2018). Komponen Evaluasi Pembelajaran Bidang Studi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Jurnal Teknologi Pendidikan Madrasah, 1(1), 33-52.
Taufiq, M. dkk. (2021). Pengelolaan Program In Service Training dalam Pengembangan Metode Jarimatika Pada Guru Bait Qurany Saleh Rahmany Kota Banda Aceh. Jurnal Intelektualita, 7(2), 11-22.
Copyright (c) 2023 Nista Piyohu, Fory Armin Naway, Arwildayanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.