NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM PERMAINAN ANAK SUKU BUGIS PAGATAN KABUPATEN TANAH BUMBU

  • Saadah Erliani STKIP PGRI BANJARMASIN
Keywords: Nilai Pendidikan, permainan anak, Bugis

Abstract

Beragam jenis permainan anak nusantara salah satunya permainan tradisional Bugis Pagatan yang memiliki nilai pendidikan dan keunikan tersendiri. Bermain merupakan hal penting bagi seorang anak cara ini dapat melatih keterampilan secara berulang-ulang dan dapat mengembangkan ide kreatif sesuai dengan cara dan kemampuannya sendiri. Dalam bermain itulah anak dapat menerima banyak rangsangan selain dapat membuat dirinya senang serta dapat menambah pengetahuan anak. Dalam proses belajar, anak-anak mengenalnya melalui permainan karena tidak ada cara yang lebih baik yang dapat merangsang perkembangan kecerdasan otaknya melalui kegiatan melihat, mendengar, meraba, dan merasakan, yang semuanya itu dapat dilakukan melalui kegiatan bermain. Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mendeskripsikan kandungan nilai pendidikan dalam permainan anak suku Bugis Pagatan Kabupaten Tanah Bumbu Kalimantan Selatan. Metode dan teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, yaitu memaparkan sebagaimana adanya. Pengumpulan data digunakan teknik observasi, pencatatan, wawancara, perekaman, dan studi pustaka. Hasil penelitian ini menyimpulkan terdapat nilai dalam permainan anak suku Bugis yaitu bersahabat, jujur,mandiri dan terampil, nama permainannya adalahmarraga, maggasing, maggalenceng dan majekka.

References

Andi Muhammad Akhmar, Wahyuddin Pardiman dan Burhanuddin Arofah, Strategi Budaya Bugis Pagatan dalam Menjaga Identitas Ke-Bugis-an dalam Masyarakat Multikultural, Kafata Arkeologi, Vol.13 No. 1, Juli 2017,

E. Susanto, 2013, Pembelajaran Pendidikan Jasmani Berbasis Karakter untuk Meningkatan Nilai-Nilai Afektif di Sekolah Dasar, Jurnal Pendidikan Karakter III (3): 288-301.

Hayati, N., Seriati, N. N., & Nurhayati, L. (2012). Kegiatan bermain berbasis art craft bagi anak usia dini untuk mempromosikan kecintaan pada lingkungan. Jurnal Kependidikan, 42(2), 152-1661.

H.Susanto,2017,Pengembangan PermainanTradisional untuk Membentuk Karakter pada Siswa Sekolah Dasar, Jurnal Moral Kemasyarakatan2(2): 117-130.

Hapidin, Yenina, 2016, Pengembangan Model PermainanTradisional Dalam Membangun Karakter Anak Usia Dini, Jurnal Pendidikan Usia Dini10(2): 201-212.

Hasanah, N.I., 2015. Pengaruh Permainan Tradisional Kalimantan Selatan “Badamprak” Terhadap Perkembangan Kecerdasan Kinestetik Anak Kelompok B Tk Tarbiyatul Athfal Darmawanita Iain Antasari.

https://zulfitrianisaid.blogspot.com/2018/12/makalah-permainan-tradisional-suku-bugis.html di akses tanggal 08 Juni 2021.

Muh. Rusli, Reinterpretasi Adat Pernikahan Suku Bugis Sidrap Sulawesi Selatan, Jurnal Karsa, Vol. 20 No. 2, Desember 2012

St Aminah, Pabittei. 2009. Permainan Rakyat Daerah Sulawesi Selatan. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sulawesi Selatan.
Published
2021-06-30