Pengaruh Bimbingan Kelompok Terhadap Harga Diri Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Kota Gorontalo
Abstract
Harga diri merupakan penilaian individu terhadap dirinya maupun orang lain. harga diri individu dipengaruhi oleh faktor dari luar diri individu dan dari dalam diri individu. Faktor dari luar diri individu terdiri atas: keluarga, guru, teman sebaya, dan tempat kerja. Sedangkan faktor dari dalam diri individu terdiri atas: kepercayaan, amalan, keterampilan pribadi, dan pencapaian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok terhadap harga diri siswa. Penelitian ini mengunakan metode kuatitatif dengan pendekatan eksperimen semu yang menggunakan desain penelitian “One Group Pre-test and Post-test Design” dengan angket sebagai instrumen pengumpul data. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Kota Gorontalo yang berjumlah 378 orang yang terbagi dalam 11 kelas. Sedangkan Yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 15 orang yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Data dianalisis dengan menggunakan uji statistik (uji t). Dari hasil perhitungan diperoleh harga thitung sebesar -5,52 sedangkan tdaftar pada taraf nyata 5% sebesar 2,05. Ternyata harga thitung memperoleh harga lain, atau harga thitung telah berada diluar daerah penerimaan H0, sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan menerima H1. Hal ini berarti bahwa layanan bimbingan kelompok berpengaruh terhadap harga diri siswa.
References
AP, Sofwan., Daharnis., dan Syahniar. (2013). Efektifitas Layanan Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Self-efficacy Siswa. Jurnal Ilmiah Konseling. Vol. 2 No. 2. (diakses 5 April 2020).
Ariesandi. (2012). Harga Diri Kunci Kesuksesan dan Pencapaian Prestasi. Ebook Print 1-15.
Baihaqi, M. (2008). Psikologi Pertumbuhan. Bandung: Rosdakarya
Creswell J. W. 2012. Educational Research Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, 4th edition. University of Nebraska – Lincoln.
Desmita. 2010. Psikologi Perkembangan. Bandung: PT. Remaja. Rosdakarya.
Hidayati. (2014). Hubungan Antara Self-Esteem Dengan Resiliensi Pada Remaja Di Panti Asuhan Keluarga Yatim Muhammadiyah Surakarta.dengan orangtua bercerai (Online). Jurnal Ilmiah Pendidikan Bimbingan dan Konseling. Vol. 2 No. 1 (Diakses 5 April 2020).
Kamila. (2013). Perbedaan Harga Diri (Self Esteem) Remaja Ditinjau dari Keberadaan Ayah (Online). Jurnal Psikologi. Vol. 9 No. 2 (5 April 2020).
Puluhulawa, M., Pautina M. R., dan Djibran, M. R. (2017). Reality Group Counseling to Improving Self-Esteem of Students. Jurnal Guidena. Vol. 7 No. 2. (Diakses, 5 April 2020).
Purwanto, N. 2010. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sarwan, A,. dan Nur’aini. (2018). Pengaruh Bimbingan Kelompok dan Harga Diri Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Kelas X Takengon Aceh Tengah. Jurnal Diversita. Vol. 4 No. 1. (Diakses, 5 April 2020).
Wibowo, S. B. (2016). Benarkah Self Esteem mempengaruhi Prestasi Akademik?. Jurnal Humanitas. Vol. 13 No. 1. (diakses, 5 Aoril 2020).
Copyright (c) 2020 Mohamad Rizal Pautina
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to copy and redistribute the material in any medium or format with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal and also allows to remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially with contributions under the same license as the original.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- Privacy Statement
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.