Pengembangan Literasi Anak Usia Dini Di TK Kemala Bayangkari 01 Padang
Abstract
Perkembangan literasi pada anak berkaitan erat dengan kemampuan membaca dan menulis pada anak. Penelitian ini dilatarbelakangi masih banyaknya praktek pembelajaran literasi atau pembelajaran membaca dan menulis di lembaga Pendidikan Anak Usia Dini yang konvensional. Pembelajaran membaca dan menulis duduk rapi di atas meja seperti praktek literasi di TK yang seharusnya pembelajaran membaca dan menulis pada anak usia dini dilakukan dengan bermain. Prinsip belajar seraya bermain atau bermain seraya belajar tidak boleh hilang pada pembelajaran di PAUD, khususnya pada pembelajaran literasi. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang bersifat pospositivistik. Instrumen penelitiannya adalah peneliti sendiri dengan mengumpulkan data melalui observasi, wawancara secara mendalam, studi dokumentasi dan triangulasi. Penelitian ini meliputi program pengembangan kemampuan literasi, hambatan yang dihadapi guru dalam melaksanakan program dan upaya untuk mengatasi hambatan tersebut. Sumber data penelitian dipilih secara purposive. Data penelitian melalui observasi, wawancara dan studidokumentasi.
References
Al-Wasilah, A Chaedar. (2012). Pokoknya Rekayasa Literasi. Bandung: PT Kiblat Buku Utama.
Gustiana, Asep Deni. (2014). Pengaruh Permainan Modifikasi Terhadap Kemampuan Motorik Kasar dan Kognitif Anak Usia Dini (Studi Kuasi Eksperimen pada Kelompok B TK Kartika dan TK Lab UPI). Jilid 2, Nomor 2, Mei2014.
Hartati, Tatat. (2014). Efektifitas Metode Steinberg dalam Pembelajaran Membaca Permulaan di Sekolah Dasar. Jilid 2 nomer 1, Januari 2014 Hlm 1-160.
Hurlock, Elizabeth B. (1978). Perkembangan Anak Jilid 1Edisi Ke Enam. Jakarta: Erlangga.
Maulani, Susan. (2014). Penerapan Pembelajaran dengan Language Experience Approach dalam Meningkatkan kemampuan Berbicara dan Membaca Dini pada Anak. Jilid 2 Nomor 3 September 2014 hlm 334-505.
Copyright (c) 2022 Dina Fitria

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.