https://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/jjce/issue/feedJambura Journal of Community Empowerment2025-07-29T04:12:09+00:00Mohamad Zubaidizubeth@ung.ac.idOpen Journal Systems<p style="text-align: justify;"><strong> Jambura Journal of Community Empowerment (JJCE)</strong> contains articles of research results and / or analytical-critical studies in the field of out-of-school education specifically on adult education studies, community education, training and human resource development, and community development. The specifications of the study are aimed at exploring, developing, and explaining knowledge about the history, philosophy, principles, policies, designs, and technologies used and developed in educational services outside the school system. JJCE plays a role and participates in efforts to support the preservation of scientific traditions that originate from theoretical studies of researchers and praxis experiences from educational practitioners.</p> <p style="text-align: justify;"><strong>E-ISSN <a href="https://portal.issn.org/resource/ISSN/2721-0480" target="_blank" rel="noopener">2721-0480 </a></strong>/ <strong>DOI Prefix: 10.37411</strong></p>https://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/jjce/article/view/3037Pemberdayaan Kelompok Tani oleh Badan Penyuluhan Pertanian Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Petani2025-06-06T16:20:33+00:00Ikhwan Hanif Firdausikhwan20001@mail.unpad.ac.idDarto Miradhiato2mm@yahoo.com<p>Ketersediaan pangan akan selalu dibutuhkan selama manusia hidup di muka bumi ini. Petani sebagai salah satu subjek utama penyedia kebutuhan pangan dinilai belum sepenuhnya dapat mencapai kesejahteraan. Penulis mengambil contoh studi kasus permasalahan petani di Desa Jangkurang. Penulis melihat bahwa petani di Desa Jangkurang masih jauh dari kata sejahtera, hal ini terjadi karena petani di Desa Jangkurang masih belum berdaya dan mandiri dalam melakukan kegiatan bertaninya. Tingginya ketergantungan terhadap bantuan dan tingkat kesadaran untuk melakukan perubahan merupakan permasalahan dasar yang menjadi penyebabnya. Pada artikel ini akan dibahas mengenai proses pemberdayaan yang dilakukan kepada petani oleh Badan Penyuluhan Penelitian dalam mewujudkan kesejahteraan petani di Desa Jangkurang, Kecamatan Leles, Kabupaten Garut, Indonesia. Pada penyusunan artikel ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif. Proses analisa dan pembahasan didasarkan pada teori tentang pemberdayaan yang dikemukakan oleh Sulistiyani yang mengatakan bahwa dalam mewujudkan pemberdayaan yang efektif membutuhkan 3 (tiga) tahapan, yakni: tahap penyadaran, tahap transformasi, dan tahap peningkatan. Pada akhir penyusunan, penulis menyimpulkan bahwa proses pemberdayaan yang dilakukan oleh BPP berdampak pada peningkatan kesejahteraan petani di Desa Jangkurang. Meskipun, dalam prosesnya pemberdayaan yang dilakukan oleh BPP belum sepenuhnya efektif.</p>2025-06-06T13:39:08+00:00Copyright (c) 2025 Ikhwan Hanif Firdaus, Darto Miradhiahttps://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/jjce/article/view/3318Pengaruh Penggunaan Media Kongkret pada Materi Bangun Ruang untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik2025-06-06T16:20:33+00:00Muhammad Syaiful Arifnayable95@gmail.comFenny Roshayantifennyroshayanti@upgris.ac.idYuni Prihartiyunipr1969@gmail.com<p>Penelitian ini mengkaji pengaruh penggunaan media konkret dalam pembelajaran materi Bangun Ruang terhadap peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik kelas V A SDN Mlatiharjo 01. Media konkret, berupa model fisik tiga dimensi dari bangun ruang, digunakan untuk membantu peserta didik memvisualisasikan dan memahami konsep geometri dengan lebih baik. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen kuasi dengan desain pre-test dan post-test. Sampel penelitian terdiri dari peserta didik kelas V A SDN Mlatiharjo 01. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar kognitif sebelum dan sesudah intervensi penggunaan media konkret. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada hasil belajar kognitif peserta didik setelah penggunaan media konkret dalam pembelajaran Bangun Ruang. Analisis data mengungkapkan bahwa peserta didik memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang sifat-sifat bangun ruang dan dapat menyelesaikan masalah terkait dengan lebih baik.Kesimpulan penelitian ini menegaskan efektivitas penggunaan media konkret dalam meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi Bangun Ruang. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan media konkret sebagai strategi pembelajaran yang efektif untuk topik geometri di tingkat sekolah dasar.</p>2025-06-06T14:16:06+00:00Copyright (c) 2025 Muhammad Syaiful Arif, Fenny Roshayanti, Yuni Prihartihttps://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/jjce/article/view/3330Analisis Kecemasan Berbicara Peserta Didik Kelas 5 Sekolah Dasar pada Presentasi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia2025-06-06T16:20:34+00:00Firdaus Hilda Ramadhanifirdaushildaramadhani@gmail.comDina Prasetyawatidinaprasetyowati@upgris.ac.idFenny Roshayantifennyroshayanti@upgris.ac.idLayla Maulida Rizkylaylarizqi99@guru.sd.belajar.id<p>Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar bertujuan untuk meningkatkan keterampilan komunikasi lisan dan tulisan siswa, termasuk melalui kegiatan presentasi yang mendukung pengembangan literasi. Namun, penelitian ini mengidentifikasi bahwa banyak peserta didik kelas lima mengalami kecemasan berbicara saat presentasi, yang menghambat kepercayaan diri dan kemampuan mereka untuk berkomunikasi secara efektif di depan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat, jenis, dan dampak kecemasan berbicara pada siswa kelas lima saat presentasi mata pelajaran Bahasa Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, kuesioner, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas siswa mengalami kecemasan berbicara pada tingkat sedang. Kecemasan tersebut dapat dikategorikan menjadi kecemasan kondisi, kecemasan sifat, dan kecemasan spesifik situasional. Kecemasan berbicara ini berdampak negatif pada kemampuan siswa dalam menyampaikan presentasi, seperti kesulitan berkonsentrasi dan kurangnya kepercayaan diri. Penelitian ini menyimpulkan bahwa perlu adanya upaya untuk mengurangi kecemasan berbicara pada siswa agar dapat meningkatkan kualitas pembelajaran.</p>2025-06-06T14:53:58+00:00Copyright (c) 2025 Firdaus Hilda Ramadhani, Dina Prasetyawati, Fenny Roshayanti, Layla Maulida Rizkyhttps://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/jjce/article/view/3333Peningkatan Kemampuan Literasi Dasar dengan Pemanfaatan Pocket Book dan Note pada Peserta Didik2025-06-06T16:20:34+00:00Caesar Rikardicawsand.ricardi@gmail.comSudrajat Sudrajatsudrajat@umc.ac.idMulyani Mulyanimulyani892@guru.sd.belajar.id<p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan literasi dasar dengan pemanfaatan Pocket Book dan Note pada siswa SD Negeri Kemakmuran 2. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 4 SD Negeri Kemakmuran 2 yang berjumlah 31 orang. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah metode tes dan observasi dengan analisis deskriptif kuanitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan Pocket Book dan Note dapat meningkatkan kemampuan literasi dasar siswa kelas 4 SD Negeri Kemakmuran 2. Hal tersebut terlihat dari peningkatan kemampuan literasi dasar siswa kelas 4 SD Negeri Kemakmuran 2. Pada siklus I yaitu 81%, dan 94% pada siklus II. Bedasarkan hal itu dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan Pocket Book dan Note dapat meningkatkan kemampuan literasi dasar siswa kelas 4 SD Negeri Kemakmuran 2.</p>2025-06-06T15:20:38+00:00Copyright (c) 2025 Caesar Rikardi, Sudrajat Sudrajat, Mulyani Mulyanihttps://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/jjce/article/view/3849Upaya Peningkatkan Keterampilan Gerak (Motorik Kasar) Anak melalui Permainan Obstacles Game2025-06-07T07:25:35+00:00Muflihah Baktiarmuflihah.baktiar@unsulbar.ac.idUhwah HasanahUswatunHasanah@gmail.comEvy Segarawati AmpryEvySegarawaiAmpry@gmail.comIrmawati MIrmawatiM@gmail.com<p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan motorik kasar melalui penggunaan permainan halang rintang (Obstacles Game). Metode yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang diimplementasikan dengan menggunakan model spiral Kemmis dan Mc Taggart. Objek penelitian adalah anak usia 4-5 tahun di kelompok A PAUD Majene, dengan jumlah anak 28 anak yang terbagi dalam 2 rombel. Peneliti kemudian mengambil 1 rombel yang berjumlah 15 anak sebagai sampel penelitian. Tahap penelitian melibatkan perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Pada siklus pertama, kegiatan permainan halang rintang dijalankan dengan pendekatan berurutan, di mana setiap anak secara berurutan mencoba permainan. Dan pada perbaikan siklus kedua dilakukan dengan pendekatan kompetisi, di mana dua lintasan permainan dibentuk untuk dimainkan oleh sepasang anak. Hasil dari tindakan pada siklus kedua menunjukkan peningkatan yang signifikan pada keterampilan motorik kasar anak.</p>2025-06-06T16:18:07+00:00Copyright (c) 2025 Muflihah Baktiar, Uhwah Hasanah, Evy Segarawai Ampry, Irmawati Mhttps://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/jjce/article/view/3332Penerapan Pembelajaran Multimedia untuk Motivasi Belajar Peserta Didik2025-06-07T23:24:14+00:00Den Ajeng Khuluqiyahajengkhuluqiyah@gmail.comSudrajat Sudrajatsudrajat@umc.ac.idMulyani Mulyanimulyani892@guru.sd.belajar.id<p>Pada penelitian ini bertujuan menyelidiki penerapan pembelajaran multimedia dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di SDN Kemakmuran 2, kelas 3A. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan strategi kolaboratif. Subjek penelitian terdiri dari 31 peserta didik, dengan 20 laki-laki dan 11 perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan multimedia mampu membangkitkan rasa ingin tahu dan minat belajar siswa. Pada siklus 1, tingkat motivasi belajar peserta didik tercatat sebesar 33,33%, dengan hanya 11 peserta didik yang menunjukkan motivasi baik. Setelah penerapan yang lebih efektif pada siklus 2, motivasi meningkat menjadi 80,6%. Selain itu, hasil belajar peserta didik menunjukkan perbaikan signifikan; nilai ketuntasan klasikal meningkat dari 35% pada siklus 1 menjadi 81% pada siklus 2. Penelitian ini mengindikasikan bahwa penggunaan multimedia dalam pembelajaran dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik, serta memberikan kontribusi bagi pengembangan metode pembelajaran yang lebih inovatif. Dengan demikian, penerapan multimedia dalam pendidikan perlu diperkuat untuk mencapai keberhasilan yang lebih optimal dalam proses belajar mengajar.</p>2025-06-08T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Den Ajeng Khuluqiyah, Sudrajat Sudrajat, Mulyani Mulyanihttps://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/jjce/article/view/3736Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Pada Mata Kuliah Pengembangan Media Sederhana2025-06-12T04:53:31+00:00Merrisa Monoarfawidyastri.atirah@gmail.comWidyastri Atirahwidyastri.atirah@gmail.comAbdul Hakimwidyastri.atirah@gmail.com<p>Penelitian ini adalah penelitian pengembangan e-modul yang bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kebutuhan mahasiswa, mengukur validitas dan kepraktisan bahan ajar e-modul. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan R&D (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Teknik analisis yang digunakan terdiri dari teknik deskriptif kualitatif dan teknik statistik deskriptif. Subjek penelitian ini melibatkan dua validator untuk materi dan media, satu dosen pengampuh mata kuliah, serta 30 orang mahasiswa yang dipilih sesuai kebutuhan penelitian. Pengumpulan data menggunakan angket identifikasi kebutuhan mahasiswa, angket validasi materi, angket validasi media, angket uji kelompok kecil, angket uji kelompok besar dan angket tanggapan dosen mata kuliah. Hasil validasi materi dan media mendapatkan kualifikasi sangat baik. Uji coba kepraktisan pada kelompok kecil dan kelompok besar masing-masing memperoleh kuaifikasi sangat praktis, serta tanggapan dosen mata kuliah memperoleh kualifikasi sangat baik. Hasil dari penelitian ini menghasilkan produk bahan ajar e-modul yang dapat digunakan pada pembalajaran.</p>2025-06-10T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Merrisa Manoarfa, Widyastri Atirah, Abdul Hakimhttps://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/jjce/article/view/3381Pengaruh Permainan Pohon Huruf Melalui Model Problem Based Learning Terhadap Keaksaraan Awal Anak Usia 5-6 Tahun2025-06-17T05:54:01+00:00Siti Analidianasitianalidianaa@gmail.comSyamsuardi SyamsuardiSyamsuardi@gmail.comAngri LismayaniAngriLismayani@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan pohon huruf melalui model <em>problem based learning </em>terhadap keaksaraan awal Anak Usia 5-6 Tahun Di Taman Kanak-Kanak Bahana Kabupaten Pangkajene Dan Kepulauan sebelum dan setelah diberi perlakuan dan untuk mengetahui ada atau tidak ada Pengaruh permainan pohon huruf melalui model <em>problem based learning </em>terhadap keaksaraan Anak Usia 5-6 Tahun Di Taman Kanak-Kanak Bahana Kabupaten Pangkajene Dan Kepulauan. Pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimental semu atau quasi experimental design. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 20 orang anak, 10 orang anak kelompok kontrol dan 10 orang anak kelompok eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik non parametrik. Hasil uji Wilcoxon Sign Rank Test terdapat perbedaan yang signifikan antara keaksaraan awal anak yang mengikuti permainan pohon huruf dan anak yang mengikuti kegiatan menggunakan poster huruf, hal ini rata-rata hasil skor keaksaraan awal anak pada kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan rata-rata hasil skor keaksaraan awal anak pada kelompok kontrol.</p>2025-06-17T05:54:00+00:00Copyright (c) 2025 Siti Analidiana, Syamsuardi Syamsuardi, Angri Lismayanihttps://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/jjce/article/view/3416Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Novel 'Shaf' Karya Ima Madani2025-06-17T06:34:52+00:00Siti Munawarasitimunawara28@gmail.comSiti Habibahhabibahbiba382@gmail.comAhmad Bukhariahmadbukhari429@gmail.comNur Iliyyin RomdhanaNuriliyyinromdhanayien@gmail.comMas’odi Mas’odimasodi@stkippgrisumenep.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap konflik batin yang dialami oleh tokoh utama dalam novel Shaf karya Ima Madani, yaitu Shafira, melalui analisis dan deskripsi data yang diperoleh dari novel tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami konflik batin yang dialami Shafira serta mengidentifikasi faktor-faktor yang memicu tekanan batin pada tokoh utama tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan teori psikologi sastra Abraham Maslow, dengan jenis penelitian kualitatif dan metode deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui teknik membaca dan mencatat, kemudian dianalisis serta dideskripsikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konflik batin yang dialami Shafira meliputi trauma, kecemasan, kekecewaan, kebingungan, dan stres. Adapun faktor-faktor penyebab konflik tersebut adalah ketidakterpenuhinya kebutuhan akan rasa aman, penghargaan, penerimaan, serta aktualisasi diri.</p>2025-06-17T06:34:51+00:00Copyright (c) 2025 Siti Munawara, Siti Habibah, Ahmad Bukhari, Nur Iliyyin Romdhana, Mas’odi Mas’odihttps://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/jjce/article/view/3422Pengaruh Penanaman Modal Asing dan Infrastruktur Jalan Terhadap Pertumbuhan Ekonomi2025-06-17T07:08:32+00:00Syaila Azzahraini Siregarsyailazahra115@gmail.comElsa Novri Reginaelsargn29@gmail.comFrandika Situmorangfrandikasitumorang258@gmail.comIntan Febyantiintanfebyanti3@gmail.comKhairul Adli Batubaraadlibatubaraa@gmail.comNasrullah Hidayatnasrullah@unimed.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Penanaman Modal Asing (PMA) dan infrastruktur jalan terhadap pertumbuhan ekonomi di Sumatera Utara selama periode 2016–2023. Metode penelitian menggunakan regresi berganda dengan pengolahan data yang diawali dengan serangkaian uji asumsi klasik untuk memastikan model regresi memenuhi kriteria Best Linear Unbiased Estimator (BLUE). Uji yang dilakukan meliputi uji normalitas, uji autokorelasi, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PMA memiliki dampak positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi. PMA berkontribusi melalui transfer teknologi, penciptaan lapangan kerja, dan peningkatan kapasitas produksi lokal. Infrastruktur jalan juga memiliki pengaruh signifikan, di mana keberadaan jalan yang memadai meningkatkan efisiensi distribusi barang dan jasa, mempercepat mobilitas tenaga kerja, serta memperluas aksesibilitas ke pasar dan fasilitas publik. Kedua variabel ini saling melengkapi dalam mendorong pertumbuhan ekonomi Sumatera Utara. Temuan ini menggarisbawahi pentingnya investasi asing dan pembangunan infrastruktur dalam mendukung pengembangan ekonomi regional.</p>2025-06-17T07:08:32+00:00Copyright (c) 2025 Syaila Azzahraini Siregar, Elsa Novri Regina, Frandika Situmorang, Intan Febyanti, Khairul Adli Batubara, Nasrullah Hidayathttps://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/jjce/article/view/3438Manajemen Program Pelatihan Menjahit Di LPK Anita Kota Serang Banten2025-06-17T07:32:16+00:00Arief Eka Nugraha2221190038@untirta.ac.idSyadeli Hanafisyadeli@untirta.ac.idMochamad Ganiadiganiadi@untirta.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) manajemen program pelatihan menjahit di LPK Anita Kota Serang. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari kepala LPK, Instruktur, dan 5 peserta pelatihan yang mengikuti pelatihan keterampilan menjahit yang ada di LPK Anita Kota Serang Banten. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pelaksanaan program pelatihan menjahit sudah dapat dikatakan memenuhi standar pelaksanaan yang baik, dilihat dari proses perencanaan memutuskan tujuan pelatihan, kurikulum dan materi, biaya pelatihan, dan sarana prasarana.. Manajemen program pelatihan menggunakan teori menurut Menurut Davies yang dikutip oleh Daryanto dan Bintoro manajemen pelatihan sebagai suatu proses, istilah manajemen atau pengelolaan pelatihan berdampingan dengan trisula aktivitas, yakni a) perencanaan, b) pelaksanaan, dan c) evaluasi.</p>2025-06-17T07:32:16+00:00Copyright (c) 2025 Arief Eka Nugraha, Syadeli Hanafi, Mochamad Ganiadihttps://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/jjce/article/view/3517Inovasi Pembelajaran Personalisasi Dalam Mengembangkan Potensii dan Minat Anak Pada Studia Homeschooling2025-06-29T13:46:50+00:00Abira Salsabilaabirasalsabila.2407@gmail.comIla Rosmilawatiirosmilawati@gmail.comHerlina Siregarherlina.siregar@untirta.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan (1) tahapan-tahapan dalam menerapkan pembelajaran personalisasi dalam mengmbangkan potensi dan minat anak di studia homeschooling Jakarta Timur, (2) cara mengembangkan potensi dan minat anak agar pembelajaran personalisasi dapat diterapkan dengan optimal di studia homeschooling Jakarta Timur, (3) manfaat yang didapat pada anak terhadap pembelajaran personalisasi dalam perkembangan potensi dan minat anak yang diterapkan pada studia homeschooling jakarta timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Proses pengumpulan data dilakukan melalui obervasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data kualitatif melibatkan pengumpulan serta pengorganisasian data secara sistematis, yang diperoleh dari wawancara, catatan lapangan, dan sumber-sumber lainnya, sehingga data tersebut mudah dipahami dan dapat disampaikan kepada pihak terkait. Tahapan analisis data dilakukan berdasarkan langkah-langkah yang dijelaskan oleh (Saleh, 2017), yaitu meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.</p>2025-06-29T13:46:50+00:00Copyright (c) 2025 Abira Salsabila, Ila Rosmilawati, Herlina Siregarhttps://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/jjce/article/view/3518Manajemen Pelatihan Barista di Satuan Pendidikan Non Formal (SPNF) Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kota Serang2025-06-29T14:19:43+00:00Dadan Darmawan dadan.darmawan@untirta.ac.idAnnisa Nurbaeti2221210022@untirta.ac.idSholih Sholihsholih@untirta.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen pelatihan barista di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kota Serang, yang meliputi proses perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, pembinaan, penilaian, dan pengembangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap perencanaan, pelatihan dirancang dengan mengidentifikasi kebutuhan peserta dan tujuan pembelajaran yang spesifik. Pada tahap pengorganisasian, sumber daya manusia, dukungan fasilitas, alat dan biaya disusun untuk mendukung keberhasilan pelatihan. Penggerakan dilakukan dengan pemberian arahan atau petunjuk yang sesuai dengan perencanaan yang telah ditentukan. Pembinaan dilakukan melalui pendampingan langsung oleh mentor berpengalaman, sedangkan penilaian mencakup evaluasi proses dan hasil pelatihan untuk memastikan pencapaian kompetensi peserta. Tahap terakhir, pengembangan, difokuskan pada perbaikan program pelatihan berdasarkan masukan dari peserta dan hasil evaluasi. Studi ini menyimpulkan bahwa manajemen pelatihan barista di SKB Kota Serang telah dilaksanakan dengan cukup baik dan memiliki dampak positif terhadap peningkatan keterampilan peserta. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi institusi pendidikan nonformal lain dalam mengelola program pelatihan sejenis.</p>2025-06-29T14:19:42+00:00Copyright (c) 2025 Dadan Darmawan , Annisa Nurbaeti, Sholih Sholihhttps://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/jjce/article/view/3519Pengaruh Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Penguatan Karakter Integritas dan Mandiri2025-06-29T15:26:18+00:00Puspita Dwi Yatmokoyatmokopuspitadwi@gmail.comHerlina Siregaryatmokopuspitadwi@gmail.comDadan Darmawanyatmokopuspitadwi@gmail.com<p>Pendidikan karakter adalah aspek penting dalam membentuk kepribadian siswa. Namun, masih ditemukan siswa dengan karakter yang kurang kuat meskipun telah mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pramuka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh ekstrakurikuler pramuka terhadap penguatan karakter integritas dan kemandirian siswa SMP PGRI 2 Pinang Kota Tangerang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis deskriptif Dari populasi sebanyak 193 siswa, sampel penelitian ditentukan dengan teknik Slovin pada tingkat kesalahan 5%, menghasilkan 130 responden. Data dikumpulkan melalui angket, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan SPSS-25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrakurikuler pramuka memiliki pengaruh signifikan terhadap karakter integritas dan kemandirian siswa. Nilai uji T untuk integritas adalah T-hitung 16,605 (T-tabel 2,268) dengan signifikansi 0,000 < 0,05, sedangkan untuk kemandirian, T-hitung 24,130 (T-tabel 2,268) dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Nilai uji F untuk integritas adalah F-hitung 275,742 (F-tabel 3,067), dan untuk kemandirian, F-hitung 145,563 (F-tabel 3,067).Dapat disimpulkan bahwa ekstrakurikuler pramuka berpengaruh signifikan dalam membentuk karakter integritas dan mandiri siswa.</p>2025-06-29T15:26:17+00:00Copyright (c) 2025 Puspita Dwi Yatmoko, Herlina Siregar, Dadan Darmawanhttps://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/jjce/article/view/3528Pengembangan Bahan Ajar IPAS berbatuan Media Audio Visual Berbasis Problem Based Learning (PBL)2025-06-29T16:20:03+00:00Siti Maghfirohsitimaghfiroh67@guru.sd.belajar.idErik Aditia Ismayaerik.aditia@umk.ac.id<p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar IPAS berbantuan media <em>audiovisual </em>berbasis <em>Problem Based Learning </em>(PBL) pada siswa Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah R&D <em>(research and development)</em> dengan model Dick and Carey. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI Sekolah Dasar sebanyak 25 orang sebagai sampel. Pengumpulan data dilakukan melalui angket validitas dan kepraktisan, serta tes pilihan ganda untuk efektivitas bahan ajar. Analisis data menggunakan uji N-Gain dan uji-t berpasangan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada hasil belajar mata pelajar IPAS materi Cerita tentang Indonesia kita (14,84 poin) siswa setelah menggunakan bahan ajar ini. Peningkatan ini didukung oleh nilai signifikansi uji-t (p < 0,05). Penelitian ini menegaskan bahwa inovasi dalam bahan ajar dan metode pembelajaran, seperti penggunaan media <em>audiovisual</em> dan PBL, dapat memberikan dampak positif yang signifikan terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPAS kelas VI SD.</p>2025-06-29T16:15:43+00:00Copyright (c) 2025 Siti Maghfiroh, Erik Aditia Ismayahttps://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/jjce/article/view/3530Analisis Peran Pemerintah Desa Dalam Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Melalui Pengembangan Usaha Kerajinan Gerabah2025-06-30T02:07:29+00:00Yogi Maulana Ardikamaulana.ardika42@gmail.comSudadio Sudadiodr.dio@untirta.ac.idSuherman Suhermansuherman@untirta.ac.id<p>Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis bagaimana peran pemerintah desa sebagai elemen terdekat dari masyarakat desa untuk membangun kampung gerabah sebagai usaha lokal untuk meningkatkan taraf ekonomi masyarakat di Desa Bumi Jaya, Kecamatan Ciruas Kabupaten Serang. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif yang bersifat deskriptif. Hasil penelitian didapatkan melalui wawancara kepada 9 narasumber yang terdiri dari aparatur pemerintah desa serta para pengerajin gerabah, observasi, dan dokumentasi, serta melalui beberpa sumber tambahan seperti buku, jurnal, dan artikel terkait. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa upaya pemberdayaan masyarakat pada umumnya telah berjalan dengan baik namun dapat lebih dioptimalkan pada aspek pembinaan dan pendampingan. Kemudian hasil pemberdayaan masyarakat yang dilakukan menunjukkan adanya peningkatan ekonomi yang baik, namun dapat dioptimalkan pada aspek permodalan dalam memperluas kesempatan kerja dan memperluas jaringan kemitraan dalam penjualan gerabah. Dan yang terakhir Faktor pendukung dalam pemberdayaan masyarakat melalui pengembangan usaha kampung gerabah meliputi adanya sumber daya alam yang memadai sebagai bahan baku gerabah dan sumber daya manusia yang terampil dalam membuat gerabah. Sedangkan faktor penghambat meliputi masih kurangnya pengetahuan masyarakat terkait penggunaan teknologi pemasaran serta masih kurangnya pemahaman pengrajin mengenai produksi yang sesuai dengan kebutuhan pasar.</p>2025-06-30T02:07:29+00:00Copyright (c) 2025 Yogi Maulana Ardika, Sudadio Sudadio, Suherman Suhermanhttps://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/jjce/article/view/3531Analisis Tingkat Kognitif Soal Sumatif Akhir Semester 1 IPAS Kelas 42025-06-30T02:40:37+00:00Maula Praja Ningrummaulaprajaningrum@gmail.comErik Aditya Ismayaerik.aditia@umk.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis tingkat kognitif soal Sumatif Akhir Semester 1 IPAS kelas 4 tahun ajaran 2023/2024 Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Data pada penelitian ini yaitu level kognitif butir soal IPAS. Sumber data pada penelitian ini yaitu butir soal Sumatif Akhir Semester 1 Tahun Pelajaran 2023/2024 Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus. Penelitian ini dilakukan pada bulan Desember 2023. Data pada penelitian ini dianalisis tingkat kognitifnya melalui kata kerja operasional yang digunakan pada setiap butir soal berdasarkan taksonomi bloom revisi yang kemudian disimpulkan dalam bentuk presentase pada tingkat kognitif. Hasil penelitian ini adalah persentase tiap tingkat kognitif yaitu tingkat kognitif C1 terdapat 27%, untuk tingkat kognitif C2 yakni 33%, sedangkan tingkat kognitif C3 yakni 40%, tingkatan kognitif C3 menjadi kontributor terbanyak tingkat kognitif pada soal Sumatif Akhir Semester 1 IPAS kelas 4 tahun ajaran 2023/2024 Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus. Sedangkan C4, C5, dan C6 tidak terdapat pada soal Sumatif Akhir Semester 1 IPAS kelas 4 tahun ajaran 2023/2024 Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus. Hasil tersebut menunjukkan persebaran tingkat kognitif yang tidak merata dan dominan pada tingkat kognitif C3.</p>2025-06-30T02:40:36+00:00Copyright (c) 2025 Maula Praja Ningrum, Erik Aditya Ismayahttps://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/jjce/article/view/3591Pemberdayaan Perempuan Melalui Kegiatan Eco-Crafting Dalam Meningkatkan Kreativitas Ibu Rumah Tangga2025-06-30T08:19:13+00:00Fanesa Evelin2221210056@untirta.ac.idSholih Sholihsholih@untirta.ac.idHerlina Siregarherlina.siregar@untirta.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang pemberdayaan perempuan melalui kegiatan <em>eco-crafting</em> dalam meningkatkan kreativitas ibu rumah tangga di Yayasan Bina Wanita Bahagia Kota Serang. Pemberdayaan ini dibuat untuk memberikan pengetahuan keterampilan dan pengalaman dalam bidang seni kreativitas kepada ibu-ibu rumah tangga melalui pemanfaatan sampah plastik untuk menciptakan barang-barang kerajinan yang bernilai estetika, bermanfaat dan ramah lingkungan. Pendekatan dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan metode deskriptif, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kegiatan <em>eco-crafting</em> ini tidak hanya meningkatkan keterampilan dan kreativitas ibu-ibu rumah tangga, tetapi juga dapat menjadi <em>healing</em> Ketika sedang mengalami masalah, dapat memperkuat rasa percaya diri dalam menyampaikan ide-ide dan pendapat serta berkomunikasi untuk menjalin hubungan baik dengan ibu-ibu rumah tangga lainnya. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kegiatan <em>eco-crafting</em> ini dapat meningkatkan kreativitas ibu-ibu rumah tangga dalam membuat barang berbahan dasar plastik, maka secara tidak langsung terjadi pembelajaran berkelanjutan, serta kegiatan ini memiliki potensi besar sebagai salah satu strategi pemberdayaan perempuan untuk meningkatkan <em>value</em> diri perempuan bahwa perempuan itu mampu untuk melakukan sesuatu hal yang mungkin dianggap orang tidak mampu.</p>2025-06-30T08:19:12+00:00Copyright (c) 2025 Fanesa Evelin, Sholih Sholih, Herlina Siregarhttps://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/jjce/article/view/3600Praktik Pekerjaan Sosial: PKK Sebagai Agen Kesejahteraan Masyarakat Di RW 05 Kelurahan Malaka Sari2025-06-30T08:55:01+00:00Sarah Meifianasannisameifiana@gmail.comHerlina Siregarherlina.siregar@untirta.ac.idMochamad Ganiadiganiadi@untirta.ac.id<p>Pada Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui praktik pekerjaan sosial program PKK di RW 05 Kelurahan Malaka Sari Jakarta Timur, (2) Peran ganda anggota PKK sebagai pengurus dan pengelola rumah tangga di RW 05 Kelurahan Malaka Sari Jakarta Timur, (3) Tingkat kesejahteraan masyarakat setelah diadakannya program PKK di RW 05 Kelurahan Malaka Sari Jakarta Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Praktik pekerjaan sosial PKK sudah selaras dengan 10 indikator program kerja yang terbagi atas 4 kelompok kerja dan sudah dilaksanakan sebagaimana mestinya, (2) Peran ganda anggota PKK sebagai pengurus dan pengelola rumah tangga dikatakan dapat menjalankan peran gandanya dengan baik di lingkungan domestik maupun di lingkungan publik, walaupun terdapat beban ganda mereka memiliki cara dalam mengatasinya. (3) Tingkat kesejahteraan masyarakat setelah diadakannya program PKK dilihat berdasarkan manfaat atau peningkatan yang didapatkan oleh masyarakat meliputi peningkatan segi materi meliputi rumah sehat layak huni dan makanan bergizi seimbang, segi fisik meliputi layanan kesehatan gratis dan pola hidup bersih sehat, segi mental meliputi pendidikan keterampilan dan ekonomi melalui kewirausahaan, terkahir segi spiritual meliputi keharmonisan dan keagamaan serta gotong royong.</p>2025-06-30T08:52:53+00:00Copyright (c) 2025 Sarah Meifiana, Herlina Siregar, Mochamad Ganiadihttps://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/jjce/article/view/3604Gerakan Literasi Melalui Perpustakaan Desa Dalam Membangun Pengetahuan Masyarakat Kampung Literasi Pekijing2025-06-30T09:33:26+00:00Mia Kusmiatimiaksmtidd@gmail.comIla Rosmilawatiirosmilawati@untirta.ac.idHerlina Siregarherlina.siregar@untirta.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang strategi yang digunakan dalam melakukan gerakan literasi melalui perpustakaan desa, mengetahui keterlibatan masyarakat kampung literasi pekijing dalam mengikuti gerakan literasi dan tantangan yang dihadapi dalam melakukan gerakan literasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari 18 informan yang terdiri dari 3 pengelola, 5 bapak-bapak, 5 ibu-ibu dan 5 anak usia SMP dan SMA. Hasil yang diperoleh berdasarkan penelitian menunjukkan bahwa pengelola perpustakaan desa pekijing memiliki strategi dalam melakukan gerakan literasi seperti menyediakan rak buku ditempat umum, layanan perpustakaan desa, ceramah literasi, jumlah dan ragam buku yang beragam, promosi, pengantaran buku ke rumah warga (home delivery), literasi <em>partnership</em> dan penggalangan dana.Keterlibatan masyarakat dalam mengikuti gerakan literasi sudah terlibat secara langsung dan antusias mengikuti setiap kegiatannya mulai dari keaktifan, kontribusi dana, kontribusi tenaga serta kontribusi tidak nyata seperti pengambilan keputusan, pelaksanaan, pengambilan manfaat dan evaluasi walaupun pada tahap pengambilan keputusan dan evaluasi masih ada beberapa masyarakat yang belum ikut terlibat. Tantangan yang dihadapi dalam melakukan gerakan literasi ialah motivasi masyarakat, pola pikir masyarakat dan ketergantungan handphone.</p>2025-06-30T09:33:26+00:00Copyright (c) 2025 Mia Kusmiati, Ila Rosmilawati, Herlina Siregarhttps://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/jjce/article/view/3522Pengaruh Jumlah Penduduk Terhadap Angkatan Kerja Melalui Capaian Indeks Pembangunan Manusia Berdasarkan Upah Minimum2025-06-30T15:18:28+00:00Mentari Syahputri Purbasenakesia10@gmail.comSena Samosirsenakesia10@gmail.comKezia Br Aritonangsenakesia10@gmail.comAlvaro Deleonsenakesia10@gmail.comRoni Sianturisenakesia10@gmail.comEko Wahyu Nugrahadisenakesia10@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk menguji hipotesis penelitian, dari hasil penelitian diketahui bahwa secara parsial variabel Upah Minimum (X<sub>1</sub>) tidak berpengaruh terhadap pengangguran karena mempunyai signifikan sebesar 0,195 > 0,05 dan nilai t <sub>hitung</sub> (1,304) < t <sub>tabel</sub> (1,984). Dari hasil penelitian diketahui bahwa secara parsial variabel Jumlah Penduduk (X<sub>2</sub>) tidak berpengaruh terhadap pengangguran karena mempunyai signifikan sebesar 0,354 > 0,05 dan nilai t <sub>hitung</sub> (0,931)< t <sub>tabel</sub> (1,984). Dari hasil penelitian diketahui bahwa secara parsial variabel Indeks Pembangunan Manusia (X<sub>3</sub>) berpengaruh terhadap pengangguran karena mempunyai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai t <sub>hitung</sub> (3,880) > t <sub>tabel</sub> (1,984). Berdasarkan hasil uji simultan diperoleh nilai F <sub>hitung</sub> > F <sub>tabel</sub> (10,045 > 2,70) dengan signifikan sebesar 0,001 < 0,05 artinya secara simultan variabel Upah Minimum (X<sub>1</sub>), Jumlah Penduduk (X<sub>2</sub>) dan Indeks Pembangunan Manusia (X<sub>3</sub>) berpengaruh secara simultan dan signifikan terhadap Pengangguran Sumatera Utara (Y). Nilai koefisien determinasi atau Adjusted R Square yaitu 0,215, hal ini berarti seluruh variabel bebas yaitu upah minimum, jumlah penduduk dan indeks pembangunan manusia mampu menjelaskan variabel terikat yaitu Pengangguran sebesar 21,5% dan sisanya sebesar 78,5% dijelaskan oleh variabel lain diluar model penelitian ini.</p>2025-06-30T15:18:27+00:00Copyright (c) 2025 Mentari Syahputri Purba, Sena Samosir, Kezia Br Aritonang, Alvaro Deleon, Roni Sianturi, Eko Wahyu Nugrahadihttps://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/jjce/article/view/4231Respon Mahasiswa terhadap Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning dalam Pengembangan Media Pembelajaran2025-07-28T04:48:19+00:00Asmirinda Resaasmirindaresa2@gmail.comMuhammad Ilham Smuhammadilhams@unsulbar.ac.idFitri Yanty Muchtarfitriyantymuchtar@unismuh.ac.id<p>Pengembangan keterampilan mahasiswa dalam merancang media pembelajaran menuntut adanya model pembelajaran yang inovatif. Salah satu model yang diyakini efektif adalah model pembelajaran <em>Project Based Learning</em> (PjBL), yang menempatkan mahasiswa sebagai subjek aktif dalam proses pembelajaran melalui penyelesaian proyek secara mandiri maupun kolaboratif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan respon mahasiswa terhadap penerapan model pembelajaran PjBL dalam mata kuliah Media Pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui angket yang dibagikan kepada 62 mahasiswa peserta perkuliahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa respon mahasiswa terhadap penerapan model PjBL sangat positif. Mahasiswa merasa lebih termotivasi, aktif, serta mampu berpikir kritis dan kreatif dalam menyelesaikan proyek yang diberikan. Selain itu, mereka juga merasakan peningkatan dalam pemahaman konsep dan keterampilan dalam mengembangkan media pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa model PjBL efektif dalam mendukung proses pembelajaran berbasis praktik, serta mampu meningkatkan keterlibatan dan kemampuan mahasiswa dalam konteks pendidikan dasar. Model ini direkomendasikan untuk diterapkan secara lebih luas dalam perkuliahan berbasis keterampilan.</p>2025-02-24T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Asmirinda Resa, Muhammad Ilham S., Fitri Yanty Muchtarhttps://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/jjce/article/view/4233Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran PPKN untuK Meningkatkan Tanggung Jawab Sosial Siswa2025-07-28T09:53:04+00:00Munawir Anasmunawir.anas@unsulbar.ac.idMuh. Inayah A.Mmuhinayah@gmail.comUhwah Hasanahuhwahasanah@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana nilai tanggung jawab sosial diintegrasikan dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) di sekolah dasar, serta dampaknya terhadap perilaku siswa. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi di SD Negeri 024 Tabang Leleang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menerapkan berbagai strategi integrasi nilai tanggung jawab, baik melalui metode pembelajaran seperti diskusi kelompok, pembelajaran berbasis proyek, dan penilaian reflektif, maupun melalui pembiasaan dalam kultur kelas. Respons siswa terhadap pendekatan ini menunjukkan perubahan positif, seperti meningkatnya kedisiplinan, partisipasi aktif dalam kerja kelompok, dan tumbuhnya inisiatif sosial. Meski demikian, ditemukan pula beberapa tantangan, seperti keterbatasan waktu pembelajaran, latar belakang siswa yang beragam, serta kebutuhan peningkatan kapasitas guru dalam pendidikan karakter. Temuan ini menegaskan pentingnya pendekatan pembelajaran yang kontekstual dan kolaboratif dalam membentuk karakter siswa, serta perlunya dukungan dari seluruh ekosistem pendidikan, termasuk keluarga dan masyarakat.</p>2025-03-24T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Munawir Anas, Muh. Inayah A.M, Uhwah Hasanahhttps://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/jjce/article/view/4236Persepsi Mahasiswa terhadap Problem Based Learning (PBL) Dalam Konteks Pembelajaran Hybrid2025-07-29T03:26:14+00:00Husnul Khatimahhusnul@unsulbar.ac.idFirman Firmanfirman@unsulbar.ac.id<p>Penelitian ini mengkaji persepsi mahasiswa terhadap implementasi Problem-Based Learning (PBL) dalam konteks pembelajaran hybrid di pendidikan tinggi Indonesia. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif-eksploratif, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dan diskusi kelompok terfokus (FGD) dengan mahasiswa semester tiga Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Analisis tematik mengidentifikasi tiga tema utama: persepsi positif terkait fleksibilitas, akses materi, dan interaksi sebaya; tantangan berupa kendala teknis, ketidakjelasan instruksi, dan beban kognitif; serta efektivitas PBL dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis, kolaborasi, dan kemandirian belajar. Meskipun terdapat keterbatasan teknis dan pedagogis, mahasiswa secara umum menilai bahwa PBL dalam konteks pembelajaran <em>hybrid</em> merupakan pendekatan yang relevan dan bermanfaat untuk pembelajaran abad ke-21. Temuan ini menegaskan pentingnya desain instruksional yang adaptif dan dukungan institusional guna menjamin keberlanjutan implementasi PBL hybrid.</p>2025-04-24T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Husnul Khatimah, Firman Firmanhttps://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/jjce/article/view/4238Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) terhadap Prestasi Belajar Siswa2025-07-29T04:12:09+00:00Evi Syarahevi.syarah@unsulbar.ac.idTuti Alawiahtuti.alawiah@unsulbar.ac.id<p>Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami implementasi model PBL dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarga Negaraan (PKn), mengevaluasi prestasi akademik siswa, dan menilai dampak model PBL terhadap prestasi akademik siswa. Sampel penelitian ini terdiri dari 24 siswa dari kelas V. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel X (implementasi PBL) dan variabel Y (prestasi akademik siswa). Teknik pengumpulan data meliputi survei dan dokumentasi. Analisis menggunakan metode kuantitatif deskriptif dan inferensial. Temuan menunjukkan bahwa implementasi PBL di SDN 14 Simbang mencapai skor persentase 99,2% dalam rentang 81-100%, dikategorikan sebagai sangat baik. Dalam hal prestasi akademik siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarga Negaraan (PKn) kelas V di SDN 14 Simbang, diperoleh skor 77%, yang dikategorikan sebagai sangat tinggi. Terdapat efek positif dan signifikan dari model PBL terhadap prestasi akademik siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam untuk kelas V di SDN 14 Simbang, dengan persentase skor 99,2%, sementara 0,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam studi ini. Selain itu, nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05, sehingga hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima.</p>2025-05-08T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Evi Syarah, Tuti Alawiah