MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBILANG ANAK MELALUI MEDIA GAMBAR SAYUR-SAYURAN DI TK AL GHIFARI KOTA KENDARI

  • Laode Muhammad Ramsuddin Universitas Negeri Gorontalo
  • Waode Ekadayanti
Keywords: kemampuan membilang; media gambar sayur-sayuran.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membilang anak melalui penggunaan media gambar sayur-sayuran di TK Al Ghifari Kota Kendari. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah anak kelompok B TK Al Ghifari Kota Kendari yang berjumlah 25 anak didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media gambar sayur-sayuran dapat meningkatkan kemampuan membilang anak di kelompok B TK Al Ghifari Kota Kendari. Hal ini ditunjukkan pada pencapaian kemampuan membilang anak pada siklus I yang hanya mencapai 62,33% meningkat menjadi 91,66% pada siklus II. Langkah-langkah pembelajaran dengan menggunakan media gambar sayur-sayuran yang dilakukan dalam penelitian ini adalah (1) memotivasi anak dan memberikan gambaran mengenai media pembelajaran dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai, (2) guru menjelaskan mengenai media gambar sayur-sayuran kepada anak didik, (3) melibatkan anak secara langsung untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran dengan cara tampil di depan kelas untuk membilang angka yang tertera di media gambar, (4) guru selalu memberi umpan balik dan membimbing anak dalam kegiatan pembelajaran, (5) memberikan reward) kepada anak yang tampil membilang dengan benar, dan (6) mengkondisikan kelas agar selalu tertib dan menyenangkan.

References

Angkono dan Kosasih. 2007. Optimalisasi Media Pengajaran. Jakarta: Grosindo.

Baharudin Shamsudin. 2002. Kamus Matematika Bergambar. Jakarta: Gramedia Widiasana Indonesia.

Khatimah, Khusnul. 2015. Mengembangkan Kemampuan Membilang Angka 1 – 10 melalui Penggunaan Media Gambar Binatang Pada Anak Kelompok A TK PKK Pamongan II Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri. Kediri: Skripsi Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Mutiah, D. 2010. Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Nunik Sulistiati. 2014. Meningkatkan Kemampuan Membilang 1 – 10 melalui Metode bermain Kartu Angka pada Anak Kelompok A3 TK ABA Ketanggungan Yogyakarta. Yogyakarta: Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Pujiati. 2004. Penggunaan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika SMP, Yogyakarta : PPPG Matematika.

Sari Dewi, S. 2014. Peningkatan Kemampuan Mengenal Angka 1-10 Melalui Permainan Menjepit Kartu Angka di Kelompok A TK Kartika IX-10/Cangkurileung Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Sudjana. 2002. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sudjana dan Rivai. 2009. Media Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Yeni Rachmawati. 2010. Strategi Pengembangan Kreativitas pada anak usia taman kanak-kanak. Jakarta : Kencana.

Published
2021-06-05