BEBASKAN ANAK BELAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BANDURA

  • Icam Sutisna Universitas Negeri Gorontalo
Keywords: Pembelajaran; observasional

Abstract

Model pembelajaran Bandura merupakan salah satu dari sekian banyak model pembelajaran yang menarik untuk dipelajari dan diaplikasikan dalam proses pembelajaran. Untuk mengetahui seperti apa model pembelajaran Bandura, tulisan ini yang merupakan sebuah kajian teori akan mendeskripsikannya. Model pembelajaran bandura didasarkan pada teori belajar social (social learning theory). Menurut teori ini bahwa belajar merupakan hasil dari proses observasi pembelajar terhadap suatu model. Orang tua, guru, teman sebaya dapat dijadikan model dalam proses belajar dengan menggunakan pendekatan social learning theory. Ada empat komponen penting dalam model pembelajaran Bandura yang perlu diperhatikan yaitu attentional, retention, motor reproduction dan motivational. keempat komponen inilah yang menjadi hal penting dalam pelaksanaan model pembelajaran Bandura.

References

(2020, Mei Jumat). Retrieved from Kamus Besar Bahasa Indonesia: https://kbbi.web.id/model

Albert, B. (1997). Self Efficacy The Exercise of Control . New York: W.H Freeman And Company.

Ansyar, M. (2015). Kurikulum Hakikat, Fondasi, desain & Pengembangan. Jakarta: Kencana.

Bandura, A. (1977). Social Learning Theory. New Jersey: Prentice-Hall Inc.

Bandura, A. (2015). Moral Disengangement How people Do Harm and Live with Themselves. New York: Worth Publishers.

Berk, L. E. (2012). Chid Development. United State of America: Pearson Education.

Brewer, J. A. (2007). Introduction Early Childhood Education Preschool Through Primary Grades Sixth Edition. United States: Pearson.

FIP-UPI, T. P. (2007). Ilmu dan Aplikasi Pendidikan (kedua ed.). Bandung: PT. IMTIMA.

Hamid, D. (2019). Pengantar Pendidikan Era Globalisasi (Konsep dasar, teori, dan Implementasi dalam Pendidikan Globalisasi. Pontianak: An1mage.

Heinich, R., Molenda, M., Rusesell, J. D., & Smaldino, S. E. (2002). Instructional Media and Technology for Learning Seventh Edition. New Jersey: Merrill Prentice Hall.

Mohamad, A. (2015). Kurikulum Hakikat, Pondasi, Desain dan Pengembangan. Jakarta: Kencana.

Oakley, L. (2004). Cognitive Development. London & New York: Routledge.

Powel, R. A., Honey, P. L., & Symbaluk, D. G. (2013). Introduction to Learning and Behavior (forth edition). USA: Wadsworth.

Salvin, R. R. (2018). Educational Psychology Theory and Practice. USA: Pearson.

Santrock, J. W. (2010). Educational Psychology Fifth Edition. New York: Mc Graw Hill.

Published
2020-06-30