MEDIA ALAM DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SAINS ANAK USIA DINI

  • Irvin Novita Arifin Universitas Negeri Gorontalo
Keywords: Media Alam; Minat Belajar Sains

Abstract

Permasalahan pada penelitian ini adalah apakah media alam dapat meningkatkan minat belajar sains anak usia dini, tujuan penelitian adalah melalui media alam minat belajar sains anak usia dini dapat ditingkatkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan rancangan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang meliputi 4 tahap kegiatan yaitu 1) Tahap Perencanaan. 2) Tahap Pelaksanaan. 3)Tahap Pemantauan dan Evaluasi 4) Tahap Analisis dan Refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan pedoman berupa Lembar Observasi Kegiatan Belajar dan Rencana Kegiatan Harian (RKH) untuk mengukur peningkatan minat anak dalam pembelajaran sains melalui media alam. Dianalisis secara deskriptif dengan mengamati minat belajar anak melalui media alam dan dilakukan dalam 2 siklus. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini setelah dilaksanakan pembelajaran dengan menggunakan media alam pada siklus 1 maupun pada siklus 2 diperoleh peningkatan minat belajar anak pada pelajaran sains menggunakan media alam yaitu kemampuan anak meningkat sebesar 4,16% dari 87,50% meningkat menjadi 91,66% sesuai dengan target yang diharapkan. Sehingga dengan demikian proses pembelajaran sains menggunakan media alam dapat meningkatkan minat anak dalam belajar sains secara optimal.

References

Aqib, Zainal. 2002, Profesionalisme Guru Dalam Pembelajaran Sains. Surabaya: Insan Cendekia.

Arikunto, Suharsimi. 1990, Manajemen Pengajaran. Jakarta: Rineke Cipta.

Arsyad, Azhar. Prof. Dr. 1993. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Ali, Muhammad A.1997. Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Anitah, Sri. Dkk.2009. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta; Universitas Terbuka

Buchori, M. 1993, Psikologi Pendidikan. Jakarta: Aksara Baru.

Davies K, Ivor. 1991, Pengelolaan Belajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Djamarah, Syaiful Bahri.2002. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta

Hamalik, Umar. 2005. Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: PT Bumi Aksara

Hadiat, dkk. 1996. Alam Sekitar 6. Depdikbud. Jakarta: Bumi Aksara

Hall Gene E. Dkk. 2008. Mengajar Dengan Senang. Jakarta; PT Indeks

Hollingsworth, Pat & Gina Lewis. 2008. Pembelajaran Aktif Meningkatkan Keasyikan Kegiatan di Kelas. Jakarta: PT Indeks

Hidayat, Heri. 2003.Aktivitas Mengajar Anak TK. Bandung; Katarsis

Hurlock, Elizabeth. 1995. Perkembangan Anak Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

--------------.1971. Experimental Investigation of Children’s Play in Child’s Play (Editor by R.E Heron & B Sutton-Smith). New York; Willey

Imran, Ali. 1996, Belajar dan Pembelajaran. Malang: Pustaka Jaya

Irwan, Prasetya dkk. 1995. Teori Belajar, Motivasi dan Ketrampilan Mengajar. Jakarta: PAU

Ismail, Andang, 2006. Education Games. Yogyakarta; PT Pilar Media

Koes, H Supriono Prabowo. 1999. Konsep-konsep Dasar IPA. Jakarta: Depdikbud Dikti Proyek PGSD

Latuhuru, JD. 1993. Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar Kini. Ujung Pandang: IKIP Ujung Pandang

Moeslichatoen, 2004, Metode Pengajaran di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Mastuti, Indari. 2008. Menata dan Memelihara Kebun Sekolah. Jakarta; PT Indeks

Nurkancana, Wayan dan P.P.N Sunartana. 1983, Evaluasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Popham, James dan Evi L. Baker. 1992, Teknik Mengajar Secara Sistematis. Jakarta: Bumi Aksara.

Reisunandar.1990. Membudayakan Penanaman Buah-Buah. Bandung; PT Sinar Baru

Usman, Ezer Moh. 1992, Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Samatowa, Usman. 2010, Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Indeks.

Sardiman. 2004, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sudjana, N dan Rivai A. 1990. Media Pengajaran. Bandung: CV Sinar Baru Bandung

Wardani, Igak. dkk. 1997, Psikologi Belajar. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikdasmen Bagian Proyek Peningkatan Mutu Guru Penjaskes SD Setara D-II

Published
2020-06-30