MEDIA ALAM DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SAINS ANAK USIA DINI
Abstract
Permasalahan pada penelitian ini adalah apakah media alam dapat meningkatkan minat belajar sains anak usia dini, tujuan penelitian adalah melalui media alam minat belajar sains anak usia dini dapat ditingkatkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan rancangan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang meliputi 4 tahap kegiatan yaitu 1) Tahap Perencanaan. 2) Tahap Pelaksanaan. 3)Tahap Pemantauan dan Evaluasi 4) Tahap Analisis dan Refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan pedoman berupa Lembar Observasi Kegiatan Belajar dan Rencana Kegiatan Harian (RKH) untuk mengukur peningkatan minat anak dalam pembelajaran sains melalui media alam. Dianalisis secara deskriptif dengan mengamati minat belajar anak melalui media alam dan dilakukan dalam 2 siklus. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini setelah dilaksanakan pembelajaran dengan menggunakan media alam pada siklus 1 maupun pada siklus 2 diperoleh peningkatan minat belajar anak pada pelajaran sains menggunakan media alam yaitu kemampuan anak meningkat sebesar 4,16% dari 87,50% meningkat menjadi 91,66% sesuai dengan target yang diharapkan. Sehingga dengan demikian proses pembelajaran sains menggunakan media alam dapat meningkatkan minat anak dalam belajar sains secara optimal.
References
Aqib, Zainal. 2002, Profesionalisme Guru Dalam Pembelajaran Sains. Surabaya: Insan Cendekia.
Arikunto, Suharsimi. 1990, Manajemen Pengajaran. Jakarta: Rineke Cipta.
Arsyad, Azhar. Prof. Dr. 1993. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Ali, Muhammad A.1997. Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.
Anitah, Sri. Dkk.2009. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta; Universitas Terbuka
Buchori, M. 1993, Psikologi Pendidikan. Jakarta: Aksara Baru.
Davies K, Ivor. 1991, Pengelolaan Belajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Djamarah, Syaiful Bahri.2002. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta
Hamalik, Umar. 2005. Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: PT Bumi Aksara
Hadiat, dkk. 1996. Alam Sekitar 6. Depdikbud. Jakarta: Bumi Aksara
Hall Gene E. Dkk. 2008. Mengajar Dengan Senang. Jakarta; PT Indeks
Hollingsworth, Pat & Gina Lewis. 2008. Pembelajaran Aktif Meningkatkan Keasyikan Kegiatan di Kelas. Jakarta: PT Indeks
Hidayat, Heri. 2003.Aktivitas Mengajar Anak TK. Bandung; Katarsis
Hurlock, Elizabeth. 1995. Perkembangan Anak Jilid 2. Jakarta: Erlangga.
--------------.1971. Experimental Investigation of Children’s Play in Child’s Play (Editor by R.E Heron & B Sutton-Smith). New York; Willey
Imran, Ali. 1996, Belajar dan Pembelajaran. Malang: Pustaka Jaya
Irwan, Prasetya dkk. 1995. Teori Belajar, Motivasi dan Ketrampilan Mengajar. Jakarta: PAU
Ismail, Andang, 2006. Education Games. Yogyakarta; PT Pilar Media
Koes, H Supriono Prabowo. 1999. Konsep-konsep Dasar IPA. Jakarta: Depdikbud Dikti Proyek PGSD
Latuhuru, JD. 1993. Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar Kini. Ujung Pandang: IKIP Ujung Pandang
Moeslichatoen, 2004, Metode Pengajaran di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Mastuti, Indari. 2008. Menata dan Memelihara Kebun Sekolah. Jakarta; PT Indeks
Nurkancana, Wayan dan P.P.N Sunartana. 1983, Evaluasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.
Popham, James dan Evi L. Baker. 1992, Teknik Mengajar Secara Sistematis. Jakarta: Bumi Aksara.
Reisunandar.1990. Membudayakan Penanaman Buah-Buah. Bandung; PT Sinar Baru
Usman, Ezer Moh. 1992, Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Samatowa, Usman. 2010, Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Indeks.
Sardiman. 2004, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sudjana, N dan Rivai A. 1990. Media Pengajaran. Bandung: CV Sinar Baru Bandung
Wardani, Igak. dkk. 1997, Psikologi Belajar. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikdasmen Bagian Proyek Peningkatan Mutu Guru Penjaskes SD Setara D-II