Menurunnya Kreativitas Anak Akibat Perilaku Introvert

  • Febriyanti Harun Universitas Negeri Gorontalo
  • Anisa Putri Pakaya Universitas Negeri Gorontalo
  • Siswinda Bakari Universitas Negeri Gorontalo
  • Yenti Juniarti Universitas Negeri Gorontalo
  • Icam Sutisna Universitas Negeri Gorontalo
Keywords: Kreativita, Introvert, Anak Usia Dini

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang kreatifitas anak introvert yang bertujuan untuk mengetahui menurunnya kratifitas anak usia dini (5 tahun)  akibat perilaku introvert di Jalan Brigjen Piola Isa, Kecamatan Kota Utara, Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus terhadap menurunnya kratifitas anak akibat perilaku introvert. Subjek penelitian adalah seorang anak perempuan berusia 5 tahun yang kreatifitasnya menurun akibat perilaku introvert dalam dirinya. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak yang bernama CK begitu sulit dalam bersosialisasi dengan orang yang baru dia kenal sehingga perlu adanya stimulasi seperti membiarkan anak ber eksplorasi terhadap segala sesuatu yang ingin di ketahuinya untuk meningkatkan kreativitasnya namun tentu saja anak harus tetap berada dalam pengawasan orang tua ketika sedang melakukan aktifitas atau eksplorasi yang bisa membuatnya beresiko atau berbahaya baginya.

References

Aisyah Siti,dkk (2014). Perkembangan Dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usai Dini, Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Ahmad Susanto (2014). Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya, Jakarta: Kencana Prenamadamedia Group.
Ramadan, Gilang & Juniarti, Yenti. (2020). Metode penelitian : pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D. Jawa Barat: Cv. Sadari.
Handayani Husna Peni (2017). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Dalam Keuarga. Jurnal Keluarga Sehat Sejahtera, 15 (2).
Handayani Sri Dewi,dkk. (2017). Penyimpangan Tumbuh Kembang Pada Anak Dari Orang Tua Yang Bekerja. Depok: Universitas Indonesia.
HelloSehat. Serba-Serbi membesarkan Anak Dengan Kepribadian Introvert. Diakses tanggal 21 April 2020 Dari https://hellosehat.com/parenting/tips-parenting/serba-serbi-membesarkan-anak-introvert/ .
INFORMASITIPS. Apa Itu Introvert?, Seperti Apa Ciri Dan Karakter Orang Introvert Itu?. Diakses tanggal 21 April 2020 Dari https:AAAGHI//informasitips.com/apa-introvert-seperti-apa-introvert
Nursyahrurahmah. Hubungan Antara Kepribadian Introvert Dan Kelekatan Teman Sebaya Dengan Kesepian Remaja. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.
POPMAMA (2020). 5 Kelebihan yang Hanya Dimiliki Anak Introvert. Diakses tanggal 21 April 2020 dari https://www.popmama.com/kid/4-5-years-old/bernadine/kelebihan-yang-hanya-dimiliki-anak-introvert/full
Rohani. (2017). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Media Bahan Bekas. Sumatra utara: UIN Sumatera Utara.
Utoyo Setiyo. (2020). Perilaku Introvert Pada Anak Usia Dini. Gorontalo: PG-PAUD Universitas Negeri Gorontalo
Virusbiru. (2018). Pengertian Introvert, Extrovert dan Ambivert, Lengkap Dengan Ciri-cirinya. Diakses tanggal 21 April 2020 Dari https://virusbiru.com/pengertian-introvert-dan-extrovert/.
Yulianti Rosana Tri. (2014). Peranan Orang Tua Dalam Mengambangkan Kreatifitas Anak Usia Dini. Jurnal EMPOWERMENT. 4 (2)
Yuliansih A (2005). Pengertian Tumbuh Kembang. Diakses tanggal 29 maret 2020. Dari http://eprints.ums.ac.id/37663/7/BAB%201.pdf.
Published
2021-07-11