Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini pada Masa Pandemi Covid-19

  • Anita Husnawati Universitas Negeri Gorontalo
  • Siti Fatima Azis Universitas Negeri Gorontalo
  • Hajira Burui Universitas Negeri Gorontalo
  • Sri Wahyuningsi Laiya Universitas Negeri Gorontalo
  • Waode Eti Hardiyanti Universitas Negeri Gorontalo

Abstract

Pandemi covid-19 telah menggubah berbagai aspek kehidupan manusia saat ini. Khususnya dalam dunia pendidikan. hal itu mengharuskan semua elemen pendidikan berpartisipasi dalam menyelesaikan kegitan pembelajaran satu semester. Tujuan penelitian ini sebagai tinjauan strategi pembelajaran anak usia dini pada masa pandemi covid-19. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif. MetodeĀ  deskriptif penelitian naratif yang digunakan dalam desain riset kualitatif. Strategi pembelajaran dengan cara membuat video pembelajaran dan membagikan link pada Whatsapp Group dimana semua anggota group merupakan orang tua dari anak kelompok B menjadi salah solusi untuk digunakan dalam pembelajaran pada masa pandemi covid-19 yang mengharuskan anak mengikuti kegiatan pembelajaran dari rumah.

References

Ahmed, S., Shehata, M., & Hassanien, M (2020). Emerging Faculty Needs for Enhancing Student Engagement on a Virtual Platform. MedEdPublish, 1-5. https://doi.org/https://doi.org/10.15694/mep.2020.000075.1
Bao, W. (2020). COVID-19 Online teaching in higher education: A case study of Peking University. March, 113-115. https://doi.org/10.1002/hbe2.191
Ramadan, Gilang & Juniarti, Yenti. (2020). Metode penelitian : pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D. Jawa Barat: Cv. Sadari.
Gunawan, Suranti, N.M.,Y & Fathoroni. (2020). Variations of Models and Learning Platforms for Prospective Teachers During. The COVID-19 Pandemic Period. Indonesian Journal of Teacher Education, 1(2), 61-70
Goldschmidt, K., & Msn, P.D. (2020). The COVID-19 Pandemic: Technology use to support the wellbeing of children. Journal of Pediatric Nursing, xxxx, 3-5.http://doi.org/10.1016/j.pedn.2020.04.013
Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E, & Kusuwanto, H. 2020. Pembelajran Pada Masa Pandemi Covid-19. JTP-Jurnal Teknologi Pendidikan 22(1), 65-70.
Kusuma, J. W., & Hamidah. 2020. Platfrom Whatsapp Group Dan Webinar Zoom Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmia Pendidikan Matematika Volume, 5(1).
Mursid. 2015. Pengmbangan Pembelajaran PAUD.Bandung. PT Remaja Rosdakarya.
Permendikbud 146. 2014. Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Sun, L., Tang, Y., & Zuo, W. 2020. Coronavirus Pushes Education Online. Nature Materials, 20200205. https://doi.org/10.1038/s41563-020-0678-8.
Utoyo Setiyo, dkk. 2020. Perilaku Introvert Pada Anak Usia Dini. Prosiding: Seminar Nasional Online PAUD. Universitas Negeri Gorontalo
Verawardina, U., Asnur, L., Lubis, A.L., & Hendriyani, Y. (2020). Reviewing Online Learning Facing the Covid-19 Outbreak. 12(3), 385-392.
Published
2021-07-11