Strategi Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19 di TK Khatolik St. Theresia
Abstract
Strategi pembelajaran adalah suatu macam urutan umum mengajar, maka secara prinsip akan berbeda antara yang satu dengan yang lain, termasuk dampak COVID ini maka strategi pembalajaran ini secara pelaksanaan akan berbeda dengan strategi pembelajaran pada umumnya. Pembelajaran paud pada umumnya dilakukan dengan metode tatap muka atau secara harfiah di Indonesia pendidikan ini dilakukan di sekolah. Namun pada masa pembiasaan baru ini ada perubahan signifikan terhadap strategi belajar dikarenakan Pandemi COVID - 19 menimbulkan dampak yang signifikan terhadap pola pembelajaran pendidikan. Negara kita, Indonesia adalah salah satu negara yang terdampak COVID – 19. Pendidikan yang semula dengan metode tatap muka di lembaga pendidikan , kini diubah menjadi pembelajaran daring/ online dan dilaksanakan dari rumah demi mencegah penyebaran virus COVID - 19 ini. Kebijakan tersebut berlaku bagi semua jenjang pendidikan dari tingkatan PAUD hingga Perguruan Tinggi. Hal ini merupakan langkah satu satunya yang baik yang diambil oleh pemerintah karena pembelajaran tidak harus bertemu langsung, namun dilaksanakan via online dengan memanfaatkan teknologi dan memerlukan jaringan seperti sosial media, media teknologi , dan aplikasi. Pembelajaran tersebut yang dikenal dengan pembelajaran daring atau online.
References
Aris, S. (2014). Strategi Pembelajaran Tari Anak Usia Dini. Jurnal Pedagogi.
Ramadan, Gilang & Juniarti, Yenti. (2020). Metode penelitian : pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D. Jawa Barat: Cv. Sadari.
Jamaluddin, Gunawan, H., & Paujiah, E. (2020). Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid-19 pada Calon Guru: Hambatan, Solusi Dan Proyeksi. UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Mursid. 2015. Pengembangan Pembelajaran PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Sani, R,A. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara