Strategi Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19 di TK Khatolik St. Theresia

  • Nurdiyah Permata Sari Universitas Negeri Gorontalo
  • Sahara Idam hamzah Universitas Negeri Gorontalo
  • Apriyanto. A.J, Pauweni Universitas Negeri Gorontalo
  • Nunung Suryaman Jamin Universitas Negeri Gorontalo
Keywords: Strategy, Learning, Pandemi Covid-19

Abstract

Strategi pembelajaran adalah suatu macam urutan  umum mengajar, maka secara prinsip akan berbeda antara yang satu dengan yang lain, termasuk  dampak  COVID ini  maka  strategi  pembalajaran  ini  secara  pelaksanaan  akan  berbeda  dengan  strategi  pembelajaran  pada  umumnya. Pembelajaran paud pada umumnya dilakukan dengan metode tatap muka atau secara harfiah di Indonesia pendidikan ini dilakukan di sekolah. Namun pada masa pembiasaan baru ini ada perubahan signifikan terhadap strategi belajar dikarenakan Pandemi  COVID - 19 menimbulkan dampak  yang  signifikan  terhadap  pola pembelajaran  pendidikan. Negara kita, Indonesia  adalah salah satu negara yang terdampak  COVID – 19.  Pendidikan  yang  semula  dengan  metode  tatap  muka  di  lembaga  pendidikan , kini diubah  menjadi   pembelajaran   daring/ online dan dilaksanakan   dari   rumah   demi mencegah penyebaran virus  COVID - 19 ini. Kebijakan tersebut berlaku bagi  semua jenjang  pendidikan  dari tingkatan PAUD hingga Perguruan Tinggi.  Hal  ini  merupakan langkah satu satunya yang baik yang diambil oleh pemerintah karena pembelajaran tidak harus bertemu langsung,  namun dilaksanakan via online dengan memanfaatkan teknologi dan memerlukan jaringan seperti sosial media, media teknologi , dan aplikasi. Pembelajaran tersebut yang dikenal dengan pembelajaran daring atau online.

References

Halimah Leli. 2016. Pengembangan kurikulum Pendidikan anak usia dini. Refika Aditama.
Aris, S. (2014). Strategi Pembelajaran Tari Anak Usia Dini. Jurnal Pedagogi.
Ramadan, Gilang & Juniarti, Yenti. (2020). Metode penelitian : pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D. Jawa Barat: Cv. Sadari.
Jamaluddin, Gunawan, H., & Paujiah, E. (2020). Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid-19 pada Calon Guru: Hambatan, Solusi Dan Proyeksi. UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Mursid. 2015. Pengembangan Pembelajaran PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Sani, R,A. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Published
2021-07-11