Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini saat Pandemi

  • Siti Nurbadrin Universitas Negeri Gorontalo
  • Intan Universitas Negeri Gorontalo
  • Nurlinang Universitas Negeri Gorontalo
  • I Gusti Ayu Putu Mastini Universitas Negeri Gorontalo
  • Nurhayati Tine Universitas Negeri Gorontalo
  • Rapi Us Djuko Universitas Negeri Gorontalo
Keywords: Strategi Pembelajaran, Anak Usia Dini, Pandemi Covid-19

Abstract

Pandemi saat seperti ini seluruh siswa Tk Katolik  St. Thersia Tomohon, Sulawesi Utara dituntut untuk melakukan pembelajaran dirumahKarena dirasa pembelajaran dirumah kurang efektif untuk anak pada usia dini.  Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskrpitf. TK Katolik ST Thersia Kecamatan Tomohan suda melakukan pembelajaran melalui daring dikarenakan pandemi virus covid-19. Pemabalajaran dilakukan secara online melalui media zoom, terkadang tugas yang diberikan terlalu banyak dan susah bagi anak dan secara otomatis orang tua ikut membantu untuk mengerjakan tugas milik anak tersebut. Dikarenakan semakin anak tersebut sehat maka imajinasi yang dimilikinya juga semakin baik. Beda halnya dengan anak-anak yang kurang berolahraga akan menjadi sakit-sakitan, sehingga imajinasi anak tersebut terhambat karena faktor tersebut karan anak tersebut akan lebih fokus terhadap kesembuhannya nanti. Bermain bukan berarti membuang–buang waktu, pula bukan berarti membuat sang anak jadi sibuk sedangkan orang tuanya mengerjakan pekerjaannya sendiri. Anak pada usia dini seharunysa dapat melihat sudut pandang yang berbeda dari orang dewasa, maka dari itu anak juga harus dibebaskan untuk mereka berskplorasi mencari hal-hal baru tetapi dengan pemantauan dan bimbingan orang tua mereka.

References

Dwi Nurhayati Adhani, Nina Hanifah, I. H. (2017). Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Bermain Warna. Pg-Paud Trunojoyo, 4(1), 70. file:///C:/Users/AMIRA/Downloads/3569-8592-1-PB.pdf
Ramadan, Gilang & Juniarti, Yenti. (2020). Metode penelitian : pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D. Jawa Barat: Cv. Sadari.
Hatrini, A. S., Sasmiati, & Riswandi. (2016). HUBUNGAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN AKTIVITAS BEREKSPLORASI ANAK USIA DINI. 1.
Kurniasari, A., Pribowo, F. S. P., & Putra, D. A. (2020). Analisis Efektivitas Pelaksanaan Belajar Dari Rumah (Bdr) Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 1–8.
Luluk, A. (2017). Peningkatan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Terpadu Berbasis Kecerdasan Jamak. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 11(1), 145–164. https://doi.org/10.21009/jpud.111.10
Rahmatunnisa, S., Mujtaba, I., & Rizky Alfiany, A. (2020). Strategi Pendidik Anak Usia Dini dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 pada Kelompok B KB / TK Al-. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 1–8. website: http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit%0AE-ISSN:
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sulistiyowati, A. (2009). Kemampuan Imajinasi Anak Usia Dini Sebagai Sumber Ide Pembuatan Karya Tekstil. Jurusan Kriya Seni/ Desain Tekstil-Fakultas Sastra Dan Seni Rupa-Universitas Sebelas Maret.
Published
2021-07-11