Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19 melalui Bermain

Strategy

  • Kartika Universitas Negeri Gorontalo
  • Krisnina Dwi Anggraeni Universitas Negeri Gorontalo
  • Ramniyati Mano Universitas Negeri Gorontalo
  • Mita Sari Universitas Negeri Gorontalo
  • Irvin Novita Arifin Universitas Negeri Gorontalo
Keywords: Strategy, Learning, Pandemi Covid-19

Abstract

Coronavirus sudah mulai mewabah di Indonesia sejak bulan maret 2020, virus tersebut diduga berasal dari China. Sehingga berdampak pada seluruh lapisan masyarakat menjadi terhenti, tidak luput juga pada kegiatan pembelajaran. Baik dari mahasiswa sampai ke siswa usia dini juga terdampak pandemi tersebut dan harus melakukan kegiatan Belajar Dari Rumah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan data bersifat primer dan tekniknya menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan Metode pembelajran untuk anak adalah dengan cara bermain itu lebih efektif untuk masa atau fase anak usia dini. Anak usia dini yang ikut serta dalam pembelajaran imajinatif diharapkan sanggup menciptakan reaksi yang sesungguhnya terhadap tugas- tugas kreativitas. Area bermain tidak selalu menyertakan harapan- harapan yang tentu untuk tingkah laku anak serta pendidikannya di masa tiba. Kemampuan kognitif adalah kemampuan untuk berpikir dalam berpikir, mengingat, memecahkan masalah, dan mengambil keputusan. Sehingga Pada penelitian ini dapat dilihat bahwa bermain dapat meningkatkan kemampuan kognitif, kemampuan bahasa, kemampuan motorik dan kemampuan sosial dan emosional.

References

Ramadan, Gilang & Juniarti, Yenti. (2020). Metode penelitian : pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D. Jawa Barat: Cv. Sadari.
Hatrini, A. S., Sasmiati, & Riswandi. (2016). Hubungan Penggunaan Media Pembelajaran Dengan Aktivitas Bereksplorasi Anak Usia Dini. 1.
Khoirunnissa. (2020). Pembelajaran Online Pada Masa Pandemi Covid19 Sebagai Strategi Pembelajaran Dan Capaian Hasil Belajar Pada Siswa Kelas Iii B Mi Al-Ittihaad Citrosono Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2019/2020. In Orphanet Journal of Rare Diseases. IAIN Salatiga.
Lubis, M. Y. (2019). MENGEMBANGKAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI MELALUI BERMAIN. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1).
Nur, L., Hafina, A., & Rusmana, N. (2020). Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Dalam Pembelajaran Akuatik. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(1), 42–50. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p42-50
Pramana, C. (2020). Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dimasa Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 2(2), 116–124. https://doi.org/10.35473/ijec.v2i2.557
Priyanto, A. (2014). Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Dini Melalui Aktivitas Bermain. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, 0(2).
Septianingsih, N., Asmawati, L., & Sayekti, T. (2017). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Media Bahan Bekas. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 137. https://doi.org/10.30870/jpppaud.v4i2.4653
Wicaksono, H., Roekhan, & Hasanah, M. (2018). Pengembangan Media Permainan Imajinasi dalam Pembelajaran Menulis Puisi bagi Siswa Kelas X. Jurnal Pendidikan, 3(2), 223–228.
Published
2021-07-11