https://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/prosidingpaud/issue/feed PROSIDING : SEMINAR NASIONAL ONLINE PAUD 2021-07-12T10:08:43+07:00 Open Journal Systems https://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/prosidingpaud/article/view/800 Metode Multisensory untuk Mengoptimalkan Kesiapan Bersekolah 2021-07-11T12:42:43+07:00 Pupung Puspa Ardini Pupung.p.ardin@ung.ac.id Taufik nani Pupung.p.ardin@ung.ac.id Hijrah Syahputra Pupung.p.ardin@ung.ac.id <p style="text-align: justify;"><em>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode multisensori terhadap kesiapan bersekolah anak ketika memasuki sekolah dasar terutama yang berkaitan dengan kemampuan akademis anak. Penelitian ini dilakukan di provinsi Gorontalo Indonesia sebanyak 80 siswa yang dipilih melalui teknik multistage random sampling. Hasil perhitungan menggunakan Anava menunjukan bahwa skor rata-rata kemampuan akademis pada kelompok anak yang memiliki kesiapan bersekolah tinggi adalah 33,23. Skor rata-rata kemampuan akademis pada kelompok anak yang memiliki kesiapan bersekolah rendah adalah 28,18. Data tersebut menunjukan bahwa kemampuan membaca permulaan kelompok anak yang memiliki kesiapan bersekolah tinggi lebih besar dari pada kemampuan akademis kelompok anak yang memiliki kesiapan bersekolah rendah. Hasil penelitian ini dapat memberikan infromasi tentang pentingnya kesiapan bersekolah anak dan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan anak serta tahap perkembangan anak terutama yang berkaitan dengan kemampuan anak di sekolah. Sehingga tidak lagi memaksakan anak belajar membaca menulis berhitung terlalu dini. pada masa anak di lembaga PAUD benar-benar mempersiapkan kesiapan bersekolah dari segi sosial emosional dan stimulasi kematangan belajar anak melalui kegiatan bermain bukan drilling membaca menulis dan berhitung.</em></p> 2021-07-11T11:20:33+07:00 Copyright (c) 2021 PROSIDING : SEMINAR NASIONAL ONLINE PAUD https://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/prosidingpaud/article/view/802 Menurunnya Kreativitas Anak Akibat Perilaku Introvert 2021-07-11T11:30:16+07:00 Febriyanti Harun yenti.juniarti@gmail.com Anisa Putri Pakaya yenti.juniarti@gmail.com Siswinda Bakari yenti.juniarti@gmail.com Yenti Juniarti yenti.juniarti@gmail.com Icam Sutisna yenti.juniarti@gmail.com <p style="text-align: justify;"><em>Penelitian ini berlatar belakang kreatifitas anak introvert yang bertujuan untuk mengetahui menurunnya kratifitas anak usia dini (5 tahun)&nbsp; akibat perilaku introvert di Jalan Brigjen Piola Isa, Kecamatan Kota Utara, Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus terhadap menurunnya kratifitas anak akibat perilaku introvert. Subjek penelitian adalah seorang anak perempuan berusia 5 tahun yang kreatifitasnya menurun akibat perilaku introvert dalam dirinya. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak yang bernama CK begitu sulit dalam bersosialisasi dengan orang yang baru dia kenal sehingga perlu adanya stimulasi seperti membiarkan anak ber eksplorasi terhadap segala sesuatu yang ingin di ketahuinya untuk meningkatkan kreativitasnya namun tentu saja anak harus tetap berada dalam pengawasan orang tua ketika sedang melakukan aktifitas atau eksplorasi yang bisa membuatnya beresiko atau berbahaya baginya.</em></p> 2021-07-11T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2021 https://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/prosidingpaud/article/view/803 Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini pada Masa Pandemi Covid-19 2021-07-11T11:42:08+07:00 Anita Husnawati Sri_paud@ung.ac.id Siti Fatima Azis Sri_paud@ung.ac.id Hajira Burui Sri_paud@ung.ac.id Sri Wahyuningsi Laiya Sri_paud@ung.ac.id Waode Eti Hardiyanti Sri_paud@ung.ac.id <p style="text-align: justify;"><em>Pandemi covid-19 telah menggubah berbagai aspek kehidupan manusia saat ini. Khususnya dalam dunia pendidikan. hal itu mengharuskan semua elemen pendidikan berpartisipasi dalam menyelesaikan kegitan pembelajaran satu semester. Tujuan penelitian ini sebagai tinjauan strategi pembelajaran anak usia dini pada masa pandemi covid-19. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif. </em><em>Metode&nbsp; deskriptif penelitian naratif yang digunakan dalam desain riset kualitatif. Strategi pembelajaran dengan cara membuat video pembelajaran dan membagikan link pada Whatsapp Group dimana semua anggota group merupakan orang tua dari anak kelompok B menjadi salah solusi untuk digunakan dalam pembelajaran pada masa pandemi covid-19 yang mengharuskan anak mengikuti kegiatan pembelajaran dari rumah.</em></p> 2021-07-11T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2021 https://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/prosidingpaud/article/view/804 Strategi Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19 di TK Khatolik St. Theresia 2021-07-11T11:51:09+07:00 Nurdiyah Permata Sari nurdiyahpermatasari@gmail.com Sahara Idam hamzah nurdiyahpermatasari@gmail.com Apriyanto. A.J, Pauweni nurdiyahpermatasari@gmail.com Nunung Suryaman Jamin nurdiyahpermatasari@gmail.com <p style="text-align: justify;"><em>Strategi pembelajaran adalah suatu macam urutan&nbsp; umum mengajar, maka secara prinsip akan berbeda antara yang satu dengan yang lain, termasuk&nbsp; dampak&nbsp; COVID ini&nbsp; maka&nbsp; strategi&nbsp; pembalajaran&nbsp; ini&nbsp; secara&nbsp; pelaksanaan&nbsp; akan&nbsp; berbeda&nbsp; dengan&nbsp; strategi&nbsp; pembelajaran&nbsp; pada&nbsp; umumnya. Pembelajaran paud pada umumnya dilakukan dengan metode tatap muka atau secara harfiah di Indonesia pendidikan ini dilakukan di sekolah. Namun pada masa pembiasaan baru ini ada perubahan signifikan terhadap strategi belajar dikarenakan Pandemi&nbsp; COVID - 19 menimbulkan dampak&nbsp; yang&nbsp; signifikan&nbsp; terhadap&nbsp; pola pembelajaran&nbsp; pendidikan. Negara kita, Indonesia&nbsp; adalah salah satu negara yang terdampak&nbsp; COVID – 19.&nbsp; Pendidikan&nbsp; yang&nbsp; semula&nbsp; dengan&nbsp; metode&nbsp; tatap&nbsp; muka&nbsp; di&nbsp; lembaga&nbsp; pendidikan , kini diubah&nbsp; menjadi&nbsp;&nbsp; pembelajaran&nbsp;&nbsp; daring/ online dan dilaksanakan&nbsp;&nbsp; dari&nbsp;&nbsp; rumah&nbsp;&nbsp; demi mencegah penyebaran virus&nbsp; COVID - 19 ini. Kebijakan tersebut berlaku bagi&nbsp; semua jenjang&nbsp; pendidikan&nbsp; dari tingkatan PAUD hingga Perguruan Tinggi.&nbsp; Hal&nbsp; ini&nbsp; merupakan langkah satu satunya yang baik yang diambil oleh pemerintah karena pembelajaran tidak harus bertemu langsung,&nbsp; namun dilaksanakan via online dengan memanfaatkan teknologi dan memerlukan jaringan seperti sosial media, media teknologi , dan aplikasi. Pembelajaran tersebut yang dikenal dengan pembelajaran daring atau online.</em></p> 2021-07-11T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2021 https://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/prosidingpaud/article/view/805 Pola asuh orang tua anak tk st. Tarsisius tomohon Di masa pandemi covid-19 2021-07-12T10:08:43+07:00 Windy Maria Walphin Palit Wmwp.0326@gmail.com <p style="text-align: justify;"><em>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pola asuh orang tua anak TK St. Tarsisius Tomohon di masa pandemi COVID-19. Dengan adanya pandemi COVID-19 ini dan kebijakan untuk Belajar Dari Rumah (BDR) pasti ada beberapa pola asuh yang berbeda ataupun tetap sama sebelum dan setelah pandemi.Penelitian ini merupakan penelitian berjenis Kualitatif, dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Ada tiga jenis pola asuh, pola asuh otoriter, demokrasi, dan permisif. 2) Di masa pandemi ada beberapa perubahan pada pola asuh mereka pada anak yang berbeda dari sebelum pandemi, pertama pola asuh demokrasi menjadi pola asuh otoriter, kedua pola asuh demokrasi menjadi pola asuh permisif, ketiga pola asuh demokrasi menjadi pola asuh permisif. 3) Karakter dan kemandirian anak pun berubah, anak yang biasanya bertanggung jawab, mandiri dan semangat belajar di sekolah untuk mengerjakan tugas namun pada masa pandemi dan saat Belajar Dari Rumah anak selalu didampingi orang tua, dan terkadang malas untuk belajar karena tidak menyenangkan dan bosan. Dari hasil, pembahasan dan kesimpulan maka saran dari penulis bahwa kemungkinan menggunakan Pola Asuh Demokratis akan membuat anak disiplin waktu dan lebih bertanggung jawab</em></p> 2021-07-11T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2021 https://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/prosidingpaud/article/view/806 Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini di TK Katolik St. Theresia 2021-07-11T12:05:05+07:00 Hajira Podungge hajirapodungge4@gmail.co Selviani hajirapodungge4@gmail.com Yuslan Detu hajirapodungge4@gmail.com <p style="text-align: justify;"><em>Melalui kegiatan merdeka belajar-kampus merdeka (MBKM) merupakan wujud pembelajaran di perguruan tinggi yang dapat memotivasi mahasiswa dalam mengembangkan pengetahuan yang dimilikinya. Jurusan pendidikan anak usia dini Universitas Negerieri Gorontalo melaksanakan implementasi Universitas Negeri Manado (UNIMA) dengan tujuan kerjasama antar universitas. Strategi pembelajaran sangat dibutuhkan dalam proses belajar mengajar agar dapat tercapai rencana pembelajaran secara optimal karena strategi pembelajaran merupakan alat, metode, panduan rencana tindakan dalam mewujudkan pembelajaran yang bermutu dan berkualitas.</em></p> 2021-07-11T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2021 https://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/prosidingpaud/article/view/807 Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini saat Pandemi 2021-07-11T12:14:30+07:00 Siti Nurbadrin nurlinangbasri@gmail.com Intan nurlinangbasri@gmail.com Nurlinang nurlinangbasri@gmail.com I Gusti Ayu Putu Mastini nurlinangbasri@gmail.com Nurhayati Tine nurlinangbasri@gmail.com Rapi Us Djuko nurlinangbasri@gmail.com <p style="text-align: justify;"><em>P</em><em>andemi saat seperti ini seluruh siswa </em><em>Tk Katolik&nbsp; St. Thersia Tomohon, Sulawesi Utara</em><em> dituntut untuk melakukan pembelajaran dirumah</em><em>.&nbsp; </em><em>Karena dirasa pembelajaran dirumah kurang efektif untuk anak pada usia dini. </em><em>&nbsp;</em><em>Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskrpitf. TK Katolik ST Thersia Kecamatan Tomohan suda melakukan pembelajaran melalui daring dikarenakan pandemi virus covid-19. Pemabalajaran dilakukan secara online melalui media zoom, terkadang tugas yang diberikan terlalu banyak dan susah bagi anak dan secara otomatis orang tua ikut membantu untuk mengerjakan tugas milik anak tersebut. Dikarenakan semakin anak tersebut sehat maka imajinasi yang dimilikinya juga semakin baik. Beda halnya dengan anak-anak yang kurang berolahraga akan menjadi sakit-sakitan, sehingga imajinasi anak tersebut terhambat karena faktor tersebut karan anak tersebut akan lebih fokus terhadap kesembuhannya nanti. Bermain bukan berarti membuang–buang waktu, pula bukan berarti membuat sang anak jadi sibuk sedangkan orang tuanya mengerjakan pekerjaannya sendiri. Anak pada usia dini seharunysa dapat melihat sudut pandang yang berbeda dari orang dewasa, maka dari itu anak juga harus dibebaskan untuk mereka berskplorasi mencari hal-hal baru tetapi dengan pemantauan dan bimbingan orang tua mereka.</em></p> 2021-07-11T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2021 https://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/prosidingpaud/article/view/808 Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Inovasi Kreatif di Masa Pembiasaan Baru 2021-07-11T12:26:10+07:00 Julia Luly setyo.utoyo@ung.ac.id Nurul Khasana Kaya setyo.utoyo@ung.ac.id Ratni Oktaviani Ruli setyo.utoyo@ung.ac.id Syahra Savira Mokodompit setyo.utoyo@ung.ac.id Setiyo Utoyo setyo.utoyo@ung.ac.id Nurul Aini MM Shodiq setyo.utoyo@ung.ac.id <p style="text-align: justify;"><em>Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini&nbsp; Berbasis Inovasi Kreatif&nbsp; Di Masa Pembiasaan Baru. Kreativitas penting diberikan pada lebih awal. Oleh karena itu diperlukan bimbingan untuk mengembangkan kreativitas seseorang. Pada masa pandemi COVID-19 ini para guru senantiasa harus kreatif dalam menciptakan desain pengajaran yang kreatif. Pembelajaran kreatif akan membuat siswa aktif dalam mengembangkan kreativitas mereka sendiri. Mengembangkan kreativitas dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai cara untuk membangun iklim belajar yang memicu berkembangnya kemampuan berpikir dan bekerja. Strategi yang bisa ditempuh untuk mengembangkan kreativitas seseorang adalah dengan mengajukan beberapa pertanyaan yang menantang tingkat proses berpikir tertinggi sesuai dengan konsep pengembangan ide kreatif, juga kreatif dan inovatif. Pertanyaan yang diberikan dikategorikan berdasarkan peta profil kreativitas seseorang (yaitu) profil individu imajinatif, investasi, improver, dan gagasan inkubasi.</em></p> 2021-07-11T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2021 https://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/prosidingpaud/article/view/809 Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19 melalui Bermain 2021-07-11T12:33:52+07:00 Kartika krisninadwianggraeni.09@gmail.com Krisnina Dwi Anggraeni krisninadwianggraeni.09@gmail.com Ramniyati Mano krisninadwianggraeni.09@gmail.com Mita Sari krisninadwianggraeni.09@gmail.com Irvin Novita Arifin krisninadwianggraeni.09@gmail.com <p style="text-align: justify;"><em>Coronavirus sudah mulai mewabah di Indonesia sejak bulan maret 2020, virus tersebut diduga berasal dari China. Sehingga berdampak pada seluruh lapisan masyarakat menjadi terhenti, tidak luput juga pada kegiatan pembelajaran. Baik dari mahasiswa sampai ke siswa usia dini juga terdampak pandemi tersebut dan harus melakukan kegiatan Belajar Dari Rumah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan data bersifat primer dan tekniknya menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan Metode pembelajran untuk anak adalah dengan cara bermain itu lebih efektif untuk masa atau fase anak usia dini. Anak usia dini yang ikut serta dalam pembelajaran imajinatif diharapkan sanggup menciptakan reaksi yang sesungguhnya terhadap tugas- tugas kreativitas. Area bermain tidak selalu menyertakan harapan- harapan yang tentu untuk tingkah laku anak serta pendidikannya di masa tiba. Kemampuan kognitif adalah kemampuan untuk berpikir dalam berpikir, mengingat, memecahkan masalah, dan mengambil keputusan. Sehingga Pada penelitian ini dapat dilihat bahwa bermain dapat meningkatkan kemampuan kognitif, kemampuan bahasa, kemampuan motorik dan kemampuan sosial dan emosional.</em></p> 2021-07-11T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2021