Deskripsi Perilaku Konsumtif Siswa Kelas IX SMP Negeri 3 Gorontalo

  • Eka Prasetya Wati Eka Mahasiswa
  • Tuti Wantu Univarsitas Negeri Gorontalo
  • Sukma Nurilawati Botutihe Univarsitas Negeri Gorontalo
Keywords: Deskripsi, Perilaku Konsumtif, Siswa

Abstract

Abstrak

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif yang mendeskripsikan perilaku konsumtif siswa kelas IX di SMP Negeri 3 Kota Gorontalo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku konsumtif siswa kelas IX di SMP Negeri 3 Kota Gorontalo yang berjumlah 150 siswa sedangkan pengambilan sampel penelitian dengan teknik random sampling berjumlah 60 siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang dianalisis dengan analisis persentase menunjukkan bahwa dari perilaku konsumtif siswa diperoleh hasil sebagai berikut: membeli barang karena hadiah yang menarik (65,25%), membeli produk karena kemasan menarik (78,12%), membeli produk untuk menjaga penampilan diri dan gengsi (70,96%), membeli produk karena potongan harga (81,17%), membeli barang untuk menjaga status sosial (80,06%), unsur konformitas terhadap model yang mengiklankan produk (75,9%), menimbulkan rasa percaya diri tinggi (83,34%), dan membeli barang dari dua barang sejenis dengan merk yang berbeda (89,52%). Hal ini menunjukkan bahwa Perilaku Konsumtif Kelas IX SMP Negeri 3 Gorontalo termasuk pada kategori tinggi.

Kata kunci: Deskripsi, Perilaku Konsumtif, Siswa

Abstract

This quantitative descriptive study elaborates consumptive behavior of ninth grade students at SMP 3 State Junior High School in Gorontalo, with the purpose of examining said behavior in 150 students by using random sampling to obtain 60 students as samples. Based on the findings analyzed by percentage from the students' consumptive behavior revealed the tendencies to buy items are as follows: additional attractive merchandise (65,25%), attractive packaging (78,12%), maintain self-appearance and prestigiousness (70,96%), discount (81,17%), social status (80,06%), conformity to the endorser (75,9%), establishment of great confidence (83,34%), and having two similar items with different brands (89,52%). This reveals the consumptive behavior to be in high category.

Keywords: Description, Consumptive Behavior, Students.

Published
2022-10-31