Hubungan Antara Dukungan Sosial Orangtua dengan Perilaku Prososial pada Siswa

  • Adeswita Mooduto Universitas Negeri Gorontalo
  • Maryam Rahim Universitas Negeri Gorontalo
  • Irpan Kasan Universitas Negeri Gorontalo
Keywords: Dukungan Sosial, Dukungan Sosial Orang Tua, Perilaku Prososial

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya perilaku prososial siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial orangtua dengan perilaku prososial pada siswa kelas X  di SMA Negeri 1 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo tahun ajaran 2022/2023. Metode penelitian bersifat kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 188 siswa dan sampel berjumlah 33 siswa yang diambil dengan teknik simple random sampling. Hasil penelitian menunjukan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara dukungan sosial orangtua dengan perilaku prososial pada siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo dengan persamaan Ŷ = 8,286 + 0,843X artinya setiap kenaikan satu unit pada variabel X (dukungan sosial orangtua) diikuti dengan kenaikan variabel Y (perilaku prososial siswa) sebesar 0,843. Dan telah teruji keberartiannya a = 0,05 dan koefisien korelasi sebesar 0,801. Hubungan antara dukungan sosial orangtua dengan perilaku prososial pada siswa kelas X  di SMA Negeri 1 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo diperoleh koefisien korelasi r = 0,801 dengan koefisien determinasi  =  x 100% = 64,2%. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa 64,2% dukungan sosial orangtua dapat mempengaruhi perilaku prososial siswa sedangkan sisanya sebesar 35,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini dan nilai t = 7,463. Kesimpulanya bahwa hipotesis ini terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara dukungan sosial orangtua dengan perilaku prososial pada siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. Artinya semakin baik dukungan sosial orangtua, maka semakin baik pula perilaku prososial pada siswa.

References

Ayu, S. 2021. Hubungan Antara Dukungan Sosial Orang Tua Dengan Perilaku Prososial Pada Siswa SMAN 1 Hubulo Kabupaten Rokaan Hilir., skripsi. Pekanbaru.

Dayakisni, Tri. & Hudaniah. (2009). Psikologi Sosial. Malang: UMM Press.

Elistantia, R., Yusman S., dan Diah U. (2018). The Correction Between Parenting Social Support With Prosocial Behavior, Journal pendidikan.1(1)

Listia, W., N. (2015). Anak Sebagai Mahluk Sosial. Journal Bunga Rampai Usia Emas 1(1).

Pautina, A.R., W, Pratiwi., dan M.R, Pautina. (2022). “Efektifitas Pelaksanaan Program Bimbingan Konseling Inklusi di TK Damhil DWP UNG”. Jambura Early Childhood Education Journal 4(1): 64-74

Pautina, A.R., I, Usman., M.R, Pautina. (2022). “Resiliensi Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo di Masa Pandemi Covid-19”. PEDAGOGIKA 13(1): 16-23

Pautina, M.R. (2020). “Pengaruh Bimbingan Kelompok Terhadap Harga Diri Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Kota Gorontalo”. JAMBURA Guidance and Counseling Journal. 1(1): 8 – 13.

Puluhulawa, M., M.R, Pautina, dan M.R, Djibran. (2017). Reality Group Counseling to Improving Self-Esteem of Students. Journal GUIDENA, 7(2)

Rahelda, T. (2021). Hubungan Attachment Pada Ibu Dengan Perilaku Prososial Pada Remaja., skripsi. Riau.

Rahim, M., W, Hulukati., dan T, Wantu. 2021. Motivasi Berprestasi Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19 (Penelitian pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo). AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal. 7 (3).

Sukma. (2017). Menyemai Perilaku Prososial Di Sekolah. Jurnal Pendidikan. Vol.1. No.1.

Tuasikal, J. M. S., Mudjiran, M., & Nirwana, H. (2016). Pengembangan Modul Bimbingan dan Konseling untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Siswa. Konselor, 5 (3), Hal. 133-138.

Wantu, T., & Tuasikal, J. M. S. (2020). Pengaruh Kinerja Tutor Asrama Terhadap Komunikasi Interpersonal Mahasiswa Universitas Negeri Gorontalo. JAMBURA Guidance and Counseling Journal, 1(1), 1-7. https://doi.org/10.37411/jgcj.v1i1.128

Published
2023-11-27