Pengaruh Layanan Bimbingan Klasikal Teknik Symbolic Modelling untuk Meningkatkan Penyesuaian Sosial Siswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan klasikal teknik symbolic modelling dalam meningkatkan Penyesuaian sosial siswa kelas X pasca Belajar Dari Rumah (BDR). Jenis penelitian ini adalalah penelitian pre-eksperimen dengan rancangan One-Group Pretest-Postest Design. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Mananggu berjumlah 25 orang siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu Purposive Sampling. Analisis data menggunakan uji t. Hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata pretest 106,12 dengan standar deviasi 7,367 dan nilai rata-rata posttest 122,04 dengan standar deviasi 4,928. Hasil pengujian hipotesis diperoleh thitng > ttabel, yaitu 13,424 > 1,71.
References
Achda, Diar Muzamzam. 2013. Efektivitas Penggunaan Metode Pembelajaran Students Centered Learning (SCL) Berbaris Handout Pada Kompetisi Dasar Mendiskripsikan Permasalahan Lingkungan Hidup dan Upaya Penanggulangannya Dalam Pembangunan Berkelanjutan Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII SMP N 1 Ungaran. Skripsi. Tidakditerbitkan. Hal, 41.
Afrizawaty. Anggraini, Resi. Nurhayati. 2021. Hubungan Konsep Diri dan Penyesuaian Sosial Self Regulate Learning Di Era Pandemi Covid 19. Jurnal AS-SAID. Vol. 1, No. 2, Hal. 17.
Arsyad, A. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta; PT Raja Grafindo Persada. Hal, 40.
Fatima, Clara. Puspaningtyas, Nicky Dwi. 2020. Dampak Pandemi Covid 19 Terhadap Pembelajaran Online. Jurnal P endidikan Matematika. Vol. 8, No. 4, Hal. 3.
Febrianti, Ayu Elisabeth. Rosalia, Dewi Nawantara. 2022. Teknik Modeling Simbolis (Alternatif Strategi Pelaksanaan Layanan Konseling di Sekolah). Jurnal SEMDIKJAR 5. Hal, 43.
Handrini, Oktafia Ika. 2020. Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH). Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP). Vol 8. No 3. Hal 499.
Irwan. 2017. Pengaruh Bimbingan Klasikal Terhadap Harga Diri Siswa SMP Negeri 2 Gorontalo. Skripsi: Tidakditerbitkan. Hal, 13.
Joste, Serita Silnya. 2019. Penyesuaian Sosial (Social Adjustment) Pada Mahasiswa Disabilitas. Yogyakata. Skripsi: Tidakditerbitkan. Program Studi Psikologi, Fakultas Psikologi, Universitas Sanata Dharma. Hal, 11.
Korompot, Salim. 2020. Peran Bimbingan dan Konseling dalam Penanganan Pandemi Covid 19. Gorontalo: Universitas Negeri Gorontalo. Hal, 82.
Mukhtar. Syamsu, Yusuf. Amin, Budiamin. 2016. Program Layanan Bimbingan Klasikal untuk Meningkatkan Self Control Ssiswa. Psikopedagogia. Vol. 5, No. 1. Hal, 7-8.
Rahim, Maryam. Rena L, Madina. Meiske, Puluhulawa. 2021. Petunjuk Praktis Metode Layanan Bimbingan dan Konseling. Kota Gorontalo: UNG Press Gorontalo. Hal, 87-88.
Riduwan. 2012. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Afabeta. Hal, 115.
Rizal, Muhammad. Yovitha, Yuliejatiningsih. Tri, Hartini. 2019. Pengaruh Bimbingan Kelompok dengan Teknik Modelling Symbolic untuk Meningkatkan Kedisiplinan. Jurnal Of Educational Research and Review, Vol.2 No. 3. Hal, 382.
Sari, Haryanti Puspa. 2022. Update 20 Januari; Sebaran 2.116, kasus Harian Covid-19 di Indonesia, Jakarta Tertinggi. (https://nasional.kompas.com/read/2022/01/20/19035941/update-20-januari-sebaran-2116-kasus-harian-covid-19-di-indonesia-jakarta?page=all#) diakses pada tanggal 20 Januari 2022. Hal, 2.
Setyawan, David Ari. Febriyanti, Rosa. 2020. Penyesuaian Sosial Siswa Baru di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Jurusan Bimbingan Konseling UNDIKSHA. Vol, 11. No, 2. Hal, 162.
Sholihah, Binti Mar’atus. 2018. Pengaruh Bimbingan Klasikal Dengan Teknik Symbolic Modelling Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas X IPA di SMA Al-Azhar 03 Bandar Lampung. Hal, 39.
Siahaan, Matdioh. 2020. Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah. No 1. Hal 1-3.
Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito Bandung. Hal, 66.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan (PendekatanKuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta. Hal, 80-84
Susilowati, Endah. 2013. Kematangan Emosi Dengan Penyesuaian Sosial Pada Siswa Akselarasi Tingkat SMP. Jurnal Online Psikologi. Vol, 01. No, 01. Hal, 106.
Sutama, Gede Agus. Kadek, Suranata. Ketut, Dharsana. 2014. Penerapan Teori Behavioral Dengan Teknik Modelling Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Kelas AK C SMK Negeri 1 Singaraja. e-journal Undiksa Jurusan Bimbingan dan Konseling. Vol, 2. No, 1. Hal, 25.
Triyono dan Mastur. 2014. Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling Bidang Bimbingan Sosial. Yogyakarta: Paramitra Publishing. Hal, 2.
Wardani, Rinanda. Apollo. 2010. Hubungan Antara Kompetensi Sosial dengan Penyesuaian Sosial Pada Remaja. Jurnal Ilmiah Universitas Katolik Widya Mandala Madiun. XXXIV (01), hal 8-9.