Pengaruh Konseling Kelompok Terhadap Kemampuan Problem Solving Siswa

  • Ririn Fadilla Universitas Negeri Gorontalo
  • Rena Madina Universitas Negeri Gorontalo
  • Meiske Puluhulawa Universitas Negeri Gorontalo
Keywords: Eksperimen, Konseling Kelompok, Problem Solving

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konseling kelompok terhadap kemampuan problem solving siswa kelas XI MAN 1 Kabupaten Gorontalo. Jenis penelitian ini adalah Pre-Experimenta dengan rancangan One-Group Pretest-Posttest Design. Anggota sampel dalam penelitian ini berjumlah 8 siswa yang ditetapkan berdasarkan teori bimbingan dan konseling secara Purposive Sampling.Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretest 73,38 dan nilai rata-rata post test 78,63. Hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai thitung > ttabel  yaitu 21,00 > 1,90. Dapat disimpulkan hipotesis dalam penelitian ini terdapat pengaruh konseling kelompok terhadap kemampuan problem solving siswa kelas XI MAN 1 Kabupaten Gorontalo, dapat diterima dalam arti bahwa konseling kelompok dapat membantu dalam meningkatkan kemampuan problem solving siswa.

References

Argusni, Rika & Ike Sylvia. 2019. Pelaksanaan Model Problem Based Learning Untuk Mrningkatkan Kemampuan Problem Solving Siswa Kelas XI IIS SMAN 16 Padang. Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran. Vol. 1, No. 1 Hal 58
Arikunto, Suharsinain. 2010. Prosedur Suatu Penelitian Praktis. Jakarta : Asdi Mahasatya
Fahmi, Nasrina Nur & Slamet. 2016. Layanan Konseling Kelompok Dalam Meningkatkan Rasa Percaya Diri Siwa SMK Negeri 1 Depok Slema. Jurnal Hisbah. Vol. 13, No. 1 Hal 72-73
Husain. 2018. Konseling Kelompok. Gorontalo: Ideas Publishing
Hatmoko, J, H. 2015. Survey Minat Dan Motivasi Siswa Putri Terhadap Mata Pelajaran Penjasorkes Di SMK Se-Kota Salatiga Tahun 2013. Jurnal Of Physical Education, Sport, Health And Recreation. Vol 4. No 4 Hal 173
Herlina, Uray. 2015. Teknik Role Playing Dalam Konseling Kelompok. Jurnal Pendidika Sosial. Vol. 2, No. 1 Hal 101-103
Jannah, Miftahul. 2015. Tugas-Tugas Perkembangan Pada Usia Kanak-Kanak. Internasional Journal of Clild and Gender Studies. Vol, 1. No, 2 Hal 88
Kurino, Yeni Dwi. 2018. Problem Solving dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa ada Materi Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas. Vol. 4, No. 1 Hal 58
Lubis, Namora Lumangga Hasnida. 2016. Konseling Kelompok. Jakarta: Prenadamedia Group.
Latipun. 2015. Psikologi Konseling. Malang : Universitas Muhamadiyah Malang.
Mulkiyan, Mulkiyan. 2017. Mengatasi Masalah Kepercayaan Diri Siswa melalui Konseling Kelompok. Jurnal Konseling dan Pendidikan. Vol. 5, No. 3 Hal 138
Nurhisan, Achmad Juntika. 2012. Startegi Layanan Bimbingan dan Konseling. Bandung : PT. Redaksi Reflika
Pautina, Mohamad Rizal. 2020. Pengaruh Bimbingan Kelompokk Terhadap Harga Diri Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Kota Gorontalo. Jambura Guidance and Counseling Journal. Vol. 1, No. 1 Hal 9
Pamungkas, AH, Yuwono, S. Dan Psi, S. 2021. Hubungan Antara Soft Skill Problem Solving dengan Kesiapan Kerja pada Mahasiswa Akhir. Disertasi Doktor. Universitas Muhammadiyah Sura Karta.
Patnani, Miwa. 2013. Upaya Meningkatkan Kemampuan Problem Solving pada Mahasiswa. Jurnal Psikogenesis. Vol. 1, No. 2 Hal 133
Purwanti, Sri. 2016. Kemampuan Siswa Menyelesaikan Masalah (Problem Solving) pada Konsep Gerak di Kelas X MAN Rukoh Darussalam. Skripsi. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh. Hal 13.
Qodratillah, M. T. Harimansyah, G. Hardaniwati, M. Sitanggang, C. Sulastri, H. Budiwiyanto, A. Dan Puspita, D. 2011. Kamus Bahasa Indonesia Untuk Pelajar. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Rosidah, Ainur & Nur Faizal. 2020. Bimbingan Belajar Teknik Problem Solving Untuk Meningkatkan Pengelolaan Diri dalam Belajar. Jurnal Fokus Konseling. Vol. 1, No. 1 Hal 56
Sudjana. 2005. Metode Statistik. Bandung : Tarsito
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: ALFABETA
Sulasamono, Bambang Suteng. 2012. Problem Solving: Signifikansi, Pengertian, dan Ragamnya. Jurnal Penelitian Pengembangan Kependidikan. Vol. 28, No. 2 Hal 161-162
Tuasikal, J.M.S, Madina, R, Pautina, M.R, dan Korompot, S. 2021. Pelayanan Bimbingan dan Konseling Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Siswa di Masa Covid 19. Student Journal Guidance and Counseling. Vol. 1, No. 1 Hal 6
Tohirin. 2015. Bimbingan dan Konseling di Sekolah Madrasah. Jakarta PT. Raja Grafindo Persada.
Published
2023-11-30