Pengaruh Bimbingan Kelompok Terhadap Perilaku Asertif pada Mahasiswa

  • Abdul Halid Djano Universitas Negeri Gorontalo
  • Mohamad Rizal Pautina Univarsitas Negeri Gorontalo
  • Wenny Hulukati Univarsitas Negeri Gorontalo
  • Amalia Rizki Pautina IAIN Sultan Amai Gorontalo
Keywords: Bimbingan Kelompok, Perilaku Asertif, Eksperimen

Abstract

Rumusan masalah pada penelitian ini adalah “Apakah terdapat Pengaruh bimbingan kelompok terhadap perilaku asertif mahasiswa ikatan alumni SMK Negeri 1 Kotamobagu semester V?”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh bimbingan kelompok terhadap perilaku asertif mahasiswa ikatan alumni SMK Negeri 1 Kotamobagu. Jenis penelitian ini adalah Pre-experimental design dengan rancangan One-Group Pretest-Postest Design. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah mahasiswa ikatan alumni SMK Negeri 1 Kotamobagu semester V berjumlah 12 orang, yang ditetapkan secara Purposive Sampling.

Perilaku asertif mahasiswa sebelum menerima perlakuan bimbingan kelompok dapat terlihat pada pre-test dengan skor 1302 dengan standar deviasi yaitu 12,464 dan setelah menerima perlakuan bimbingan kelompok mengalami peningkatan dapat terlihat dari hasil post-test dengan skor 1653 dengan standar deviasi 6,904. Selisih antara pre-test dan post-test yaitu 351. Berdasarkan analisis data uji t diperoleh harga thitung sebesar 27,55 sedangkan dari daftar distribusi t pada taraf nyata 5% diperoleh t0,95 (22) = 1,72. Ternyata harga thitung memperoleh harga lain, atau thitung telah berada diluar daerah penerimaaa H0 dimana thitung (27,55) > dari ttebel (1.72), sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 tolak dan menerima H1. Artinya bahwa hipotesis terdapat pengaruh bimbingan kelompok terhadap perilaku asertif mahasiswa ikatan alumni SMK Negeri 1 Kotamobagu semester V, dapat diterima.

References

Anfajaya, M. A., & Indrawati, E. S. (2016). Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Perilaku Asertif Pada Mahasiswa Organisatoris Fakultas Hukum Universitas Diponegoro Semarang. Empati: Jurnal Karya Ilmiah S1 Undip, 5(3), 529–532.

Asrul, Arlizon, R., & Yakub, E. (2016). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Peningkatan Komunikasi Asertif Siswa SMA Negeri 5 Pekanbaru Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 3(2), 1–11.

Mahadewi, D. P. S., & Fridari, I. G. A. D. (2019). Peran harga diri dan kecerdasan emosional terhadap perilaku asertif mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Jurnal Psikologi Udayana, Edisi Khus, 134–144.

Narti, S. (2014). Model Bimbingan Kelompok Berbasis Ajaran Islam untuk Meningkatkan Konsep Diri Siswa. Pustaka pelajar offset.

Nurkholis. (2013). Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan, 1(1), 24–44.

Pautina, A.R., W, Pratiwi., dan M.R, Pautina. (2022). “Efektifitas Pelaksanaan Program Bimbingan Konseling Inklusi di TK Damhil DWP UNG”. Jambura Early Childhood Education Journal 4(1): 64-74

Pautina, A.R., I, Usman., M.R, Pautina. (2022). “Resiliensi Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo di Masa Pandemi Covid-19”. PEDAGOGIKA 13(1): 16-23

Pautina, M.R. (2020). “Pengaruh Bimbingan Kelompok Terhadap Harga Diri Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Kota Gorontalo”. JAMBURA Guidance and Counseling Journal. 1(1): 8 – 13.

Pautina, M.R dan M.R, Djibran. (2021). The Relationship Between Spiritual Intelligence and Empathy of Students. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan. 4 (3). 167 – 174.

Pautina, M.R., Korompot, S., dan I, Usman. 2021. Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pelatihan Antisipasi Potensi Banjir Dengan Cara Pengolahan Lahan dan Lingkungan Bagi Masyarakat Desa Milango. Jurnal Sibermas (Sinergi Pemberdayaan Masyarakat). 11 (1).

Puluhulawa, M., M.R, Pautina, dan M.R, Djibran. (2017). Reality Group Counseling to Improving Self-Esteem of Students. Journal GUIDENA, 7(2)

Rusmana, N. (2019). Bimbingan dan Konseling Kelompok di Sekolah: Metode, Teknik dan Aplikasi. UPI Press.

Suryani, L. (2017). Upaya Meningkatkan Sopan Santun Berbicara Dengan Teman Sebaya Melalui Bimbingan Kelompok. E-Jurnalmitrapendidikan.Com, 1(1), 112–124.

Tuasikal, J.M.S., R, Madina., M.R, Pautina., dan S, Korompot. (2021). Pengembangan Instrumen Remaja dalam Membina Hubungan (Handling Relationships) Berbasis Komputer. SJGC: Student Journal of Guidance and Counseling. 1 (1). 1-9.

Verina, A. I. (2019). Kecenderungan dan Faktor-Faktor yang Memengaruhi Perilaku Asertif pada Mahasiswa yang Aktif Berorganisasi di Kampus. Skripsi. Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta.

Published
2023-11-27