Pengaruh Bimbingan Kelompok Rational Emotive Behavior Therapy Terhadap Regulasi Emosi Siswa

  • Delviana Nusi Universitas Negeri Gorontalo
  • Mardia Bin Smith Universitas Negeri Gorontalo
  • Jumadi Mori Salam Tuasikal Universitas Negeri Gorontalo
Keywords: Bimbingan Kelompok, Rational Emotive Behavior Therapy, Regulasi Emosi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok rational emotive behavior therapy  untuk meningkatkan regulasi emosi melalui suatu eksperimen. Penelitian ini adalah pra-eksperimen yang menggunakan desain “One Group pretest dan pottest design”. Penelitian ini terdiri dari dua variable yaitu variable X (Bimbingan Kelompok Rational Emotive Behavior Therapy) dan variable Y (Regulasi Emosi). Anggota sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI yang berjumlah 15 orang (menggunakan ukuran sampel minimal untuk penelitian eksperimen). Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah secara purposive sampling. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket. Angket yang disebarkan sebanyak dua kali yakni sebelum pemberian treatment dan sesudah pemberian treatment. Hasil penelitian diperoleh harga thitung sebesar 1.849 sedangkan dari daftar distribusi t pada taraf 5% diperoleh  t0,95 (14) = 1,76. Ternyata harga thitung telah berada di luar daerah penerimaan H0, sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak menerima H1. Artinya bahwa hipotesis terdapat pengaruh bimbingan kelompok rational emotive behavior therapy untuk meningkatkan regulasi emosi siswa di SMA Negeri 1 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo dapat diterima.

References

Carysa, Tiwi., Yasinta. 2019. Pengaruh regulasi emosi terhadap agresivitas pada atlet sepak bola usia remaja. Skripsi. Yokyakarta.
Cholifah, N. Rusnoto. Yayuk, M. 2020. Hubungan regulasi emosi dengan siklus menstruasi pada mahasiswi program studi S1 Keperawatan tingkat 1 di Universitas Muhammadiah Kudus. Indonesia Jurnal Kebidanan, 2020, Vol. 4 No. 2, Hal: 14-20
Choirunnisa, R. dan Ediati A. 2018. Hubungan antara komunikasi interpersonal Remaja – Orang tua dengan regulasi emosi pada siswa SMK. Jurnal empati. Ags 2018, Vol 7 (3), Hal 236-243
Habsy, A., B. 2018. Konseling rasional emotive perilaku: Sebuah tinjauan filosofis. Indonesian journal of educational counseling. Januari 2018, Vol 2 (1) Hal.13-30
Hartinah, S. 2009. Konsep dasar bimbingan kelompok. Bandung: Refika Aditama
Hazmy, N. 2020. Pengaruh bimbingan kelompok terhadap perilaku membolos peserta didik kelas XI Teknok Otomotif SMK Muhammadiyah 1 Kota Tegal. Skripsi. Tegal.
Komalasari, G; Eka W; dan Karsih. 2014. Teori dan teknik konseling. Jakarta barat: indeks.
Nurihsan, Ahmad. Juntika. 2014. Bimbingan Konseling Dalam Berbagai Latar Kehidupan. Bandung: PT. Refika Aditama.
Rusmana, N. 2009. Bimbingan dan konseling kelompok di sekolah (metode, teknik dan aplikasi). Bandung: Rizki Press
Setyowati, R. 2010. Keefektifan pelatihan keterampilan regulasi emosi terhadap penurunan tingkat stress pada ibu yang memiliki anak attention deficit and hyperactive. Skripsi. Surakarta.
Silaen, C., A. dan D. S. Kartika. 2015. Hubungan antar regulasi emosi denga asertivitas ( Studi korelasi pada siswa di SMA Negeri 9 Semarang ). Jurnal empati, April 2015, Vol 4 (2) Hal. 175-181
Tuasikal, J.M.S., Mudjiran. dan Herman Nirwana.2016. Pengembangan Modul Bimbingan dan Konseling untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Siswa. Jurnal Konselor. September 2016, Vol.5 No. 3. Hal 134-139
Welly, W. Edo, G. Yuanita, A. 2022. Teknik Hipnoterapi dalam Mengurangi Kecanduan Game Online Pada Remaja. Jurnal Ilmu Kesehatan, April 2022, Vol. 6 No.1, Hal: 43-47
Yusuf, Syamsu. 2016. Konseling individual (Konsep dasar & pendekatan). Bandung: Reflika Aditama.
Published
2023-11-30