Pengaruh Bimbingan Kelompok Teknik Modeling Simbolis Terhadap Motivasi Berprestasi Siswa
Keywords:
Bimbingan Kelompok, Teknik Modeling Simbolis, Motivasi Berprestasi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh bimbingan kelompok teknik modeling simbolis terhadap motivasi berprestasi siswa SMK Negeri 1 Suwawa Kabupaten Bone Bolango. Jenis penelitian ini adalah Pre-Experimental Design dengan rancangan One-Group Pretest-Posttest Design. Variabel bebas yaitu bimbingan kelompok teknik modeling simbolis dan variabel terikat yaitu motivasi berprestasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Jurusan TAV (teknik audio video) di SMK Negeri 1 Suwawa Kabupaten Bone Bolango yang berjumlah 12 siswa.
References
Akbar, Zarina dan Muhammad Ridha. 2020. Implementasi Teknik Home Room Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Melatih Kepercayaan Diri Siswa SMA Negeri 1 Sitolu Ori Nias Utara. Jurnal Edukasi Jurnal Bimbingan Konseling.
Akhmad Rikman. 2019. Pengaruh Bimbingan Kelompok Teknik Modeling Simbolis Terhadap Motivasi Berprestasi Siswa Kelas XIII SMP Negeri 1 Kabila Kecamatan Kabila Kabupaten Bone Bolango. Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Bagaskara, Olga. A. 2019. Keefektifan Konseling Kelompok Dengan Teknik Modeling Simbolik Untuk Mengurangi Perilaku Antisosial Siswa SMA negeri 1 Sukorejo Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.
Damanik, Rabukit. 2020. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Berprestasi Mahasiswa. Jurnal Serunai Ilmu Pendidikan. Vol 6., No 1. Hal 31.
Eliyarti dan Chici Rahayu. 2019. Tinjauan Motivasi Berprestasi Mahasiswa Teknik Dalam Perkuliahan Kimia Dasar. Jurnal Pendidikan Glasser. Vol 3., No. 2. Hal 198.
Imawati, L., Sucipto dan Santoso. 2021. Konseling Behavioristik Dengan Teknik Modeling Simbolik Untuk Mengatasi Anak Yang Tidak Menghargai Guru Les Di Desa Wonoketingal Karanganyar Demak. Jurnal Prakarsa Paedagogia. Vol 4., No 1. Hal 118.
Muhtar. 2020. Pengaruh Teknik Modeling Simbolis Dengan Menggunakan Visualisasi Film Dalam Bimbingan Kelompok Terhadap Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Merokok Siswa Di SMP Negeri 1 Gantarangkeke Kabupaten Bantaeng. Program Studi Bimbingan Penyuluhan Islam (Bpi) Fakultas Ushuluddin Dan Komunikasi Islam Institut Agama Islam (Iai) Muhammadiyah Sinjai.
Pautina, Rizal M., Moh. Rizki Djibran dan Meiske Puluhulawa. 2017. Layanan Bimbingan Kelompok dan Pengaruhnya Terhadap Self-Esteem Siswa. Proceeding Seminar Dan Lokakarya Nasional Revitalisasi Laboratorium Dan Jurnal Ilmiah Dalam Implementasi Kurikulum Bimbingan Dan Konseling Berbasis Kkni. Hal 32.
Prayitno, Adi B., Budi Utami dan Luthfiana Gita Pramesti. Hubungan Motivasi Berprestasi Dan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia. Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol 24., No 1. Hal 19-20.
Rudin, A., Aspin dan Nur Maya Reslia Mesa. Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Perilaku Altruisme Siswa. Jurnal Bening. Vol 4., No 1. Hal 4.
Smith Bin Mardia, Meiske Puluhulawa, dan Irvan Usman. 2017. Teknik Modeling Simbolis Dalam Layanan Bimbingan Dan Konseling Proceding Seminar Dan Lokakarya Nasional Revitalisasi Laboratorium Dan Jurnal Ilmiah Dalam Implementasi Kurikulum Bimbingan Dan Konseling Berbasis KKNI. Hal 86-87.
Sudjana. 2005. Metoda Statistik. Bandung: PT. Tarsito Bandung.
Sugiyono. 2021. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: ALFABETA.
Sundari, Faulina. 2017. Peran Guru Sebagai Pembelajar Dalam Memotivasi Peserta Didik Usia SD Prosiding Diskusi Panel Pendidikan “Menjadi Guru Pembelajar” Keluarga Alumni Universitas Indraprasta PGRI.
Ula, Najmul. 2019. Motivasi Berprestasi Siswa Sekolah Menengah Dalam Pendidikan Agama Islam di Kecamatan Nisam, Aceh Utara. Dayah: Journal of Islamic Education. Vol 2., No 2. Hal 153.
Yulia. 2019. Penerapan Teknik Modeling Simbolis Dalam Pengembangan Perencanaan Karier Siswa Smp Negeri 6 Palangka Raya. Program Studi Bimbingan Dan Konseling Jurusan Ilmu Pendidikan Universitas Palangka Raya.
Akhmad Rikman. 2019. Pengaruh Bimbingan Kelompok Teknik Modeling Simbolis Terhadap Motivasi Berprestasi Siswa Kelas XIII SMP Negeri 1 Kabila Kecamatan Kabila Kabupaten Bone Bolango. Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Bagaskara, Olga. A. 2019. Keefektifan Konseling Kelompok Dengan Teknik Modeling Simbolik Untuk Mengurangi Perilaku Antisosial Siswa SMA negeri 1 Sukorejo Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.
Damanik, Rabukit. 2020. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Berprestasi Mahasiswa. Jurnal Serunai Ilmu Pendidikan. Vol 6., No 1. Hal 31.
Eliyarti dan Chici Rahayu. 2019. Tinjauan Motivasi Berprestasi Mahasiswa Teknik Dalam Perkuliahan Kimia Dasar. Jurnal Pendidikan Glasser. Vol 3., No. 2. Hal 198.
Imawati, L., Sucipto dan Santoso. 2021. Konseling Behavioristik Dengan Teknik Modeling Simbolik Untuk Mengatasi Anak Yang Tidak Menghargai Guru Les Di Desa Wonoketingal Karanganyar Demak. Jurnal Prakarsa Paedagogia. Vol 4., No 1. Hal 118.
Muhtar. 2020. Pengaruh Teknik Modeling Simbolis Dengan Menggunakan Visualisasi Film Dalam Bimbingan Kelompok Terhadap Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Merokok Siswa Di SMP Negeri 1 Gantarangkeke Kabupaten Bantaeng. Program Studi Bimbingan Penyuluhan Islam (Bpi) Fakultas Ushuluddin Dan Komunikasi Islam Institut Agama Islam (Iai) Muhammadiyah Sinjai.
Pautina, Rizal M., Moh. Rizki Djibran dan Meiske Puluhulawa. 2017. Layanan Bimbingan Kelompok dan Pengaruhnya Terhadap Self-Esteem Siswa. Proceeding Seminar Dan Lokakarya Nasional Revitalisasi Laboratorium Dan Jurnal Ilmiah Dalam Implementasi Kurikulum Bimbingan Dan Konseling Berbasis Kkni. Hal 32.
Prayitno, Adi B., Budi Utami dan Luthfiana Gita Pramesti. Hubungan Motivasi Berprestasi Dan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia. Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol 24., No 1. Hal 19-20.
Rudin, A., Aspin dan Nur Maya Reslia Mesa. Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Perilaku Altruisme Siswa. Jurnal Bening. Vol 4., No 1. Hal 4.
Smith Bin Mardia, Meiske Puluhulawa, dan Irvan Usman. 2017. Teknik Modeling Simbolis Dalam Layanan Bimbingan Dan Konseling Proceding Seminar Dan Lokakarya Nasional Revitalisasi Laboratorium Dan Jurnal Ilmiah Dalam Implementasi Kurikulum Bimbingan Dan Konseling Berbasis KKNI. Hal 86-87.
Sudjana. 2005. Metoda Statistik. Bandung: PT. Tarsito Bandung.
Sugiyono. 2021. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: ALFABETA.
Sundari, Faulina. 2017. Peran Guru Sebagai Pembelajar Dalam Memotivasi Peserta Didik Usia SD Prosiding Diskusi Panel Pendidikan “Menjadi Guru Pembelajar” Keluarga Alumni Universitas Indraprasta PGRI.
Ula, Najmul. 2019. Motivasi Berprestasi Siswa Sekolah Menengah Dalam Pendidikan Agama Islam di Kecamatan Nisam, Aceh Utara. Dayah: Journal of Islamic Education. Vol 2., No 2. Hal 153.
Yulia. 2019. Penerapan Teknik Modeling Simbolis Dalam Pengembangan Perencanaan Karier Siswa Smp Negeri 6 Palangka Raya. Program Studi Bimbingan Dan Konseling Jurusan Ilmu Pendidikan Universitas Palangka Raya.



