Perilaku Asertif Siswa SMK Negeri 2 Gorontalo

  • Anggriyani Maitala Universitas Negeri Gorontalo
  • Mardia Bin SMith Universitas Negeri Gorontalo
  • Jumadi Mori Salam Tuasikal Universitas Negeri Gorontalo
Keywords: Deskripsi, perilaku asertif, remaja

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif yang mendeskripsikan perilaku asertif siswa kelas XI di SMK Negeri 2 Gorontalo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku asertif siswa kelas XI di SMK Negeri 2 Gorontalo. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMK Negeri 2 Gorontalo, yang berjumlah 395 siswa sedangkan pengambilan sampel penelitian dengan teknik total sampling  berjumlah 50 siswa dan teknik analisis data menggunakan analisis persentase. Berdasarkan hasil penelitian yang dianalisis dengan analisis persentase menunjukkan bahwa dari perilaku asertif  siswa kelas XI di SMK Negeri 2 Gorontalo dengan indikator bicara asertif memiliki persentase 52% (rendah), kemampuan mengungkapkan perasaan memiliki persentase 64,3% (sedang), menyapa atau memberi salam kepada orang lain memiliki persentase 57,83% (sedang), ketidaksepakatan memiliki persentase 63% (sedang), menyatakan alasan memiliki persentase 62,6% (sedang), berbicara mengenai diri sendiri memiliki persentase 56% (sedang), menghargai pujian dari orang lain memiliki persentase 52% (rendah), menolak untuk menerima begitu saja pendapat orang yang suka berdebat memiliki persentase 47,6% (rendah), menatap lawan bicara memiliki persentase 46,6% (rendah), respon melawan rasa takut memiliki persentase 54,6% (rendah). Berdasarkan olahan data secara keseluruhan maka hasil secara keseluruhan perilaku asertif siswa kelas XI di SMK Negeri 2 Gorontalo memiliki persentase sebersar 55,65% berada pada kategori sedang.

References

Abidin, Z. 2011. Pengaruh Pelatihan Resiliensi Terhadap Perilaku Asertif Pada Remaja. 4 (2).

Anfajaya, M.A & Indrawati, E.S. Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Perilaku Asertif Pada Mahasiswa Organisatoris Fakultas Hukum Universitas Diponegoro Semarang. Jurnal Empat. 5 (3).

Astuti, W. D & Muslikah. 2019. Hubungan Antara Konsep Diri dengan Perilaku Asertif Siswa Kelas XI. Jurnal Bimbingan Konseling. 5 (2).

Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Penelitian Praktis. Jakarta: Arsadi Mahasatya.

Azzahra, I. M., dan Diana, R. R. 2021. Dinamika Perilaku Takut Pada Anak Usia Dini. Jurnal ŚALIĤA. 4 (2). 27

Dewi, K. 2017. Pengaruh Layanan Binbingan Kelompok dengan Teknik Sosiodrama terhadap Perilaku Asertif Siswa.

Hartati, Y.S. 2018. Tindak Tutur Asertif Dalam Gelar Wicara Mata Najwa Di Metro TV. Jurnal Kata. 2 (2).

Husnah, S., Wahyuni, E., dan Fridani, L. 2022. Gambaran Perilaku Asertif Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Ilmu Pendidikan. 4 (1).

Ibrahim. 2019. Konsep Diri dalam Komunikasi. Jurnal Edukasi. 2 (2). 191

Khairani, A., Martunis., dan Fajriani. 2017. Pelaksanaan Teknik Asertif Untuk Meningkatkan Perilaku Aseretif Siswa di SMAN 2 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan & Konseling. 2 (3).

Karima, C.M, & Anindyajati, M. 2004. Peran Harga Diri Terhadap Asertivitas Remaja Penyalahguna Narkoba (Penelitian Pada Remaja Penyalahguna Narkoba Di Tempat-Tempat Rehabilitasi Penyalahguna Narkoba).

Kustiawan, W., Khaira, A., Nisa, A., Nurhalija, M., dan Ramadhan, R. 2022. Komunikasi Asertif dan Empatik dalam Psikologi Komunikasi. Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi dan Manajemen (JIKEM). 2 (2).

Munir, Z. 2019. Hubungan Perilaku Asertif dengan Kenakalan Remaja dan Masalahny7a di SMAN 2 Masbagik. Jurnal Pendidikan Dasar. 3 (2).

Nabilah, R dan Rosalina, E. 2019. Hubungan antara Harga Diri dengan Perilaku Asertif pada Remaja Di SMA Negeri 5 Kota Jambi. Jurnal Psikologi. 4 (2).

Nisak, F. 2017. Konsep Diri Kematangan Emosi dan Perilaku Asertif Remaja. Skripsi.

Puspa, D. 2019. Pengaruh Perilaku Asertif terhadap Perkembangan Sosial Siswa Kelas VII SMP Yayasan Pendidikan Sablina di Tembung. Skripsi.

Riduwan. 2005. Belajar Muda Penelitian Untuk Guru, Kariyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: PT Alfabeta.

Rohyati, E dan Purnamasari, H. Y. 2015. Perilaku Asertif pada Remaja Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta. 1 (1).

Sari, H. N. 2022. Hubungan antara Konsep Diri dengan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Mahasiswa UHAMKA. BULLET : Jurnal Multidisiplin Ilmu. 1 (3). 186

Sari, K. F., Loekmono., Lobby., dan Setyorini. 2019. Hubungan antara Tipe Kepribadian Ekstroversion dengan perilaku Asertif Mahasiswa Bimbingan & Konseling Universitas Kristen Satya Wacana. Jurnal Psikologi Konseling. 13 (2).

Sugiyono. 2017. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: ALFABETA.

Sumedi. 2018. Meningkatkan Etika Berbicara dengan Teman Sebaya Melalui Bimbingan Kelompok dengan Teknik Modelling pada Siswa SMP. Jurnal Prakarsa Paedagogia. 1 (1). 50

Published
2023-05-04