Deskripsi Kecanduan Handphone pada Siswa
Abstract
Abstrak
Penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif yang mendeskripsikan Kecanduan Handphone Pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 15 Kota Gorontalo.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kecanduan Handphone Pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 15 Kota Gorontalo. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 15 Kota Gorontalo Tahun Ajaran 2022/2023 berjumlah 125 orang sedangkan pengambilan sampel penelitian dengan teknik Random Sampling berjumlah 25 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari kecanduan handphone maka peroleh hasil sebagai berikut: a) Indikator gangguan sehari-hari 17,2% (rendah), b) Indikator antisipasi positif 17,7% (rendah), c) Indikator penarikan 70,7% (sedang), d) Indikator hubungan dengan dunia maya 61,7% (sedang), e) Indikator penggunaan berlebihan 60% (sedang), f) Indikator toleransi 77,9% (tinggi). Secara keseluruhan kecanduan handphone pada siswa Kelas IX di SMP Negeri 15 Kota Gorontalo dapat dikatakan 60,6% dengan berada pada kategori sedang.
Kata kunci: Kecanduan Handphone, Deskripsi Kuantitatif
References
Ambarwaty., U., I., 2018. Pengaruh Kontrol diri, Kesepian dan Sensation seeking Terhadap Kecanduan Smartphone Pada Remaja. Skripsi Fakultas Psikologi Universitas Islam Syarif Hidayatullah Jakarta.
Alwi, Nurul Maulida. Abdullah, Pandang. M. Fikri Syahril. 2017. Penerapan Teknik Self Management Untuk Mereduksi Kecanduan Gadget Dalam Jejaring Sosial Pada Siswa. Jurnal. Universitas Negeri Gorontalo
Fadilah., A., 2011. Pengaruh Penggunaan Alat Komunikasi Handphone (Hp) Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Smp Negeri 66 Jakarta Selatan. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah .
Febrianto,., A., 2021. Dampak Penggunan Handphone Dalam Dunia Pelajar . Undergraduate Thesis. Universitas Muhammadiyah Malang. https://eprints.umm.ac.id/72555/
Franz Magnis-Suseno. 1987. Etika Dasar; Masalah-masalah pokok Filsafat Moral, (Yogyakarta: Kanisius, h. 114
Hidayat, S.& Mustikasari. 2014. Kecanduan Penggunaan Handphone dan Kualitas Tidur Pada Mahasiswa FIK UI. Jurnal. Fakultas Ilmu kedokteran Universitas Indonesia
Jaza., A., Amalia., R., Yolivia., I., 2013. Hubungan Kecanduan Smartphone dengan Daya Konsentrasi Remaja. Universitas Negeri Padang. Kampus V Bukit Tinggi
Juliadi., 2018. Penyebab Penggunaan Gadget Pada Remaja. Skripsi. FKIP Program Studi Bimbingan Konseling Universitas Riau Kepulauan Batam
Kwon, M., Kim, D. J., Cho, H., & Yang, S. (2013). The Smartphone addiction Scale: Development and Validation of a Short Version for Adolescents. Plis One Journal, 8, (12)
Kristiwati., Irfan., & Arifuddin., 2019. Dampak Handphone Android Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas XI IPS Di SMAN 3 Kota Bima Indri . Jurnal Pendidikan Sosiologi. 2. (2)
Lestari., R., & Sulin., I., 2020. Faktor-faktor Penyebab Siswa Kecanduan Handphone Studi Deskriptif Pada Siswa di SMP Negeri 13 Kota Bengkulu. Journal Ilmiah BK. 3. (1)
Pangesty Nurul. 2019. Pengaruh Handphone terhadap akhlak siswa dalam berperilaku Di SDN 060 Bengkulu Utara. Institut Agama Islam Negeri Bengkulu
Satiawati., 2012. Hubungan kecanduan Smarthphone dengan Daya Konsentrasi Remaja. Universitas Negeri Padang, Kampus V Bukittinggi
Sugiyono., 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta
Sulistyo., B., 1998. Dasar-Dasar Tekhnologi Informasi. Jakarta: Universitas Terbuka Depdikbud.
Sudjana. (2002). Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
Widyasari., V., M., 2015. Kecanduan Ponsel pada Mahasiswa Ditinjau dari Kualitas Persahabatan dan Minat Sosial. Skripsi. Jurusan Psikologi Fakultas Kedokteran UNS.
Yusuf., S., dan Nurihsan., A., J., 2010. Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung: Rosdakarya



