Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Modeling Simbolik dalam Meningkatkan Toleransi Beragama pada Siswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik modeling simbolik dalam meningkatkan toleransi beragama siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Gorontalo. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen denganĀ One-Group Pretest-Postest Design. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Gorontalo berjumlah 8 orang siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu secara purposive sampling. Analisis data menggunakan uji t. hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata pretest 110,88 dengan standar deviasi 4,121 dan nilai rata-rata posttest 119,25 dengan standar deviasi 4,590. Hasil pengujian hipotesis thitungĀ > ttabel yaitu 10,768 > 1,90 dalam arti hipotesis yang berbunyi terdapat pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik modeling simbolik dalam meningkatkan toleransi beragama siswa. Penelitian menunjukkan bahwa layanan bimbingan kelompok teknik modeling simbolik berpengaruh secara signifikan dalam meningkatkan toleransi beragama siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Gorontalo, dapat diterima. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik modeling simbolik dalam meningkatkan toleransi beragama siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Gorontalo.
References
Agustin, R dan Rizki S. 2020. Toleransi Antar Umat Beragama Di Sekolah: Studi di SMAN 8 Singkawang Selatan Tahun Pelajaran 2019/2020. Journal Of Research and Thought on Islamic. 3 (2).
Arifin, R dan Muhammad, Y. 2020. Toleransi beragama dalam perpektif Hadits. Jurnal Manajemen dan Dakwah. 1 (1).
Arikunto dan Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Penelitian Praktis. Jakarta: Asdi Mahasatya
Armila. 2020. Bimbingan Kelompok Dalam Mengatasi Stres. Jurnal Bimbingan penyuluhan Islam. 02 (01).
Azhar., Enny, F. dan Nuransyah. 2020. Implementasi Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Meningkatkan Disiplin Mahasiswa BK. Jurnal Konseling Indonesia. 5 (2).
Disantara, F, P dan Dicky, E, P. 2020. Optimaisasi DWIPA (Desa Wisata Pancasila) Sebagai Upaya Meningkatkan Harmonisasi Sosial dan Toleransi. Law, Deveopment & Justice Review. 3(2).
Fitriani, Sofiah. 2020. Kebebasan dan Toleransi Antar Umat Beragama. Jurnal Studi Keislaman. 20(2).
Irawati, L., Sucipto dan Santoso. 2021. Konseling Behavioristik dengan Teknik Modeling Simbolik Untuk Mengatasi Anak Yang Tidak Menghargai Guru Les Di Desa Wonoketinggal Karangayar Demak. Jurnal Perkasa Paedagogia. 4(1).
Kasir, A., dan Anthonius, P. 2019. Media Publikasi Ilmiah Prodi PPKn. Jurnal Edu Civic 5(2).
Lestari, B, B. 2021. Toleransi Agama Rumah Susun Cipta Menanggal Blok 65, Menanggal, Gayungan Surabaya. Jurnal ivet Teacherpreneur. 28(2).
Maharani, P., Ratna, W dan Resi, E, A. 2020. Penggunaan Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Toleransi Dalam Interaksi Sosial pada Siswa. Hal 1
Mahfudz, Ahmad 2020 Pesantren dan Pembentukan Spirit Toleransi. Jurnal Penelitian dan Pemikiran Keislaman. 7 (1).
Muharam, R, S. 2020. Membangun Toleransi Umat Beragama Di Indonesia Berdasarkan Konsep Deklarasi Kairo. Jurnal Ham. 11 (2).
Nuraida. 2021. Peningkatan Mint Belajar Siswa Kelompok VIII.B Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Masa Covid-19 SMPN 3 Masbagig. Jurnal Pendidikan dan Sains. 1 (1).
Nurihsan, J. Achmad. 2014. Bimbingan dan Konseling dalam Berbagai Latar Belakang Kehidupan. Bandung : PT Refika Aditema
Pratiwi, Ardila. 2017. Efektivitas Teknik Modeling Simbolik untuk Meningkatkan Motivasi Berprestasi Siswa. Jurnal Konseling Andi Mattapa 1(1):58.
Prayitno dan Erman Amti. 2013. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka cipta
Puluhulawa, M., Moh, R, D. dan Mohamad, R, P. 2017. Layanan Bimbingan Kelompok dan Pengaruhnya Terhadap Self-Esteem Siswa. Jurnal Ilmiah Dalam Implementasi Kurikulum Bimbingan dan Konseling Berbasis KKNI.
Riduwan. 2005. Metode dan teknik Menyusun Proposal Penelitian. Bandung: Alfabeta
Saputro, D, B., Awik, H. dan Muhammad. A. M. 2020. Peran Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Modeling Terhadap Sikap Sopan Santun. Jurnal Advice. 2(2)
Septiani, A, D. 2019. Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Modeling Dalam Meningkatkan Sikap Toleransi Pada Peserta Didik Kelas VIII di SMP Negeri 20 Bandar Lampung. Hal 3
Simbolon, Jamilin. 2020. Penerapan Metode Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan. 13(1).
Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: PT Tarsito Bandung
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan, Kualitatif, Kuantittif, Kombinasi, R&D dan penelitian Pendidikan. Bandung: PT Alfabeta
Sumarni. 2019. Penerapan Model Konseling Behavioral Teknik Modeling untuk Meningkatkan Self Intraception Siswa. Jurnal Of Education Research. 3(4).
Usman, I., Meiske, P. dan Mardia, B, S. 2017. Teknik Modeling Simbolik Dalam Layanan Bimbingan dan Konseling. Proceeding Seminar Dan Lokakarya Nasional Revitalisasi Laboratorium Dan Jurnal Ilmiah Dalam Implementasi Kurikulum Bimbingan dan Konseling Berbasis KKNI.
Widhayat, W dan Oksiana, J. 2018. Sikap Toleransi Antarumat Beragama Pada Siswa SMA Muhammadiyah 4 Porong. Kajian Moral dan Kewarganegaraan. 6 (2).
							
							


