Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Modeling Simbolik Terhadap Perilaku Off Task Siswa

  • Novita Sari A. Suleman Universitas Negeri Gorontalo
  • Wenny Hulukati Universitas Negeri Gorontalo
  • Idriani Idris Universitas Negeri Gorontalo
Keywords: Bimbingan Kelompok, Teknik Modeling Simbolik, Perilaku Off Task

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik modeling simbolik untuk mengurangi perilaku Off Task siswa. Jenis penelitian ini adalalah penelitian eksperimen dengan rancangan One-Group Pretest-Postest Design. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Kota Gorontalo berjumlah 9 orang siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu Purposive Sampling. Analisis data menggunakan uji t. Hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata pretest 110.00 dengan standar deviasi 4.583 dan nilai rata-rata posttest 101.78 dengan standar deviasi 3.962. Hasil pengujian hipotesis diperoleh thitng > ttabel, yaitu 11.093> 1,86 dalam arti hipotesis yang berbunyi terdapat pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik modeling simbolik untuk mengurangi perilaku off task siswa, penelitian menunjukan bahwa layanan bimbingan kelompok teknik modeling simbolik berpengaruh secara signifikan untuk mengurangi perilaku off task siswa, dalam arti layanan bimbingan kelompok teknik modeling simbolik efektif dalam mengurangi perilaku off task siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Kota Gorontalo, dapat diterima. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik modeling simbolik efektif dalam mengurangi perilaku off task siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Kota Gorontalo.

References

Arikunto. 2015. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta
Anggitasari, W, D. & Awalya (2017). Pengaruh Layanan Penguasaan Konten Dengan Teknik Modeling Simbolik Terhadap Perilaku Prososial Mahasiswa. Jurnal Of Guidance and Counseling. 5 (4).
Azhar., Enny, F. dan Nuransyah. (2020). Implementasi Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Meningkatkan Disiplin Mahasiswa BK. Jurnal Konseling Indonesia. 5. (2).
Durrotunnisa & Sari, T, D.(2022). Bimbingan Kelompok Teknik Modeling Simbolik untuk Meningkatkan Konsep Diri Siswa. Jurnal Basicedu. 6 (4).
Esanti, R, L, N. Ramli, M. & Yuniastuti. (2020). Bentuk-Bentuk Perilaku Off-Task dan Upaya Penanganan Guru Kelas Di Madrasah Ibtida’iyah. Jurnal Pendidikan. 5 (1).
Febrianti, Y, E. & Suhaili, N. (2021). Analisi Perilaku Off-Task Siswa. Jurnal Penelitian Guru Indonesi. 6 (1).
Fadilah, S, N. (2019). Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Membantu Sikap Jujur melalui Pembiasaan. Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 3 (2).
Ferdiansa, G. Karneli, Y. (2021). Konseling Individu Menggunakan Teknik Modeling untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan. 3 (3)
Halimah. Bakar, A. & Nurbaity. (2020). Analisi Faktor Penyebab Perilaku Off-Task Siswa. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling. 5 (1)
Hamdu, G., Agustina, L. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Ipa Di Sekolah. Jurnal Penelitian Pendidikan. 12 (1)
Hartinah Sitti. (2009). Konsep Dasar Bimbingan Kelompok. Bandung: PT Refika Aditama
Imawati, L., Sucipto., Dan Santoso (2021). Konseling Behavioristik Dengan Teknik Modeling Simbolik Untuk Mengatasi Anak yang tidak Menghargai Guru Les Di Desa Wonoketingal Demak. Jurnal Prakarsa Paedagogia. 4 (1).
Kurniawan, D, E., Dan Taufik Pranowo (2018). Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Sebagai Upaya mengatasi Perilaku Bulying di Sekolah. jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan. 2 (1)
Marsela, R, D. Supriatna, M. (2019). Kontrol Diri: Definisi dan Faktor. Journal Of Innovative Counseling : Theory, Practice & Research. 3 (2)
Maulana, M, A. (2019). Perilaku Off Task Dalam Pembelajaran. Jurnal Advice. 1 (1)
Masgumelar, K, N. Mustafa, S, P. (2021). Teori Belajar Konstruktivisme dan Implikasinya daalam Pendidikan dan pembelajaran. Journal Islamic Education. 2 (1)
Nurihsan, J. Achmad. 2014. Bimbingan dan Konseling dalam Berbagai Latar Belakang Kehidupan. Bandung : PT Refika Aditema
Puluhulawa, Meiske dkk. 2017. Layanan Bimbingan Kelompok dan Pengaruh terhadap Self-Esteem Siswa. Jurnal Konseling Andi Mapata. 1 (1)
Pratiwi Ardila. (2017). Efektivitas Teknik Modeling Simbolik Untuk Meningkatan Motivasi Berprestasi Siswa SMP negeri 2 Minasatene. Jurnal Konseling Andi Matappa. 1 (1)
Prayitno, Afdal, Ifdil & Ardi Zadrian. (2017). Layanan Bimbingan Kelompok & Konseling Kelompok. Bogor: PT Ghalia Indonesia.
Prayitno, Amti E. (2013). Dasar-Dasar Bimbingan Konseling. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Riyadi, S. (2015). Teknik Bermain Peran Untuk Mengurangi Perilaku Off-Task Dalam Layanan Informasi. Jurnal Penelitian Tindakan Bimbingan Dan Konseling. 1 (1)
Rohama, M. & Safithry, E, A. (2017). Layanan Penguasaan Konten Dengan Teknik Sosial Modeling Untuk Mengurangi Perilaku Off-Task Peserta Didik. Jurnal Bimbingan Dan Konseling. 3 (1)
Rahim, Maryam., Rena Madina dan Meiske Puluhulawa. (2021). Petunjuk Praktis Metode Layanan Bimbingan dan konseling. Kota Gorontalo: UNG Press Gorontalo
Sartika Mulia., Yandri Hengki. (2019). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Konformitas Teman Sebaya. Jurnal Of Counseling & Development. 1 (1).
Sari, D, K. (2020). Upaya Guru Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Di SDN 10 Belutu. Jurnal pendidikan anak usia dini. 1 (1)
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan, Kualitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian pendidikan. Bandung: PT Alfabet.
Sudjana. (2005). Metode Statistika. Bandung: PT Tarsito Bandung
Zuhara, M, S. Rahmawati. Dan Handoyo, W, A. (2021). Pengaruh Teknik Token Ekonomi Terhadap Perilaku Belajar Siswa Untuk Mengurangi Perilaku Off Task. Jurnal Pendidikan. 2,(02).
Published
2023-11-27