Penyesuaian Diri Siswa Di lihat Dari Perhatian Orang Tua Di SMP Negeri 2 Gorontalo

  • Fitri Sabu Universitas Negeri Gorontalo
  • Tuti Wantu Universitas Negeri Gorontalo
  • Irvan Usman Universitas Negeri Gorontalo
Keywords: Penyesuaian Dir, Perhatian Orang Tua, Perubahan Perilaku

Abstract

Abstrak

Permasalahan dalam penelitian ini adalah “ untuk mengetahui hubungan antara penyesuaian diri dengan perhatian orang tua di SMP Negeri 2 Kota Gorontalo. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi yang terdiri dari dua yaitu variabel X (perhatian orang tua) dan variabel Y (penyesuaian diri).

Penelitian ini menggunakan metode korelasional. Prosedur pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan metode skala yaitu menggunakan angket kuisoner yang berisi instrument peryataan untuk mengukur variabel dalam penelitian. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan diperoleh nilai R = 0, 221. Nilai ini berarti sebesar 22,1 %. Berdasarkan hasil penelitian dapat dilihat bahwa kadar dari intensitas perhatian orang tua yang djalankan memiliki peran yang signifikan dalam menumbuhkan penyesuaian diri pada siswa.

References

Abu. A (2009). Psikologi Umum. Jakarta: Rineka Cipta.
Ahmad.S 2018. Bimbingan dan Konseling di Sekolah Konsep, Teori, dan aplikasinya. E-book. Jakarta : Prenadamedia Group.
Ahmad. S 2015. Bimbingan Dan Konseling Di Taman Kanak-Kanak. E-book. Jakarta : Prenadamedia Group.
Alfin. M dan Neka. E. 2020. Hubungan Kepuasan Siswa Terhadap Kondisi Lingkungan Sekolah Dengan Penyesuaian Diri Santri Pondok Pesantren Darul Hijrah Putera Martapura. Jurnal Kognisia VOL 3, (2).
Arikunto, S. 2015. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara
Astika, D, N. 2017. Pengaruh Penyesuaian Diri Terhadap Perilaku Sosial Siswa Akselerasi Di SMP Negeri 3 Kediri. Jurnal KMKN VOL 5, (1).
Astutik, S. 2007. Pengantar Bimbingan dan Konseling Buku Pembelajaran Program S-1 Jurusan Bimbingan dan Konseling Islam Fakultas Dakwah IAIN Sunan Ampel Surabaya. Surabaya: Buku Tidak Diterbitkan
Handayani, S. 2021. Motovator Sang Konselor Meski Sulit Tetap Solutif. E-book. Jakarta CV.Tatakata Grafika.
Hendra. S. 2015. Megatasi Kesulitan Belajar. E-book. Jakarta : PT Gramedia Jakarta.
Herri Z, P. & Namora, L, L. 2010. Pengatar Spikologi Untuk Kebidanan. E-book. Jakarta : Divisi dan PrenadaMedia Group.
Kumalasari, F & Nurahyani, L. 2012. Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Penyesuaian Diri Remaja Di Panti Asuhan. Jurnal Spikologi Pitutur, Vol. 1 No.1 Minarsi. 2017. Tingkat Penyesuaian Diri Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 11 Kota Bengkulu. Jurnal Psikodidaktika VOL 2, (2)
Muslim. 2020. Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Anak Dalam Mata Pelajaran Agama Islam. E-book. Yogyakarta : CV Budi Utama.
Novrinda & Nina. K. 2017. Peran Orangtua Dalam Pendidikan AnakUsia Dini Ditinjau Dari Latar Belakang Pendidikan. Vol 2, (1)
Puger, H. 2015. Pertumbuhan dan Perkembangan Peserta Didik Untuk Guru dan Calon Guru. E-book. Malang : Penerbit Gunung Samudera.
Ribka. D, S & Agustin. R. 2013. Metakognisi Dan Penyesuaian Diri SiswaAkseleras. VOLUME 8, (1)
Sudjana. 2002. Metode Statistika. Bandung : Tarsito
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta
Sukardi, Dewa, K. (2000), Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta Rineka Cipta
Tim. D PAI. 2016. Penelitian Dalam Pendidikan Agama Islam. E-book. Yogyakarta : CV Budi Utama.
Tohirin, 2007, Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi) Jakarta: Raja Grafindo Persada
Ummu. Q 2007. Sukses Melatih Anak Berpuasa. E-book. Jakarta : Penebar Swadaya
Wiwien, D, P & Susatyo Yuwono. 2018. Spikologi Eksperimen Konsep, Teori, dan Aplikasi. E-book. Surakarta : Muhammadiyah University Press.
Published
2023-11-28