Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Bibliokonseling Terhadap Peningkatan Pemahaman Self Control Siswa

  • Sry Arianti A. Jahidin Universitas Negeri Gorontalo
  • Irpan Kasan Universitas Negeri Gorontalo
  • Moh. Rizki Djibran
Keywords: Bimbingan Kelompok, Self Control, Bibliocounseling

Abstract

Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Bibliokonseling Terhadap Peningkatan Pemahan Self  Control Siswa Kelas VIII SMP Negeri 15 Kota Gorontalo. Sripsi. Jurusan Bimbingan Dan Konseling,  Fakultas Ilmu Pendidkan, Universitas Negeri Gorontalo. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah ”Apakah layanan Bimbingan kelompok teknik bibliokonseling dapat berpengaruh terhadap pemahaman mengendalikan diri ( Self-Control) siswa kelas VIII SMP 15 Negeri Kota Gorontalo?”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Bimbingan kelompok teknik bibliokonseling terhadap peningkatan pemahaman Self-Control Siswa Kelas  VIII SMP 15 Negeri Kota Gorontalo. Jenis penelitian ini penelitian ekperimen dengan rancangan One-Grub Pree test-Poss test Design. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah Siswa Kelas VIII SMP Negeri 15 Kota Gorontalo berjumlah 15 orang siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu Purposive Sampling. Analisis data menggunakan uji t.

Hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata Pree test sebesar 105.00 dengan standar deviasi 4.706 dan nilai rata-rata Postest sebesar 113.80 dengan standar deviasi 4.828. Hasil pengujian hipotesis diperoleh  thitung > ttabel, yaitu 10.687  > 1,76. Dapat disimpulkan penelitian ini terdapat pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik bibliokonseling terhadap peningkatan pemahaman Self-Control siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Kota Gorontalo, dapat diterima dalam artian bahwa bimbingan kelompok teknik meningkatkan pemahaman Self-Control siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Kota

References

Cholilawati, dan Putrawan, M. 2020. Green Consumer Behavior (GCB) Didasarkan pada kepribadian ( BIG-FIVE PERSONALITY) Mahasiswa lingkungan dan gender. Ahlimedia Press (Anggota IKAPI: 264/JTI/2020): Kota Malang 65138.
Fadilah.S.N. 2019.Layanan Bimbingan kelompok dalam membentuk sikap jujur melalui pembiasaan. Jurnal Bimbingan dan konseling islam. Vol.3.(2). hal 167-178
Ghufron N.,& Risnawati R. 2014. Teori teori psikologi. Ar Ruzz Media: Yogyakarta
Hamonangan, R., H., &Widyarto, S. 2019. Pengaruh Self Regulated Learning Dan Self Control Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia.Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran. Vol.7, (1).
Juliawati, D., &Yandri , H., dan Afrifadela, N.2020. Self Control Belajar Siswa di Sekolah dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0.Jurnal Ilmu Pendidikan.Vol. 16,(1).
Julkarnain,I. 2021. Merawat harapan, Menjaga Masa Depan”Tantangan Perjuangan Yang Harus Dijaga serta Impian Yang Mesti Diwujudkan”. Guepedia The First On- Publisher in Indonesia. April 2021
Nur, A., M. 2021. Konsep Beladiri Pada Anak Kajian Pedogogy dan Psikologi dalam pembelajaran bela diri. Cv Salam Insan Mulia:Bandung
Nurihsan. J. Achmad. 2014.Bimbingan dan konseling dalam berbagai latar kehidupan. Bandung:PT Refika Aditema
Prayitno dan Erman Amti.2013. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta:Rineka Cipta.
Piandea, J,A. 2018. Pengaruh Bimbingan Kelompok Teknik Bibliokonseling Terhadap Motivasi Untuk Melanjutkan Studi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Limboto Kota Gorontalo.Universitas Negeri Gorontalo. Skripsi Tidak Diterbitkan.
Rahmi, S. 2021. Bimbingan Dan Konseling Pribadi Sosial. Aceh:Syiah Kuala Univesity Press.
Roflin,E. Liberty, I,A dan Pariana. 2021. Populasi,Sampel,Variabel dalam penelitian kedokteran. Jawa Tengah 51156: Pt Nasya Expanding Management.
Rahayuningsih, E. 2021.Teknik Bibliokonseling Dalam Layanan Bimbingan dan Konseling ditengah School From Home. Jurnal penelitian dan pembelajaran. Vol.38, No.1 (2021).
Syahrul, M. 2015. Pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap peningkatan penyesuaian diri siswa. Jurnal of EST. Vol.1,(1) hal 46-60.
Setianingsih.E.S, Sutayo.A, dan Purwanto.E. 2014. Pengembangan model bimbingan kelompok teknik pencegahan masalah untuk meningkatkan keterbukaan diri siswa. Jurnal Bimbingan Konseling.Vol. 3,(2)
Sudjana. 2005. Metode Statistika. Badung : Tarsito
Sugiono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan.Bandung: PT Alfabet.
Unaradjan, D, D. 2019. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Grafindo.
Yuliyandita, S., & Sugiono. 2016. Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Peningkatan Pemahaman Self-control Siswa. Jurnal of Guidanceand Counselin.Vol.5,(1).
Yemima, C,K, Prasasti,S, dan Haryanti, U. 2022. Pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik role playing terhadap peningkatanself-conrol siswa era pandemi covid -19.Jurnal Ilmiah BK. Vol.5 (2)hal 99-105
Published
2024-11-29