Pengaruh Layanan Bimbingan Klasikal Terhadap Perencanaan Karir Siswa

  • suhasni hasni universitas negeri gorontalo
  • Rena Madina Universitas negeri gorontalo
  • Moh. Rizky Djibran Universitas negeri gorontalo
Keywords: Bimbingan Klasikal, Perencanaan Karir, Pemahaman Karir

Abstract

Abstrak

Peneltian ini adalah peneltian kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian pre experimental design dengan rancangan one-grub pretest-postest design, yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan klasikal terhadap perencanaan karir siswa di SMA Negeri 7 Kota Gorontalo. Pupulasi dalam peneltian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 7 Kota Gorontalo berjumlah 120 siswa sedangkan pengambilan sampel peneltian dengan teknik purposive sampling berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah instrumen angket sebagai teknik utama. Analisis dilakukan dengan uji t.

Berdasarkan dari hasil perhitungan diperoleh harga thitung sebesar 4.021, sedangkan dari daftar distribusi t pada taraf nyata 5% diperoleh t0,95 (23) =1,71. Ternyata harga thitung memperoleh harga lain, atau thitung telah berada di luar daerah penerimaan H0, sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan menerima H1. Artinya bahwa hipotesis terdapat pengaruh layanan bimbingan klasikal terhadap perencanaan karir siswa di SMA Negeri 7 Kota Gorontalo, dapat diterima.

References

DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta
Arthur W. Steller. 2011. Konsep Bimbingan Kelompok Di Sekolah. Jakarta: Tarsito
Azizah, N. 2017. Penggunaan Tangga Masa Depan Dalam Layanan Informasi Untuk Meningkatkan Perencanaan Karir Siswa Kelas X IPA di SMA Negeri 11 Surabaya. Jurnal BK UNESA, 7(1).
Daryono & Mohammad, F. 2015. Bimbingan dan Konseling Panduan Guru BK dan Guru Umum. Yogyakarta: Graha Media.
Gani, R.A. 2012. Bimbingan Karir. Bandung: Angkasa.
Hartina, Sri. 2019. Konsep Dasar Bimbingan Klasikal. Bandung : PT Refika Aditama
Hartono, Jogiyanto. 2018. Metodologi Penelitian Bisnis: Salah Kaprah dan Pengalaman-Pengalaman. Edisi Pertama. BPFE. Yogyakarta
Hidayah. M.N. 2017. Bimbingan Klasikal Tentang Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas XI IPS SMA Negeri 2 pontianak. Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam, 14(1).
Kokom Komalasari. 2013. Pembelajaran Kontekstual. Bandung: Refika Aditama. Hal:70
Latipun. 2011. Psikologi Eksperimen. Malang: UMM Press.
Rahim, Maryam; Irvan Usman; Meiske Puluhulawa. 2017. Kecerdasan Social dan Prestasi Belajar Siswa (Tinjauan Dari Perspektif Bimbingan Dan Konseling Belajar). Artikel Yang Disajikan Pada Seminar Dan Lokakarya Nasional. “Revitalisasi Laboratorium dan Jurnal Ilmiah Dalam Implementasi Kurikulum Bimbingan dan Konseling Berbasis KKNI”, tanggal 406 Agustus 2017, di Universitas Negeri Malang.
Misbahuddin & Iqbal Hasan. 2013. Analisis Data Penelitian Dengan Statistik, Jakarta: PT Bumi Aksara.
Musaropah, U. 2021. Inplementasi Metode Pembelajaran Klasikal Pada Pelajaran Tahfidz Quran Di Madrasah Ibtidaiyah Darul Qur’an Kabupaten Gunungkidul. ElementerIs : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam, 3(1), 49–58.
Nuraini. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia. Pekanbaru: Yayasan Ainisyam
Prayitno, Tovik. 2018. Upaya Meningkatkan Pemahaman Eksplorasi Karir Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Diskusi Kelompok. Jurnal Psikopedadogia, 5(1).
Published
2023-11-28