Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Kecerdasan Sosial pada Siswa
Abstract
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional yang bertujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh dengan kecerdasan sosial pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Botumoito Kabupaten Boalemo. Populasi dalam penelitian ini kelas X sedangkan pengambilan sampel penelitian dengan teknik purvosive sampling berjumlah 41 siswa.
Hasil penelitian dengan Uji normalitas menggunakan alat bantu Microsoft excel, analisis data menggunakan analisis korelasi, regresi sederhana dan koefisien korelasi menggunakan rumus statistika dengan alat bantu Microsoft Excel. Berdasarkan analisis statistika korelasional diperoleh: (1) thitung sebesar -0,76 pada taraf nyata 5% = 0,05 diperoleh ttabel sebesar 0,2605 artinya nilai thitung lebih besar dari pada ttabel maka terdapat hubungan yang negatif antara pola asuh otoriter (X1) dengan kecerdasan sosial siswa (Y). (2) thitung sebesar 2,69 pada taraf nyata 5% = 0,05 diperoleh ttabel sebesar 0,2605 artinya nilai thitung lebih besar dari pada ttabel maka terdapat hubungan yang positif antara pola asuh demokratis (X2) dengan kecerdasan sosial siswa (Y). (3) thitung sebesar -4,32 pada taraf nyata 5% = 0,05 diperoleh ttabel sebesar 0,2605 artinya nilai thitung lebih besar dari pada ttabel maka terdapat hubungan yang negatif antara pola asuh permisif (X3) dengan kecerdasan sosial siswa (Y).
References
Baumrind. 2014. Pola Asuh Demokratis Orang Tua. Jakarta: Yayasan Obor Indonnesia.
Devanto, Natasya Olivia. 2022. Dampak Pola Asuh Otoriter (Strict Parents) Terhadap Perilaku Anak Di SMA Immanuel Bandar Lampung. Skripsi (S1). Unversitas Lampung.
Erika, Surya. 2019. Pengaruh Pola Asuh Permisif Orang Tua Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas XI SMA-IT AL-FITYAN Medan. Skripsi (S1). Universitas Islam Negeri SU Medan.
Kasongat, Jubeda, dkk. 2020. Hubungan Antara Pola Asuh Dengan Interaksi Sosial Pada Anak Usia Dini Di Griya Benowo Indah 1 Surabaya. Jurnal Psikologi Wijaya Putra. 1 (2).
Latifah, Badiāul. 2021. Upaya Menumbuhkan Kecerdasan Sosial Santri Di Pondok Pesantren Al-Barokah Mangunsuman Siman Ponorogo. Skripsi (S1). Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo.
Mahatfi, Arum, Dwi. 2015. Korelasi Antara Pola Asuh Orang Tua Dengan Kecerdasan Emosi Siswa Sekolah Dasar Kelas V Segugus 1 Kecamatan Panjatan Kabupaten Kulon Progo. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.
Sunar, Dwi. 2010. Edisi Lengkap Tes IQ, EQ, Dan SQ. Jogjakarta: Flash Books.
Rahim, M., Puluhulawa, M. 2017. Pengembangan Panduan Bimbingan Dan Konseling Untuk Mengembangkan Kecerdasan Sosial Siswa SMP Kelas VII Kota Gorontalo. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling . 4 (2).
Robiyyah, dkk. 2018. Pengaruh Pola Asuh Ibu Terhadap Kecerdasan Sosial Anak Usia Dini di TK Kenanga Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 2 (1).
Sugihartono, dkk. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Suwandari. 2016. Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Interaksi Sosial Anak Kelas V SD Negeri Jarakan Bantul Yogyakarta. Skripsi. STIKES Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.
Taufiqurrahman, Hafidz. 2019. Analisis Perilaku Dan Kecerdasan Sosial Siswa (Studi Kasus Pada Anak Homeschooling Alam Depok). Skripsi (S1). Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Tridhonanto. 2014. Mengembangkan Pola Asuh Demokratis. Jakarta: PT. Gramedia.
Yatim, Irwanto. 1991. Kepribadian Keluarga Narkotika. Jakarta: Arcan.
							
							


