Deskripsi Dampak Game Online Terhadap Motivasi Belajar Siswa

  • Mohammad Fachdan Darise UNG
  • Rena Madina Universitas Negeri Gorontalo
  • Moh. Rizki Djibran Universitas Negeri Gorontalo
Keywords: Dampak Game Online, Motivasi Belajar, Intensitas, Ketergantungan

Abstract

Abstrak

Penelitian ini menggali lebih dalam informasi tentang dampak game online terhadap motivasi belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Tapa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui, dampak game online terhadap motivasi belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Tapa dengan menggunakan 2 indikator yaitu intensitas dan ketergantungan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian 34 siswa kelas XI didukung dengan data dokumen yang ada. Teknik yang digunakan dalampenelitian ini adalah teknik observasi, kuisioner, dan studi dokumen.

Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Tapa memperoleh presentase yang tinggi terhadap dampak game online terhadap motivasi belajar mereka, yakni pada indikator intensitas memperoleh presentase 85,7% dan indikator ketergantungan memperoleh presentase 84,5%..

Kata Kunci : Dampak Game online, Motivasi Belajar, Intensitas, Ketergantungan.

Abstract

Mohammad Fachdan Darise. 2023. Description of the Impact of Online Games on the Learning Motivation of XI Grade Students at SMA Negeri 1 Tapa, Bone Bolango Regency. Undergraduate Thesis, Departement of Guidance and Counselling, Faculty of Education, Universitas Negeri Gorontalo. The Principal Supervisor is Dra. Rena Madina, M.Pd, and The Co-Supervisor is Moh. Rizki Djibran. S.Pd., M.Pd.

This research delves deeper into information regarding the impact of online games on the learning motivation of XI grade students at SMA Negeri 1 Tapa. This research aims to determine the impact of online games on the learning motivation of XI grade students at SMA Negeri 1 Tapa, using two indicators: intensity and dependence. The research employs a quantitative descriptive method. This research 34 students of XI grade, supported by existing document data. The data are collected through observation, questionnaires, and document studies.

The results indicate that XI grade students at SMA Negeri 1 Tapa are influenced by the impact of online games, affecting their learning motivation at a high percentage. This is proven by the intensity indicator, 85,7% and the dependence indicator, 84,5%.

Keywords: Impact of Online Games, Learning Motivation, Intensity, Dependence.

 

 

References

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Armadi, S. 2017. “Review Efektifitas Model Cooperative Learning dalam Pembelajaran Bahasa”. Cendikia, 11(1): 117-128.
Baharudin, R. (2010). Keefektifan Media Belajar Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Tadris, 5(1), 112-127.
Dewandari, Saptraini. 2013. Hubungan Antara Intensitas Bermain Game Online dengan Motivasi Belajar Siswa kelas X SMK Negeri 1 Sapuran Kabupaten Wonosobo, Skripsi Universitas Kristen Satya Wacana. (Online), (http://repository.uksw.edu)
Feprinca, Dica. 2014. Hubungan Motivasi Bermain Game Online pada Masa Dewasa Awal terhadap Perilaku Kecanduan Game Online Defence of The Ancients (DotA 2). Skripsi Universitas Brawijaya. (online), (psikologi.ub.ac.id).
Kerlinger. (2006). Asas–Asas Penelitian Behaviour. Edisi 3, Cetakan 7. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Lomu, L. & Widodo, S, A. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa . Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta., 3, 745-751.
Masni, H. (2017). Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 5 (1), 34-45.
Nurhadi, J., Rahma, R., & Fadliah, A (2019). Multimedia Based on Virtual Reality in Indonesia for Foreign Speakers Learning. Journal Physics: Conference Series, 1179. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1179/1/012118
Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 289-302.
Rani, D., Hasibuan, E. J., & Barus, R. K. I. (2019). Dampak Game Online Mobile Legends : Bang Bang terhadap Mahasiswa Impact of Online Mobile Legends Game : Bang Bang for Students. 7(1),
Rizai, M. (2021). Konseling Kelompok Dengan Teknik Biblioterapi Untuk Mengurangi Kecanduan Game Online Pada Anak: Sebuah Kajian Literatur [Group Counseling With Bibliotherapy Techniques To Reduce Online Game Additction In Children: A Literature Review]. Journal Of Contemporary Islamic Counseling, 1(2).
Sardiman, A.M. (2004). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Rajawali Pers
Suprihatin, S. (2015). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa, Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro 3 (1), 73-82.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alphabet.
Syahran, R. 2017. Ketergantungan Online Game dan Penanganannya. Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling. Volume 1 Nomor 1
Telung, U., Mantiri, M., & Kairupan, J. (2019). Dampak Pemekaran Desa Dalam Menjaga Keamanan Dan Ketertiban Masyarakat. Jurnal Eksklusif 3 (3), 2019.
Uno, Hamzah.( 2007). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Wibowo, 2015. Hubungan Permainan Game Online Dengan Penurunan Motivasi Belajar Pada Siswa Di SDN 1 Sumber Gede. Lampung Timur: http:/simki.unpkediri.ac.id/mahasiswa/file_artikel/2017/28842947cd65ea26bf68db682fd910b2 (Online, 22 April 2020)
Winarni, M., Anjariah, S., & Romas, M. Z. (2016). Motivasi Belajar Ditinjau Dari Dukungan Sosial Orangtua Pada Sisa SMA. Jurnal Psikologi,2(1).
Young, K. S. (2009). “Understanding Online Gaming Addiction and Treatment issues for adolescants ”.The American Journal of Family Therapy. 37: 355-372.
Published
2024-05-30